hufaflox obat apa

Salah satu kandungan ampuh untuk menangani infeksi adalah ciprofloxacin yang dapat kamu temukan pada obat hufaflox. Selain untuk mengobati infeksi, kira-kira hufaflox obat apa lagi, ya? Nah, kamu bisa mempelajari hufaflox obat apa di artikel ini!

Yang perlu kamu ketahui, ciprofloxacin adalah golongan antibiotik kuinolon yang berperan mencegah bakteri agar tidak semakin berkembang. Ketika tubuh terinfeksi, kamu bisa mengalami demam dan masalah kesehatan lain, seperti infeksi saluran kemih, pencernaan, tulang, sendi, hingga kulit. 

Nah, infeksi adalah kondisi di mana kuman berkembang dan menginvasi tubuh. Jenis kuman bisa berasal dari bakteri, jamur, virus, maupun mikroorganisme lainnya. Dengan mengonsumsi obat ini, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja lebih optimal untuk memerangi kuman penyebab infeksi.

Hufaflox obat apa? 

Menjawab hufaflox obat apa, hufaflox merupakan obat antibiotik yang diproduksi oleh Gratia Husada Farma. Obat ini dijual dalam kemasan dus, berisi 10 strip untuk 10 kaplet. Dari fisiknya, kaplet ini berwarna putih dan mengandung mengandung 500 mg ciprofloxacin. 

Manfaat hufaflox adalah mengurangi infeksi bakteri di organ tubuh, seperti pencernaan, pernapasan, kulit, saluran kemih, jaringan lunak, dan tulang. Walaupun mampu mengurangi keparahan infeksi, tetapi obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi flu.

Perlu dipahami, hufaflox termasuk obat keras sehingga kamu harus memiliki resep dokter untuk membelinya. Sementara itu, harga per strip obat dibanderol mulai dari  Rp6 ribu-Rp8 ribuan. 

Bagaimana cara kerjanya?

Kandungan utama Hufaflox adalah ciprofloxacin, salah satu antibiotik golongan kuinolon  yang bekerja menghambat pembentukan dinding sel bakteri dan mencegahnya bermutasi. Dengan begitu, imunitas tubuh bisa membunuh bakteri agar tidak menginfeksi tubuh terus-menerus. 

Jumlah bakteri yang terus berkembang akan menyulitkan sistem kekebalan tubuh kamu. Nah, saat seperti ini, ciprofloxacin berperan untuk memudahkan pengobatan infeksi. 

Novastan 500 Obat Apa? Simak Agar Tahu Bagaimana Penggunaannya!

Indikasi penyakit yang butuh hufaflox

indikasi penyakit yang membutuhkan hufaflox

Setelah mengetahui hufaflox obat apa dan cara kerjanya, kamu tentu penasaran dengan indikasi penyakit yang membutuhkan obat ini. Ciprofloxacin dalam hufaflox merupakan antibiotik spektrum luas yang mampu menangani infeksi akibat bakteri berikut ini!

1. Infeksi pencernaan

Makanan bisa menjadi penyebab kamu terinfeksi bakteri atau kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan turut menjadi pendorong. Jenis bakteri penyebab infeksi diantaranya E. coli, Salmonella, dan Listeria

Bakteri tersebut dapat mengkontaminasi produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah, telur yang disimpan di luar kulkas, buah yang tidak dicuci, dan air kotor. 

2. Infeksi saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih terjadi karena bakteri E.coli yang masuk ke saluran uretra. Kebiasaan menahan buang air kecil dan kurangnya higienitas saat membersihkan bagian kelamin juga menjadi faktornya.

3. Infeksi pernapasan

Bakteri penyebab infeksi pernapasan mencakup Pneumococci, Streptococci, dan Staphylococci. Kandungan ciprofloxacin mampu mencegah keparahan. 

4. Infeksi Kulit

Infeksi kulit bisa dialami siapa pun. Bakteri penyebab paling umum adalah Streptococcus beta hemolyticus dan Staphylococcus aureu yang masuk melalui bagian yang terluka.

5. Prostatitis

Prostatitis merupakan infeksi kelenjar prostat yang disebabkan bakteri E.coli. Penderitanya mengalami nyeri dan kesulitan buang air kecil, hingga nyeri saat ejakulasi. Penyakit ini bisa menjadi kronis apabila berlangsung lama. 

Dosis atau aturan pakai

Penting diingat, kamu harus menggunakan obat sesuai petunjuk dokter untuk meminimalisir efek samping dan komplikasi. Berikut dosis umum hufaflox berdasarkan indikasi penyakit:

  1. Dosis dewasa untuk infeksi saluran kemih ringan, memerlukan 250 mg 2 kali sehari
  2. Sementara ISK berat dan prostatitis membutuhkan 500 mg 2 kali sehari
  3. Infeksi saluran napas ringan hingga menengah, dosisnya sekitar 250-500 mg diminum 2 kali sehari
  4. Gonorrhoea dewasa sekitar 3 gram untuk dosis tunggal

Sebaiknya kamu mengonsumsi obat ini setelah makan. Sesudah kemasan dibuka, simpan hufaflox di tempat yang sejuk dan kering. Khusus ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi obat ini karena dikhawatirkan memengaruhi janin. 

Samquinor 500 Obat untuk Apa? Ini Cara Kerja, Dosis, dan Efek Sampingnya!

Apa saja efek samping hufaflox?

Hufaflox tidak menyebabkan komplikasi jika diminum sesuai petunjuk dokter. Namun, pada sebagian penderita mungkin mengalami atau merasakan efek samping pasca minum obat, seperti:

  1. Sakit kepala
  2. Kelelahan
  3. Masalah pencernaan
  4. Vertigo
  5. Gangguan tidur
  6. Gemetaran
  7. Halusinasi
  8. Pusing
  9. Gangguan penglihatan

Kini kamu sudah tahu kan, hufaflox obat apa? Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsinya. Pastikan kamu mengikuti petunjuk dokter dan tidak mengambil dosis tambahan ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference