bentuk payudara
Period Period Health

Apakah Bentuk Payudara Mencerminkan Kepribadian? Yuk Cari Tahu!

Imelda Rahmawati | April 6, 2022
Share

Mungkin kamu pernah mendengar kalau bentuk payudara mencerminkan kepribadian. Beberapa ahli seksolog memang setuju akan hal tersebut. Kamu boleh mempercayainya atau tidak.

Kamu mungkin pernah berpikir bahwa bentuk payudara yang bulat itu adalah bentuk normal. Namun anggapan ini tidak tepat, karena bentuk payudara berbeda-beda. Bahkan payudara sebelah kanan dan kiri bisa beda, bak Samantha dan Rachel kepunyaan karakter Shin Ha Ri di drakor A Business Proposal. Jadi jika bentuk payudara kamu tidak sesuai dengan yang diinginkan, jangan sedih karena hal itu normal.

Apa itu bentuk payudara?

Bentuk payudara biasanya mengacu pada ukuran dan letak puting yang berbeda-beda. Bentuk dan ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh genetik, tapi bisa berubah karena kondisi tertentu. Seperti menyusui, kehamilan, latihan intensif, pijatan, dan penurunan atau kenaikan berat badan drastis.

Mungkin juga perubahan ini didapatkan ketika perempuan mengalami siklus menstruasi. Payudara bisa membesar sementara selama masa kehamilan dan menyusui. Terkadang perubahan bentuk juga berkaitan dengan gairah seksual atau obat-obatan seperti konsumsi pil KB.

Mitos dan fakta bentuk payudara

Terdapat beberapa mitos dan fakta terkait bentuk payudara yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Agar kamu tidak terjebak mitos jadul, yuk simak penjelasannya berikut:

1. Ukuran payudara tetap sama

Kamu mungkin sempat berpikir bahwa ukuran payudara tetap sama dan tidak akan berubah. Tetapi faktanya payudara berisi lemak yang banyak, sehingga saat berat badan naik 2 kg saja bisa sangat mempengaruhi bentuk payudara.

2. Ukuran payudara menunjukkan banyaknya ASI

Pada dasarnya payudara memang akan berubah bentuk ketika perempuan hamil dan menyusui, karena adannya perubahan bentuk badan. Tetapi, besarnya payudara tidak berkaitan dengan banyaknya ASI yang dapat dihasilkan.

3. Menyusui membuat payudara kendur

Payudara akan menjadi kendur disebabkan oleh faktor usia, ketika usia bertambah tua kulit pun akan semakin mengkerut begitu juga dengan payudara. Tetapi, menyusui bukan penyebab payudara menjadi kendur.

4. Olahraga bisa membuat payudara lebih besar

Payudara tersusun dari beberapa jaringan dan bukan dari otot. Sehingga faktanya olahraga tidak bisa membantu membesarkan payudara. Karena fungsi olahraga adalah mengencangkan otot dan bukan sel jaringan.

5. Genetik tidak mempengaruhi ukuran payudara

Genetik memiliki pengaruh yang cukup besar pada bentuk dan ukuran payudara, tetapi lingkungan juga menjadi faktor lainnya. Selain itu, berat badan juga mempengaruhi besar kecilnya payudara.

Macam-macam bentuk payudara

Setiap perempuan memiliki bentuk dan ukurannya masing-masing. Tentunya dengan keunikan masing-masing, bentuk payudara tidak memiliki standar yang normal atau tidak selain dari sisi medis.

Berikut adalah beberapa variasi dasar bentuk payudara:

  • Payudara bentuk bulat, dengan bentuk payudara bagian atas dan bawah puting sama-sama bulat.
  • Bentuk timur barat, yaitu bagian kanan dan kiri dari tengah dada ke samping menunjukan arah berlawanan sehingga terlihat lebar.
  • Side set, yaitu bentuk yang lebih lebar dari bentuk timur barat.
  • Bentuk teardrop, yaitu bentuk seperti air menetes dan memiliki bentuk yang lebih besar di bagian bawah puting.
  • Payudara sempit, yaitu payudara tipis dengan puting yang menghadap ke bawah sehingga payudara akan terlihat lebih panjang.
  • Asimetris, yaitu payudara dengan salah satunya lebih besar.
  • Bentuk lonceng, yaitu bentuk bagian atas lebih besar di bagian bawah dan ramping di bagian atas.

Bentuk payudara mencerminkan kepribadian

Berdasarkan penelitian ilmiah dari beberapa seksokolog, bentuk payudara perempuan memiliki hubungan dengan kepribadian orang tersebut. Berikut uraian penjelasannya:

  1. Payudara kecil atau sedang, memiliki kepribadian dengan intelektual tinggi dan lembut. Mereka cenderung lebih menyendiri dan stabil, tetapi terkadang memiliki pendapat yang berbeda dengan yang lain.
  2. Kamu dengan payudara besar dan puting sedang, memiliki kepribadian sebagai pemimpin mampu mengendalikan diri, stabil, dan tenang.
  3. Bentuk payudara sedang dan puting sedang, memiliki kepribadian dengan jiwa yang bebas dan melakukan hal biasa dengan caranya sendiri.
  4. Kamu dengan bentuk payudara besar ke bawah dengan puting besar, merupakan orang yang optimis, rajin, positif, cerdas dan terkadang pemalu.
  5. Payudara kecil dengan puting besar, memiliki kepribadian yang bersemangat, mudah emosi tetapi mampu membuat keputusan dengan cepat.
  6. Bentuk payudara kencang dan puting besar, punya kepribadian yang bisa diandalkan dan bisa menyimpan rahasia dengan baik.
  7. Payudara besar dengan puting ke bawah, kepribadiannya sangat bijaksana dan senang belajar hal baru.
  8. Bentuk payudara besar bulat dengan puting besar, memiliki kepribadian menawan, kreatif, unik dan penuh semangat.
  9. Payudara sedang dengan puting ke luar, punya kepribadian murni, bijak dan dapat beradaptasi dengan cepat.
  10. Bentuk payudara besar dengan puting ke luar, memiliki kepribadian yang berkarisma dan mudah bergaul tetapi suka banyak melamun dan berangan-angan.
  11. Payudara kecil dengan puting besar ke luar, memiliki kepribadian dengan energy yang unik dan suka menerima cinta.
  12. Bentuk payudara sedang mengarah ke luar dengan puting mengarah ke luar, punya kepribadian dengan kesan misterius tetapi bisa diandalkan dan dipercaya.

Gangguan kesehatan yang mempengaruhi bentuk payudara

Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran pada payudara, yaitu sebagai berikut:

1. Kanker payudara

Kanker payudara biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada payudara yang terasa keras dan tidak biasa. Terkadang terlihat kemerahan atau seperti memar dan memiliki tekstur kulit seperti kulit jeruk.

2. Kelenjar getah bening

Sel kanker yang memiliki potensi untuk berkembang akan bergerak menuju kelenjar getah bening. Ditandai dengan adanya benjolan di samping payudara, tepatnya sekitar ketiak dan terasa keras.

Bentuk payudara sangat beragam mulai dari yang kecil hingga besar dengan berbagai bentuk puting. Bentuk-bentuk ini juga berkaitan erat dengan kepribadian seseorang berdasarkan sebuah penelitian, sehingga kamu juga bisa menilai diri kamu sendiri dari bentuk payudara.

Photo a business proposal/sbs

Reference
Share