kalori semangka

Kalori semangka biasa dijadikan alternatif pilihan bagi mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, kamu yang sedang berdiet, semangka adalah pilihan yang tepat.

Buah merah yang satu ini mengandung cukup banyak air, jumlah gula alami yang cukup banyak, dan banyak lagi. Karena itu, rasa hausmu akan hilang dan rasa laparmu akan teratasi.

Berapa banyak kalori dalam satu semangka

Satu cangkir semangka potong (152g) mengandung 46 kalori, 0,9g protein, 11,5g karbohidrat, dan 0,2g lemak. Semangka juga mengandung likopen dan vitamin A dan C yang sangat baik. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh Menurut Pusat Data Makanan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Kalori: 46

Lemak: 0.2g

Natrium: 1.5mg

Karbohidrat: 11.5g

Serat: 0.6g

Gula: 9.4g

Protein: 0,9g

Vitamin C: 12,3 mg

Vitamin A: 42.6mcg

Likopen: 6890mcg

Semangka tidak hanya buah untuk penyegar tetapi juga memiliki banyak efek menguntungkan pada kesehatan umum manusia seperti menurunkan tekanan darah dan resistensi insulin pada beberapa orang.

Kenali Fungsi Hormon Insulin Agar Terhindar Diabetes

Kamu juga dapat menambahkan semangka untuk diet jika kamu mencoba untuk menurunkan berat badan, buah ini cukup rendah kalori.

5 Manfaat kesehatan dari semangka

Manfaat kesehatan dari semangka

Selain menjadi suguhan yang manis, semangka dapat meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara.

1. Mengurangi Risiko Infeksi dan Kanker

Di dalam semangka, kita bisa menemukan antioksidan berupa flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Antioksidan seperti ini membantu dalam perbaikan sel dan dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan beberapa jenis kanker

2. Mengurangi Tekanan Darah

Semangka memiliki kekuatan antioksidan karena merupakan sumber likopen yang sangat baik, fitonutrien karotenoid yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi atau mencegah tekanan darah tinggi.

Tomat dikenal sebagai sumber likopen, tetapi semangka yang sepenuhnya matang memiliki lebih banyak likopen daripada sebuah tomat.

3. Membantu Meringankan Kelelahan Otot

Asam amino citrulline hadir dalam jumlah yang signifikan dalam semangka. Manfaat citrulline tidak konklusif, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa citrulline dapat mengurangi rasa lelah selama berolahraga.

4. Melawan Dehidrasi

Semangka mengandung hampir 92% air. Itu menjadikannya pilihan makanan yang mencegah dehidrasi. Jika kamu kesulitan minum cukup air—terutama pada hari-hari panas—cobalah beberapa porsi semangka. Kamu akan mendapatkan mikronutrien ekstra bersamaan dalam proses menghidrasi tubuh.

5. Berkontribusi pada Penurunan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap orang dewasa yang kelebihan berat badan, mereka yang mengonsumsi semangka alih-alih kue rendah lemak merasa lebih kenyang. Mereka juga menunjukkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, rasio pinggang-pinggul, dan tekanan darah

Indeks massa tubuh adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui status gizi seseorang yang didapatkan dari perbandingan berat dan tinggi badan.

Meskipun merupakan ukuran yang cacat, BMI banyak digunakan saat ini di komunitas medis karena merupakan metode yang murah dan cepat untuk menganalisis potensi status dan hasil kesehatan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal: Gunakan Rumus Ini

Bolehkah makan semangka tiap hari?

Semangka adalah buah yang menyegarkan untuk dimakan di saat-saat panas. Buah ini sarat dengan vitamin A dan C, sekitar 92 persen air dan masih rendah kalori. Buahnya sendiri terasa manis tapi kamu juga bisa menyajikannya dalam bentuk jus, salad dan bahkan untuk membuat sorbet.

Namun, terlalu banyak hal dapat dengan cepat menyebabkan efek negatif setelahnya. Jika kamu suka makan banyak semangka, kamu sebaiknya membaca efek buruk dari makan terlalu banyak semangka berikut ini.

A. Masalah perut

Semangka kaya akan likopen, tetapi jika dimakan banyak setiap hari, kamu berpotensi menjadi korban mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.

B. Masalah kardiovaskular

Orang dengan kandungan potasium yang tinggi dalam tubuh atau mereka yang menderita hiperkalemia serius tidak boleh makan lebih dari sekitar satu cangkir semangka sehari. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan masalah kardiovaskular lainnya.

C. Intoksisasi air

Sementara hidrasi penting bagi tubuh, makan semangka berlebihan dapat menyebabkan keracunan air. Juga dikenal sebagai overhidrasi, kondisi ini dapat menguras kandungan natrium tubuh dan menyebabkan pembengkakan di kaki, kelelahan dan ginjal lemah dalam kasus-kasus ekstrim.

Jadi berapa banyak semangka yang bisa kita makan dalam sehari? Menurut pakar kesehatan dan ahli gizi, kamu bisa makan di mana saja antara 100 hingga 150 gram buah ini dalam sehari.

Share artikel ini
Reference