tanda awal kehamilan

Menurut American Pregnancy Association, tidak semua wanita menunjukkan tanda awal kehamilan yang sama dan konsisten. Beberapa wanita mengalami mual dan muntah, sementara yang lain mengalami kram perut.

Seorang ibu hamil bahkan bisa mengalami tanda awal kehamilan yang berbeda di setiap kehamilannya  Ini karena tubuh setiap wanita berbeda dan dapat memberi repons secara berbeda terhadap perubahan di tubuhnya.

Yuk, cari tahu apa saja tanda awal kehamilan yang perlu kamu pahami!

10 Tanda awal kehamilan yang jarang dikenali

Tanda awal kehamilan pada setiap wanita memang berbeda satu sama lain. Namun, ada beberapa tanda awal yang umum terjadi.

1. Perubahan pada payudara

mengenali gejala kanker payudara

Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa lebih lembut dan lebih keras.

Puting payudara juga membuat lebih banyak pembuluh darah terlihat di permukaan kulit payudara, sehingga payudara tampak lebih menonjol dan lebih gelap.

2. Lebih sering buang air kecil

Sering buang air kecil, terutama di malam hari, juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Pada awal kehamilan, hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan peningkatan cairan selama kehamilan.

3. Lebih cepat lelah

Kelelahan yang terjadi selama kehamilan umumnya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron.

Selain itu, perubahan metabolisme tubuh saat awal kehamilan dapat dengan cepat melelahkan tubuh ibu hamil.

4. Mual dan muntah

Cara mengatasi mual saat haid

Mual dan muntah biasanya tidak terjadi sampai minggu ke-6 kehamilan. Tapi pada beberapa kasus, mual dan muntah bisa terjadi lebih awal. Kondisi ini biasanya membaik pada usia kehamilan 16-18 minggu.

Baca juga: Morning Sickness: Gangguan pada Awal Kehamilan

5. Hilangnya nafsu makan

Hipersensitivitas sensorik pada awal kehamilan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Karena itu, cobalah untuk tetap konsisten mengkonsumsi camilan sehat seperti buah dan yogurt.

6. Perut kembung

Perubahan hormonal pada awal kehamilan juga dapat menyebabkan perut kembung. Saat mengalaminya, perut akan terasa lebih besar dan kencang, serta  sering bersendawa atau terengah-engah.

7. Mood yang mudah berubah

Faktor hormonal juga bisa membuatmu lebih emosional. Perubahan suasana hati yang tiba-tiba tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu tanda kemungkinan  kehamilan.

8. Pusing

pusing saat hamil

Pusing sering dirasakan pada awal kehamilan karena tekanan darah rendah dan penyempitan pembuluh darah.

Hal ini dapat diatasi dengan banyak istirahat. Namun,  jika pusing berlanjut untuk waktu yang lama, segera konsultasi dengan dokter.

9. Keluar flek darah dari vagina

Kehamilan bisa dimulai dengan munculnya noda darah atau flek yang keluar dari vagina. Noda darah dapat menunjukkan bahwa sel telur yang telah dibuahi telah menempel pada dinding rahim.

10. Sakit pinggang dan nyeri punggung

Tanda awal kehamilan lainnya adalah nyeri punggung. Nyeri punggung di awal kehamilan juga biasanya disebabkan oleh prostaglandin. Efek ini memberi tekanan pada punggung bawah dan sendi pinggul.

Baca juga: 13 Tanda-Tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid

Kapan mulai muncul awal tanda kehamilan?

Tanda awal kehamilan bisa berlangsung segera setelah berhubungan atau beberapa hari setelahnya. Jangan heran, karena kondisi ini bervariasi untuk setiap wanita.

Tanda awal kehamilan biasanya meliputi kelelahan, mual, muntah, perubahan suasana hati yang tiba-tiba, payudara membesar, dan telat haid.

Tanda ini biasanya terjadi pada 5 atau 6 minggu pertama kehamilan, lebih spesifiknya sekitar 2 minggu setelah telat haid, atau 6 minggu setelah hari haid terakhir.

Kamu bisa membeli alat tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa tanda yang disebutkan di atas. 

Share artikel ini