Gangguan menstruasi

Telat haid dapat menjadi suatu kekhawatiran bagi banyak wanita. Penyebab menstruasi telat sendiri cukup banyak, dari mulai stres, penurunan berat badan, sampai dengan berat badan berlebih dan penyebab lainnya.

Berikut ulasan lebih lengkap mengenai penyebab telat haid berikut ini.

Penyebab menstruasi telat

Penyebab menstruasi telat

Bisa jadi, telat menstruasi yang kamu alami disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini. 

1. Stres

Stres kronis dapat berpengaruh pada hormon, rutinitas, dan berpengaruh pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur menstruasi. Ciri-ciri telat haid karena stres yang kamu alami dapat menyebabkan kelainan atau penurunan berat badan yang akan berpengaruh pada siklus haid. 

2. Berat badan rendah

Orang dengan gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia nervosa dapat mengalami haid yang tidak teratur. Berat badan yang terlalu rendah juga dapat menjadi penyebab menstruasi telat bahkan menyebabkan tidak haid sama sekali.

Lemak tubuh yang tidak cukup, akan membuat ovulasi berhenti. Ini sebabnya, haid juga menjadi terhambat. 

3. Obesitas

Bukan hanya berat badan rendah, berat badan berlebih atau obesitas juga dapat menyebabkan perubahan hormon yang membuat haid tidak teratur. Obesitas dapat membuat produksi estrogen berlebih yang menyebabkan siklus haid terganggu. 

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan kondisi dimana tubuh lebih banyak memproduksi hormon androgen pria. Akibatnya, kista dapat terbentuk di ovarium dan menyebabkan haid tidak teratur. 

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan insulin tidak seimbang. Untuk mengatasinya, dokter dapat meresepkan obat untuk membantu siklus haid kamu menjadi lebih teratur. 

5. Menggunakan pil KB

Penyebab telat haid selanjutnya bisa dikarenakan penggunaan pil KB. Pasalnya, pil KB mengandung hormon progestin dan estrogen yang membuat ovarium tidak melepaskan sel telur. Setidaknya, tubuh membutuhkan waktu 3 bulan setelah kamu berhenti minum pil KB untuk melancarkan haid kembali. 

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

6. Penyakit kronis

Beberapa penyakit kronis seperti diabetes juga dapat berpengaruh pada siklus menstruasi. Perubahan gula darah terkait dengan perubahan hormonal sehingga terkadang haid menjadi terlambat atau tidak teratur. 

Selain diabetes, beberapa kondisi kronis lain yang dapat menyebabkan haid tidak teratur adalah:

  • Sindrom Cushing
  • Hiperplasia adrenal kongenital
  • Sindrom Asherman

7. Insufisiensi ovarium prematur (POI)

Umumnya, wanita mengalami menopause antara 45-50 tahun. Namun, pada wanita yang mengalami gejala lebih cepat atau sekitar 40 tahun, dapat menjadi tanda insufisiensi ovarium prematur (POI), atau menopause dini. Jika haid kamu mulai berhenti di bawah usia 40 tahun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya. 

8. Masalah tiroid

Kelenjar tiroid yang kurang atau terlalu aktif juga dapat menjadi penyebab menstruasi telat. Tiroid sendiri bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh. Dengan begitu, ini akan berpengaruh pada kadar hormon yang berdampak pada ketidakteraturan haid yang kamu alami. 

Telat haid 10 hari apa artinya

proses terjadinya menstruasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telat haid dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dari mulai stres hingga masalah tiroid. Jika kamu mengalami telat haid 10 hari dan tidak aktif atau belum pernah melakukan hubungan seksual, bisa jadi disebabkan oleh salah satu penyebab di atas. Guna memastikannya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab telat haid tersebut. 

Telat haid sebulan apakah normal

Normalnya, siklus haid berlangsung setiap 21-35 hari sekali. Rata-rata wanita mengalami siklus haid setiap 28 hari. Jika siklus haid kamu ternyata lebih panjang dari 30 hari, maka tidak haid sebulan penuh masih dikatakan sebagai hal yang normal. Namun, jika siklus haid kamu lebih pendek, maka dapat dikatakan kamu mengalami telat menstruasi.

Jika telat haid ini lebih dari satu bulan, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga siklus haid dapat kembali normal. 

Tanda telat haid jadi hamil

Jika kamu dan pasangan memang sedang program hamil atau aktif berhubungan seksual, bisa jadi telat haid yang kamu alami adalah tanda kehamilan. Saat hamil, haid menstruasi akan berhenti. 

Namun, kamu mungkin akan mengalami flek atau bercak darah ringan. Ini adalah hal normal dan merupakan tahap awal kehamilan. Namun, jika pendarahan terus terjadi, bisa jadi ini merupakan indikasi masalah serius. 

Berapa Lama Batas Telat Haid Tanda Kehamilan?

Tidak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan sekitar 1 minggu setelah jadwal menstruasi kamu yang biasanya.

Selain tidak menstruasi, awal kehamilan juga ditandai dengan:

  • Payudara terasa lebih lembut dan nyeri
  • Payudara bengkak
  • Mual atau muntah
  • Kelelahan
Share artikel ini
Reference