tokoh inspiratif wanita

Kartini modern sepertinya menjadi julukan yang tepat untuk para tokoh inspiratif wanita Indonesia. Peringatan hari Kartini yang jatuh pada 21 April bukan hanya sekedar perayaan semata, tapi menjadi simbol kebebasan para wanita Indonesia untuk mendapat pendidikan setinggi mungkin.

Berkat jasa dan perjuangan Kartini di masa lalu, kini sudah banyak wanita Indonesia yang menoreh berbagai prestasi membanggakan. Tidak hanya bersaing dengan pria, banyak juga wanita Indonesia bersaing dengan orang-orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang.

Mengenal wanita inspiratif Indonesia

Pada dasarnya semua wanita itu kuat, mereka bisa berjuang di tengah berbagai tantangan. Terutama bagi para ibu yang memiliki tanggung jawab besar bagi anaknya, termasuk membuat dirinya tumbuh baik untuk diri sendiri maupun keluarganya.

Di Indonesia ada banyak wanita yang berhasil menjadi tokoh inspiratif sekaligus menjadi ibu yang bertanggung jawab atas anaknya. Salah satunya ialah; Atalia Praratya, tidak hanya berperan sebagai istri gubernur Jabar yaitu Ridwan Kamil. Bu Atalia juga merupakan founder dari Jabar Bergerak, sekaligus Bunda PAUD Jabar.

Tokoh inspiratif wanita Indonesia

Jika dijabarkan satu per satu, akan ada banyak sekali tokoh inspiratif wanita Indonesia yang jumlahnya tidak terhingga. Namun sebagai motivasi, kamu bisa mencontoh 6 tokoh wanita Indonesia berprestasi berikut ini:

 

Cinta Laura

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Cinta Laura, ia mengawali karier sebagai bintang sinetron. Tapi ternyata prestasinya tidak hanya sampai itu saja, loh! Kecerdasan Cinta bisa disebut di atas rata-rata, ia berhasil lulus dengan dua gelar sarjana dengan predikat cumlaude dari kampus ternama dunia yaitu Universitas Columbia, Amerika.

Cinta juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti menjadi guru relawan di berbagai daerah, serta renovasi dan membangun sekolah. Cinta juga menjadi Duta Anti Kekerasan pada Perempuan dan Anak. Tidak hanya itu, Cinta juga banyak bermain di berbagai film Hollywood, loh!

Maudy Ayunda

Nama Maudy Ayunda semakin tersohor karena prestasinya yang membawanya masuk ke Universitas Oxford dan Universitas Stanford. Kaum milenial cukup heboh dengan kabar prestasi Maudy yang sangat membanggakan ini. Banyak dari mereka yang berharap Maudy menjadi pemimpin Indonesia di masa depan.

Sri Mulyani

Wanita yang satu ini tidak perlu diragukan lagi prestasinya, Sri Mulyani dikenal sebagai Menteri Keuangan Indonesia yang menjabat dua periode dengan dua presiden berbeda. Bukan sekedar Menteri, Bu Sri berhasil dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik se-Asia.

Beliau terpilih wanita paling berpengaruh ke-23 versi majalah Forbes, juga sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia ke-2 versi majalah Globe Asia. Wah, hebat sekali ya!

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro dikenal sebagai model sekaligus pemeran Cinta di film Ada Apa dengan Cinta, yang sangat populer di Indonesia. Di samping itu, ternyata prestasi mbak Dian sangat menakjubkan loh! Beliau memiliki yayasan pendidikan non Profit yang bernama Yayasan Dian, demi memajukan pendidikan anak-anak Indonesia.

Najwa Shihab

Kamu juga pasti sudah tidak asing dengan nama Najwa Shihab atau yang akrab disapa mbak Nana. Berkat kecerdasan dan kepiawaiannya di bidang jurnalistik, mbak Nana dipercaya untuk menjadi host ‘Mata Najwa’. Acara ini sangat populer membahas isu hangat, terutama isu politik. Mbak Nana juga menjadi founder perusahaan berita dan media yang bernama Narasi TV.

Niki

Nama Niki akhir-akhir ini menjadi viral di media sosial. Ya, tentu saja karena penampilannya yang memukau di panggung musik kelas dunia, Coachella! Penyanyi bernama Niki Zefanya ini menjadi penyanyi wanita Indonesia pertama yang tampil di Coachella.

Ini merupakan rentetan pencapaian mengagumkan Niki, setelah sebelumnya menjadi pengisi soundtrack film Marvel. Yang bikin kagum, Niki berkali-kali bilang kalau ia bangga menjadi warga negara Indonesia. Wah, role model untuk generasi muda, nih.

Peran wanita inspiratif Indonesia di era modern

Peran para wanita inspiratif Indonesia di era modern ini sangat banyak membantu kemajuan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan. Jika kamu perhatikan, para tokoh wanita inspiratif di atas banyak yang mempedulikan pendidikan anak-anak. Mereka membangun yayasan dan organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Indonesia tentu sangat membutuhkan para pahlawan inspiratif tersebut, demi kemajuan bangsa. Hal inilah yang diperjuangkan oleh Kartini, yaitu pendidikan wanita setinggi-tingginya yang setara atau tidak kalah dengan laki-laki. Kamu bisa menjadikan para tokoh tersebut sebagai motivasi agar semakin giat belajar.

Tips menjadi sosok inspiratif wanita di era modern

Menjadi sosok wanita yang inspiratif bisa kamu lakukan mulai dari hal kecil saja. Kamu tidak perlu pengakuan siapapun untuk jadi inspiratif, yang terpenting adalah kamu bisa membawa manfaat untuk sesama. Berikut beberapa tips untuk menjadi wanita inspiratif:

  • Cintai diri sendiri, mulailah dengan menerima dan memaafkan diri untuk bisa lebih menyayangi dirimu. Karena penerimaan diri adalah awal dari kesuksesan yang akan kamu raih.
  • Women support women, atau mendukung sesama wanita. Mungkin terdengar sepele, tapi kamu bisa sekaligus membersihkan hatimu dengan tidak mengejek, merendahkan, atau menilai buruk kepada sesama wanita lain.
  • Tentukan tokoh inspiratif favoritmu, hal ini bisa menjadikan dirimu lebih termotivasi dan menentukan arah tujuanmu.
  • Membangun jaringan, kamu harus mau berteman dengan wanita manapun tanpa pandang bulu.
  • Tingkatkan skill, jangan pernah berhenti belajar sekalipun kamu sudah merasa cukup pintar. Hal ini akan membawa kamu ke jalan sukses yang lebih besar.
  • Menjadi Kartini modern tidak perlu dengan cara yang sulit, kamu bisa memulainya dari diri sendiri. Lakukan banyak hal baik, berteman dengan siapapun, dan jangan berhenti belajar. Hal itu adalah beberapa kunci untuk menjadi wanita inspiratif.
Share artikel ini
Reference