manfaat kurma merah untuk promil

Manfaat kurma merah untuk promil tak hanya dapat dirasakan oleh perempuan tapi juga oleh laki-laki. Sebagai bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok, tabib kala itu meyakini bahwa kurma merah baik untuk kesehatan pria.

Kurma merah, juga dikenal sebagai jujubes, kaya akan vitamin C, protein, karbohidrat, asam organik, dan lainnya yang dibutuhkan untuk reproduksi dan pasca persalinan. Apa saja manfaat lainnya, ayo cek di bawah ini.

Manfaat kurma merah

Kurma Muda untuk Promil

Kurma yang satu ini telah digunakan dalam banyak formulasi pengobatan Tiongkok selama berabad-abad. Buah yang rasanya manis dan sifat hangat ini memiliki konsentrasi tertinggi Vitamin C di antara kurma lainnya. Konsentrasinya 7-10 kali lebih tinggi dari yang ditemukan pada buah jeruk. 

Kandungan lain dari kurma merah ini ialah protein, karbohidrat, asam organik, vitamin, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kualitas-kualitas ini menjadikannya sebagai produk kecantikan yang sangat diperlukan tubuh.

Berikut ini 6 manfaat kurma merah untuk kesehatan:

1. Melindungi hati

Karbohidrat, lemak, dan protein yang terkandung dalam jujubes meningkatkan sintesis protein hati, meningkatkan kandungan albumin serum, dan menyeimbangkan rasio albumin terhadap globulin.

Selain itu, triterpenoid memiliki efek anti-kelelahan. Jujubes juga dapat membantu menghambat efek hepatitis bagi mereka yang menderita penyakit ini.

2. Membantu pencernaan

Kurma merah kaya akan serat. Tiga buah kurma mengandung seperlima dari kebutuhan serat harian orang dewasa. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa, mengonsumsi kurma merah dalam jumlah yang tepat setiap hari dapat meningkatkan laju peristaltik usus, mengurangi zat kimia yang dapat menyebabkan kanker.

3. Rasa manis alami

Kurma merah yang dijemur sangat manis secara alami sehingga orang sering mengira buah ini telah ditambahkan gula. Justru, karena buahnya sangat manis, tidak perlu ditambahkan gula lagi. 

Jujubes memiliki nilai gizi yang tinggi baik dikonsumsi sebagai buah kering, bagian dari makanan penutup, atau sebagai makanan ringan. Namun penderita diabetes harus memantau asupannya karena kandungan gula alami yang tinggi.

Bisa Buat Subur, Ini Manfaat Kurma Untuk Promil dan Kesehatan Lainnya

4. Perawatan kulit

Kurma merah mengandung Vitamin B, yang meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, konsentrasi Vitamin C yang tinggi secara efektif mengurangi produksi melanin dan bintik-bintik, sekaligus membuat kulit halus dan lembut.

5. Mencegah kerontokan rambut

Buah ini mendukung fungsi limpa dan lambung. Fungsi limpa yang baik menyebabkan kulit kencang dan berkilau, rambut sehat, meminimalkan kerontokan rambut.

6. Menguatkan tubuh dan menyehatkan ginjal

Kurma merah kaya akan cyclic adenosine monophosphate yang memiliki efek melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan suplai darah ke ginjal. 

Pengobatan tradisional Tiongkok menyatakan bahwa kurma merah baik untuk kesehatan pria. Buah ini tidak hanya memperkuat otot dan tulang, tetapi juga membantu mengobati disfungsi seksual.

Ketahui 8 Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Ginjal

Kurma merah untuk promil dan juga pasca kehamilan

Di China, kurma merah sering diolah menjadi teh. Teh ini dibuat dengan merebus kurma merah dengan air dengan api kecil. Kamu juga dapat menambahkan lengkeng dan wolfberry untuk membuatnya lebih bernutrisi.

Biasanya pengasuh akan menyiapkan dan menyimpan teh dalam termos untuk konsumsi ibu sehari-hari. Teh kurma merah ini baik untuk pemulihan setelah melahirkan tetapi tidak selama tahap awal kehamilan. 

cara membuat teh jahe untuk haid

Selama pasca-kehamilan, minum minuman seperti teh kurma merah dapat membantu meminimalkan masalah retensi air. Inilah sebabnya mengapa buah ini direkomendasikan kepada pasien dengan kondisi kesehatan yang serius.

Selain manfaat di atas, berikut ini manfaat minum teh kurma merah selama masa nifas:

  1. Meningkatkan Qi
  2. Meningkatkan sirkulasi darah
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  4. Menenangkan saraf dan jiwa
  5. Meningkatkan produksi sel darah baru
  6. Menyesuaikan proporsi albumin dan globulin
  7. Meningkatkan sekresi mukus gastrointestinal.
  8. Mengatur menstruasi
  9. Meringankan rasa sakit

Berapa banyak kurma merah sehari?

manfaat kurma muda untuk promil

Kurma merah merupakan salah satu makanan super antioksidan tertinggi. Dikenal karena konsentrasi serat, mineral, dan vitaminnya yang tinggi, kurma merah adalah bahan yang sangat diremehkan dengan manfaat perawatan kulit dan kesehatan yang mengesankan.

Kurma merah adalah dosis nutrisi harian yang sempurna. Untuk hasil terbaik, konsumsilah kurma merah 3-5 buah sehari. 

Jika kamu ingin membuatnya dalam bentuk teh, cucilah sebelum direbus. Didihkan dengan api kecil selama 10-20 menit. Tambahkan gula secukupnya jika mau dan teh kurma merah buatan rumah siap untuk diminum!

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference