jumlah kalori susu dan waktu terbaik mengonsumsinya

Susu adalah minuman yang mudah tubuh serap dan cerna karena mengandung asam amino. Oleh karena itu, banyak orang yang mengonsumsi susu sebagai bagian dari pola makan sehat dan bergizi. Namun, penting juga untuk memperhatikan konsumsi susu sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Kamu juga perlu memperhatikan kalori susu karena berbeda-beda.

Sejak kecil, kita diajak untuk selalu rutin minum susu setiap harinya. Umumnya, susu didapat dari hewan mamalia, seperti sapi, kambing, dan domba. Selain itu, susu juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan merupakan sumber kalsium yang baik untuk memperkuat tulang serta gigi. Dengan beragam manfaatnya, berapa jumlah kalori susu dan sebenarnya kapan sih waktu terbaik mengonsumsinya? Yuk, cek selengkapnya!

Berapa kalori susu?

Kalori susu sekitar 112 dalam satu gelas. Nah, dari jumlah tersebut, berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam susu dan perlu kamu ketahui, apalagi jika kamu sering mengonsumsinya!

  1. Lemak: 4,88 gram
  2. Kolesterol: 17 miligram
  3. Protein: 8,3 gram
  4. Karbohidrat: 11,49 gram
  5. Gula: 12,59 gram
  6. Sodium: 100 miligram
  7. Kalium: 361 miligram

Berapa Kalori Susu Kedelai? Ini Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan!

Apa saja manfaatnya?

Dari penjelasan di atas, perlu kamu ketahui bahwa susu mengandung vitamin D, B12, fosfor, kalsium, potassium, dan mineral baik untuk tubuh. Maka dari itu, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat susu seperti berikut:

1. Menyehatkan tulang

Susu baik untuk tulang karena mengandung vitamin D dan kalsium. Tak heran, susu juga dapat membantu mencegah osteoporosis atau masalah kesehatan tulang.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi susu memiliki jumlah glutathione atau antioksidan tinggi di otak. Dengan adanya antioksidan tersebut, kamu dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak setiap harinya.

3. Mendukung kesehatan jantung

Asupan kalium yang lebih tinggi dan natrium lebih rendah penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun, sayangnya, kandungan lemak jenuh dalam susu dapat meningkatkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, kamu tetap dapat mendapatkan manfaat kesehatan jantung jika mengonsumsi susu rendah lemak.

4. Mengontrol berat badan

Susu merupakan sumber protein yang baik untuk memperbaiki jaringan tubuh dan memelihara atau meningkatkan massa otot tanpa lemak. Bila kamu memiliki pola makan yang mengandung protein dalam jumlah tinggi, hal tersebut dapat meningkatkan penyembuhan luka dan meningkatkan massa otot. Bahkan, kamu juga bisa meningkatkan penurunan berat badan. 

5. Melindungi tubuh dari penyakit

Tak hanya itu, manfaat mengonsumsi susu lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuannya untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sebab, susu dikaitkan dengan menurunnya risiko seseorang untuk terkena obesitas, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung.

Penasaran, Ini Kalori Kopi Susu Yang Sering Kamu Minum

Inilah waktu terbaik mengonsumsi susu

kalori susu, manfaat, dan waktu terbaik mengonsumsinya

Berdasarkan jumlah kalori susu yang rendah dengan banyaknya manfaat positif untuk tubuh, tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi susu setiap hari. Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi susu?

Kalau kamu sedang diet dan ingin mengontrol berat badan, maka waktu terbaik untuk minum susu adalah di jam makan tersebut. Namun, kamu juga bisa mengonsumsi susu mengikuti rekomendasi waktu terbaik mengonsumsinya berikut ini:

  1. Di pagi hari: Susu dapat menjadi pilihan sarapan yang baik karena mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya sehingga bisa membantu memulai hari kamu dengan lebih sehat.
  2. Setelah berolahraga: Susu dapat membantu mengisi tubuh dengan protein dan karbohidrat setelah berolahraga. Untuk itu, susu bisa membantu pemulihan dan pertumbuhan otot.
  3. Sebelum tidur: Minum susu sebelum tidur dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak karena mengandung triptofan atau asam amino untuk meningkatkan relaksasi dan rasa kantuk.
  4. Dengan makanan: Susu bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk menemani makan sehingga memberikan tambahan protein dan kalsium untuk tubuh kamu.

Nah, itulah penjelasan mengenai kalori susu, manfaat mengonsumsi, dan waktu terbaik untuk meminumnya. Namun, perlu kamu ingat, meskipun susu memberikan nutrisi yang penting bagi tubuh, namun kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi susu dengan kalori tinggi, maka dapat memicu masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Sebaiknya kamu mengonsumsi susu dengan bijak dan seimbang sesuai kebutuhan tubuh ya, Yoonies!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference