cara membersihkan darah haid di sprei

cara membersihkan darah haid di sprei

Bagi wanita, darah yang bocor saat haid adalah kondisi umum, apalagi ketika sedang tidur di malam hari. 

Sayangnya, jika dibandingkan dengan pakaian, darah haid yang membekas di sprei dan tempat tidur terbilang lebih sulit untuk dihilangkan, lho. 

Untuk itu, kamu harus menerapkan cara membersihkan darah haid di sprei dengan tepat. Jika tidak, darah akan menjadi media kuman untuk berkembang biak. 

Untuk mencegah hal itu, yuk simak cara membersihkannya di bawah ini!

Lantas, bagaimana cara membersihkan darah haid di sprei?

Darah haid yang menempel di kasur akan membuat tempat tidur jadi terlihat kotor. Jadi, kamu bisa menerapkan cara berikut ini untuk membersihkan darah haid di sprei, ya.

  • Cek kondisi sprei

Pertama-tama, kamu harus mengecek kondisi sprei sepenuhnya, apakah noda darah hanya di satu area saja atau sudah menyebar ke beberapa area. 

Nah, semakin cepat kamu bertindak untuk membersihkannya, maka akan semakin mudah hilang juga nodanya.

  • Siapkan handuk

Jika sudah mengetahui bagian sprei mana saja yang terkena noda darah, saatnya kamu menyiapkan handuk kering dan bersih. 

Handuk ini berguna untuk membersihkan noda tersebut. Jadi, kamu bisa mengangkat sprei dari tempat tidur dan letakkan handuk di bagian bawahnya.

  • Gunakan hidrogen peroksida

Kemudian, kamu bisa memanfaatkan hidrogen peroksida atau zat kimia yang berguna untuk membersihkan noda membandel. Tuangkan hidrogen peroksida di beberapa titik sprei yang terkena darah haid. 

Diamkan sejenak hingga zat tersebut bekerja. Jika berhasil, hidrogen peroksida akan menghasilkan gelembung atau buih dan mengangkat sisa darah yang tertinggal pada sprei.

  • Bilas di air dingin

Setelah itu, kamu bisa membilas spreinya dengan air bersuhu dingin. Yap, hindari air bersuhu panas karena bisa merusak serat sprei. 

Jika kurang puas dengan hasilnya, kamu bisa mencucinya lagi dengan mesin, tetapi pisahkan dengan pakaian lainnya, ya.

  • Keringkan 

Ingin menggunakan mesin pengering setelah mencucinya? Sebelum itu, sebaiknya kamu cek nodanya terlebih dahulu, apakah masih ada atau tidak. 

Jika masih, sebaiknya hindari mesin pengering karena tingkat panas yang tinggi bisa mengeset noda darah, sehingga makin susah hilang.

Tips mengurangi risiko kebocoran haid saat tidur

Hanya dengan lima langkah di atas, kamu bisa membersihkan darah haid di sprei, lho. Namun, seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. 

Untuk itu, kamu bisa mencegah risiko darah haid yang bocor saat tidur dengan mengikuti tips berikut ini.

  • Gunakan pembalut khusus tidur

Kamu bisa membedakan jenis pembalut yang dipakai jika ingin tidur. Pakailah pembalut yang memang didesain untuk malam hari karena daya serapnya lebih tinggi. Kemudian, sesuaikan panjang pembalutnya juga. Biasanya, semakin panjang maka semakin baik untuk mengurangi risiko bocor.

  • Pakai dua celana dalam

Kemudian, kamu juga bisa memakai dua celana dalam sekaligus. Bila kamu pernah merasakan pembalut bergeser ke sebelah kanan dan kiri selama tidur, maka masalah tersebut bisa diatasi jika memakai dua celana dalam. 

Jika ada kebocoran, celana dalam tambahannya dapat menjadi penghalang ekstra agar darah tidak menodai sprei.

  • Ganti pembalut sebelum tidur

Pastikan kamu rutin mengganti pembalut tiap sebelum tidur. Jadi, daya serapnya akan lebih maksimal.

  • Cari posisi terbaik untuk tidur

Posisi tidur yang tepat juga menentukan risiko haid bocor, lho. Nah, pastikan kamu selalu tidur dalam kondisi nyaman agar mengurangi gerakan berlebih, ya.

Itu dia cara membersihkan darah haid di sprei dan tips mengurangi risiko kebocoran pada malam hari. Kalau kamu sendiri, apakah punya cara khusus agar tidak mudah bocor ketika tidur? Yuk, sharing di kolom komentar!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference