tride cholecalciferol obat apa

tride cholecalciferol obat apa

Tride cholecalciferol merupakan suplemen vitamin D yang penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin D memainkan peran penting dalam beberapa proses fisiologis tubuh.

Kebutuhan vitamin D3 harian bisa didapatkan dari sumber makanan ataupun suplemen. 

Nah, tubuh yang kekurangan vitamin D3 dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan yang serius, seperti:

  • Tulang rapuh pada anak,
  • Menurunnya imunitas tubuh,
  • Risiko kanker, dan
  • Gangguan pada kesehatan jantung

Bila demikian, apakah obat tride cholecalciferol efektif untuk melawan berbagai masalah tersebut? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini.

Lantas, tride cholecalciferol obat apa?

Jadi, obat tride cholecalciferol mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk menyerap kalsium. 

Cholecalciferol digunakan sebagai suplemen makanan pada seseorang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D untuk menjaga kesehatan tubuh.

Idealnya, kita membutuhkan dosis vitamin D3 sebanyak 600 IU per harinya. Semakin tua usia kita, maka akan semakin banyak dosis vitamin D3 yang dibutuhkan.  

Bukan tanpa alasan, vitamin D3 memiliki perang penting untuk tubuh kita, seperti membantu menyerap kalsium, meningkatkan sistem kekebalan, membantu proses pembelahan sel, dan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular tubuh.

Dari manfaatnya tersebut, sudah terbayang seberapa pentingnya obat tride cholecalciferol ini, bukan? 

Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi obat ini dalam jumlah banyak. Kamu harus mengikuti dosis dan aturan yang sudah dianjurkan untuk hasil maksimal.

Kegunaan tride cholecalciferol

Jadi, obat cholecalciferol digunakan sebagai suplemen makanan bila jumlah vitamin D dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak cukup. 

Seseorang yang paling berisiko tinggi kekurangan vitamin D adalah orang tua, bayi yang disusui, seseorang berkulit gelap, gemuk, dan seseorang dengan paparan sinar matahari terbatas. 

Selain itu, obat tride cholecalciferol juga digunakan bersamaan dengan kalsium untuk mencegah dan mengobati penyakit tulang, seperti

  • Rakhitis atau pelunakan tulang pada anak-anak
  • Osteomalacia atau pelunakan tulang pada orang dewasa, dan
  • Osteoporosis atau penipisan tulang 

Intinya, obat cholecalciferol dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang, otot, saraf, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Obat ini akan bekerja dengan membantu tubuh menggunakan lebih banyak kalsium yang ditemukan dalam makanan atau suplemen tertentu.

Dosis tride cholecalciferol

Untuk dosis obat tride cholecalciferol adalah 15 mikrogram setiap harinya untuk usia 18-75 tahun. 

Kamu dapat mengonsumsi obat ini langsung dengan air mineral sesuai petunjuk. Baiknya, obat ini dikonsumsi setelah makan atau dengan makanan.

Jika kamu menggunakan obat ini dalam bentuk cair, ukur dosisnya dengan hati-hati menggunakan alat pengukur atau sendok khusus. 

Hindari menggunakan sendok rumah tangga karena kemungkinan dosisnya tidak tepat.

Sebelum mengonsumsi obat ini, kamu perlu memberi tahu dokter tentang riwayat medis. Simpan obat ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung untuk masa pakai yang lebih lama dan awet. 

Efek samping tride cholecalciferol

Memang, vitamin tride cholecalciferol mengandung vitamin D3 yang baik untuk tubuh. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila kamu memiliki efek samping tertentu kalau tidak cocok dengan penggunaan obat ini.

Namun, jangan khawatir karena efek sampingnya tidak parah, seperti berikut ini.

  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Mual
  • Muntah
  • Sembelit

Biasanya, beberapa efek samping di atas dapat terjadi bila kamu mengonsumsi vitamin D3 dengan dosis yang terlalu banyak. 

Jadi, pastikan kamu mengikuti aturan dosis dari dokter atau sesuai label resep pada kemasan obat.

Intinya, obat tride cholecalciferol digunakan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin D. 

Obat ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, gigi, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Namun, sebelum menggunakan obat ini, penting untuk kamu berkonsultasi dengan dokter agar bisa memastikan bahwa obat ini aman dan dosisnya tepat. 

Share artikel ini
Reference