kalori buah pepaya

Buah pepaya menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis, buah pepaya juga mudah dicerna dan bisa diolah menjadi jus. Kalori buah pepaya tidaklah tinggi sehingga buah ini menjadi salah satu menu yang cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Jika pepaya adalah buah favoritmu, kamu wajib tahu jumlah kalori buah pepaya, apa saja kandungan buah pepaya, dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Yuk, informasi lengkapnya di artikel ini, Yoonies!

Kalori buah pepaya

Sama seperti jenis buah lainnya, kalori buah pepaya tidak terlalu tinggi. Buah ini bahkan menjadi salah satu jenis buah yang direkomendasikan bagi kamu yang sehat atau sedang dalam masa penyembuhan dari suatu penyakit.

Apakah buah pepaya adalah salah satu buah yang sering kamu konsumsi? Jika iya, kamu perlu tahu jumlah kalorinya. Menurut situs Fatsecret, 1 mangkok buah pepaya yang dipotong dadu mengandung 55 kalori saja dengan kandungan 0,2 gram lemak, 13,73 gram karbohidrat, dan 0,85 gram protein.

Apa saja kandungan buah pepaya?

Buah yang menyehatkan tubuh ini juga mengandung beberapa nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya mampu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Berikut beberapa nutrisi sehat yang ada pada buah pepaya:

  1. 2,7 gram serat makanan
  2. 31 miligram kalsium
  3. 33 miligram magnesium
  4. 286 miligram potasium
  5. 0,13 miligram seng
  6. 95,6 miligram vitamin C
  7. 58 mikrogram folat
  8. 995 miligram vitamin A
  9. 0,47 mg vitamin E
  10. 4,1 mcg vitamin K

Ini Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Lalu, apa saja manfaat buah pepaya?

kalori buah pepaya kaya manfaat dan bagus untuk diet

Kamu sudah tahu kalori buah pepaya dan kandungan nutrisi yang ada pada buah ini. Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, buah pepaya mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, ketahui beragam manfaat buah pepaya berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Buah pepaya adalah buah yang kaya akan antioksidan sehat atau dikenal dengan nama karotenoid. Kandungan antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh, dan menangkal radikal bebas lho, Yoonies.

Kesehatan kulit perlu kamu jaga tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Jika kamu sudah menjaga kesehatan kulitmu dengan menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang membuat kulit sehat dari dalam. Nah, buah pepaya bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam.

Manfaat buah pepaya dengan kandungan antiokasidannya juga mampu meningkatkan kesehatan mata, nih. Buat kamu yang mempunyai mata minus atau sering menatap layar komputer, yuk coba mulai konsumsi buah pepaya untuk menjaga kesehatan matamu.

2. Mencegah penyakit kanker

Buah pepaya mengandung zat likopen yang bisa membantu tubuh mencegah munculnya penyakit kanker, terutama kanker payudara. Buah ini juga bisa membantu mengurangi peradangan, lho.

Untuk hasil yang lebih optimal dalam mencegah penyakit kanker, tentunya kamu tidak hanya mengkonsumsi buah pepaya, tetapi juga perlu menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Tahukah kamu kalau salah satu manfaat buah pepaya adalah meningkatkan kesehatan jantung? Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah pepaya dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah kolesterol. Kalau kamu mempunyai jantung yang sehat, maka aliran darah ke seluruh tubuhmu pun akan lancar.

4. Membantu melawan peradangan

Salah satu penyebab dari munculnya banyak penyakit adalah karena adanya peradangan dalam tubuh. Beberapa penyakit. seperti infeksi, kerusakan saluran pencernaan, dan penyakit pada persendian bisa dipicu oleh peradangan.

Kandungan buah pepaya yang kaya akan antioksidan dapat membantu melawan peradangan nih, Yoonies. Jika kamu mengonsumsi buah pepaya dengan teratur, penyakit karena peradangan yang sudah disebutkan di atas bisa kamu hindari, deh.

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah pepaya yang satu ini pasti sudah kamu ketahui. Kandungan serat makanan dalam buah pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Buah ini cocok untuk kamu yang sering susah buang air besar. Pencernaan yang lancar dapat membantu mencegah timbulnya penyakit radang usus dan juga wasir.

Selain itu, jika pencernaanmu lancar dan sehat, maka berat badanmu pun akan tetap terjaga. Menjaga berat badan tetap ideal itu penting untuk kesehatan sehingga kamu terhindar dari risiko terkena penyakit.

10 Manfaat Pepaya Dan Kalorinya Yang Sangat Rendah!

Itulah penjelasan tentang kalori buah pepaya, kandungan buah pepaya, dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh. Meskipun buah ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh, pastikan juga kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference