Lapibal obat untuk apa

Apakah kamu familiar dengan obat Lapibal? Kira-kira lapibal ini obat untuk apa? Nah, Lapibal merupakan obat yang mengandung mecobalamin atau methylcobalamin, suatu bentuk dari vitamin B12 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Obat ini sendiri sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk untuk membantu pengobatan stroke. Nah, untuk memahami lebih lanjut Lapibal obat untuk apa serta apa saja efek sampingnya, simak artikel berikut ya! 

Deskripsi obat lapibal

Lapibal obat untuk apa

Lapibal adalah obat yang tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi, yang mengandung mecobalamin, yaitu bentuk dari vitamin B12.

Vitamin B12 ini peran penting dalam berbagai fungsi tubuh seperti pembentukan sel darah merah, metabolisme sel tubuh, sel saraf, dan produksi DNA.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri saraf, kebas, kesemutan, dan anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi obat yang mengandung vitamin B12 dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik. 

Vitazym Plus Obat Apa? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya untuk Pencernaan!

Manfaat obat lapibal untuk apa?

Lapibal sering digunakan untuk mengobati kerusakan saraf terutama di tangan dan kaki. Kandungan methylcobalamin dalam obat ini bekerja dengan mengikat situs sel tertentu dan berperan penting dalam sintesis asam nukleat dan protein. 

Lapibal termasuk dalam kelas obat yang disebut vitamin larut air, seperti vitamin C dan semua vitamin B kompleks.

Kandungan vitamin B12 yang tinggi dalam Lapibal memiliki peran penting dalam pertumbuhan, reproduksi sel, pembentukan darah, serta sintesis protein dan jaringan.

Selain itu, vitamin B12 juga membantu untuk mengobati anemia, kelelahan, dan mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki. 

4 Manfaat Natur E Hijau untuk Wajah, Bisa Bikin Awet Muda!

Dosis dan penggunaan

dosis obat lapibal

Lapibal merupakan obat keras yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Oleh karena itu, sebelum penggunaannya, dosis obat ini harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker karena setiap orang memiliki dosis yang berbeda.

Penggunaan obat ini umumnya untuk tujuan mengatasi anemia megaloblastik dan neuropati perifer, dan tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi.

Untuk penggunaan kapsul, dosis yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 500 mcg, diminum tiga kali sehari.

Sedangkan untuk penggunaan injeksi, dosis yang direkomendasikan adalah 500 mcg, diberikan secara intramuskular atau intravena tiga kali seminggu, dan dosis dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala.

Sebagai obat keras, penggunaan Lapibal harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh digunakan tanpa resep dokter.

Dosis penggunaan yang benar dan sesuai dengan kebutuhan pasien sangat penting untuk memastikan efektivitas dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Ondansetron Injeksi: Indikasi, Dosis, dan Efek Samping

Cara penggunaan

Berikut beberapa cara penggunaan obat ini yang perlu kamu ketahui dan terapkan: 

  • Ikuti dosis yang dianjurkan dokter dan baca aturan penggunaan yang terdapat pada kemasan
  • Lapibal kapsul dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan.
  • Lapibal injeksi hanya boleh disuntikkan oleh dokter atau tenaga medis profesional yang harus berada di bawah pengawasan dokter.
  • Gunakan obat sesuai dengan jadwal. 
  • Jangan melebihi atau mengurangi dosis tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Efek samping obat

efek samping obat

Efek samping seperti diare, sakit kepala, mual, dan muntah mungkin dapat ditimbulkan dengan mengonsumsi Lapibal atau obat lain yang mengandung mecobalamine.

Di samping itu, Lapibal injeksi pada umumnya aman dan cenderung tidak menimbulkan efek samping. Nah, jika pasien mengalami efek samping dan  tidak menghilang atau bahkan memburuk, segera informasikan kepada dokter. 

Selain itu, selama menggunakan kapsul ini, hindari mengonsumsi alkohol agar tidak mengurangi efektivitas obat. Jika memiliki alergi terhadap mecobalamine, sebaiknya hindari penggunaan obat ini. 

Nah, itu dia beberapa informasi tentang Lapibal obat untuk apa, apa saja manfaatnya, serta efek samping yang mungkin terjadi. Sebelum mengonsumsi obat ini, kamu wajib konsultasi dengan dokter dulu, ya!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference