fungsi hormon insulin

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas sebagai pengendali kadar gula darah tubuh. Fungsi hormon insulin ini sangat berperan dalam menjaga glukosa darah dan berkaitan erat dengan penyakit diabetes melitus.

Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa diturunkan melalui gen. Jika hormon insulin tidak bekerja dengan baik dan asupan glukosa berlebih risiko seseorang bisa terkena hiperglikemia sangat tinggi. Intinya, keseimbangan hormon ini sangat menentukan kesehatan seseorang.

Apa itu hormon insulin?

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas, yang terletak di bagian belakang lambung. Insulin ini merupakan istilah yang berarti pulau dan bagian dari pankreas sendiri ada yang disebut dengan pulau Langerhans.

Pulau Langerhans atau pulau pankreas sendiri memiliki beberapa jenis sel yang bisa menghasilkan hormon. Seperti pada sel beta yang dapat menghasilkan insulin. Setiap sel dapat menghasilkan hormonnya sendiri.

Tanpa insulin sel-sel tidak akan berfungsi dengan baik dan akan menyebabkan kelainan. Insulin juga memiliki beberapa efek metabolik seperti dapat menghentikan pemecahan zat protein dan lemak.

Hormon insulin dihasilkan oleh

Secara alami insulin dalam tubuh dihasilkan oleh pankreas. Ketika tubuh mengonsumsi makanan, maka pankreas akan mengeluarkan insulin untuk mengatur penggunaan glukosa untuk dijadikan sumber energi atau dijadikan sebagai cadangan energi.

Hormon insulin akan memberikan glukosa pada organ yang membutuhkan seperti otot hati dan jaringan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu setiap sel akan bekerja dengan glukosa sebagai bahan bakar.

Glukosa yang berlebih akan diubah bentuknya dan disimpan sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Ketika tubuh membutuhkan glukosa lebih atau kekurangan glukosa, cadangan ini bisa digunakan sebagai sumber energi.

Fungsi hormon insulin

Hormon insulin memiliki fungsi membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh. Setiap sel memiliki kebutuhan energi yang berbeda, sehingga perlu adanya takaran yang tepat oleh insulin.

Sel-sel dalam tubuh tidak bisa memecah karbohidrat dari makanan menjadi glukosa, sehingga peran insulin sangat penting. Selain itu, glukosa berlebih juga akan dibentuk menjadi glikogen sebagai cadangan energi. Insulin juga bisa mengubah glukosa dan glikogen menjadi lemak.

Manfaat hormon insulin untuk wanita

Insulin memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, salah satunya membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Terutama dalam kasus diabetes mellitus, seseorang perlu asupan insulin untuk bisa memecah kelebihan insulin menjadi cadangan energi.

Akan tetapi, asupan insulin biasanya diberikan dalam bentuk suntikan yang digunakan sesuai saran dokter. Setiap orang dengan kasus diabetes memiliki kadar glukosa darah berlebih yang berbeda, sehingga memerlukan tambahan kadar insulin yang berbeda juga dalam jangka waktu tertentu.

Dengan adanya insulin alami tubuh, kadar glukosa dalam tubuh juga akan terjaga keseimbangannya dengan baik dan terhindar dari berbagai kelainan. Keseimbangan ini tentunya harus disertai dengan gaya hidup yang sehat.

Menjaga kadar glukosa darah dalam keadaan normal juga akan menjaga kondisi tubuh dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang, serta menjaga supaya komplikasi yang diderita tidak menjadi lebih parah.

Mekanisme kerja hormon insulin

Ketika makanan yang mengandung karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka makanan akan dicerna dan diubah menjadi glukosa. Hal ini membuat dalam darah akan terdapat glukosa dengan kadar yang tinggi.

Ketika insulin dilepaskan oleh pankreas, hormon akan masuk ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Insulin memiliki banyak fungsi terutama untuk mengatur penggunaan karbohidrat oleh tubuh yang berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Karbohidrat nantinya akan dipecah di dalam tubuh oleh sistem pencernaan dan menghasilkan gula yang disebut dengan glukosa. Kalau kamu belum tahu, glukosa merupakan sumber energi utama yang digunakan oleh sel-sel untuk beraktivitas.

Nah, peningkatan glukosa darah setelah makan ini memberi sinyal ke pankreas untuk mengeluarkan hormon insulin ke dalam darah. Insulin akan membantu tubuh menyerap glukosa darah sesuai dengan keperluan masing- masing sel. Dengan begitu kadar glukosa darah akan normal kembali. Jika ditemukan adanya kelebihan glukosa maka insulin akan mengubahnya menjadi cadangan energi dalam bentuk glikogen atau lemak.

Melihat cara kerjanya, hormon insulin memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Yuk, jaga hormon tersebut dengan mengatur asupan makanan sehat dan rutin olahraga.

Share artikel ini
Reference