Apakah kamu mengenal sosok Tasya Farasya dan Tasyi Athasiyah? Kedua selebgram berdarah Arab ini merupakan saudara kembar tidak identik yang jarang diketahui masyarakat sebelumnya bahwa keduanya merupakan anak kembar.

Wajah, sifat, bahkan kesukaannya juga berbeda sehingga banyak orang yang kaget saat mengetahui fakta bahwa keduanya merupakan anak kembar. Apa yang menyebabkan kelahiran kembar tidak identik bisa terjadi? Yuk coba simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Penyebab kembar tidak identik

Kembar tidak identik sering disebut dengan kembar fraternal. Kelahiran ini termasuk dalam salah satu jenis bayi kembar yang sebenarnya umum terjadi. Ibu yang hamil kembar tidak identik dapat melahirkan bayi dengan jenis kelamin yang berbeda.

Melansir dari Pregnancy, Birth & Baby, pembuahan dari kembar tidak identik berasal dari sel telur dan sperma yang berbeda serta proses pertumbuhan dalam rahim ibu.

Jika pada kembar identik berasal dari pembelahan 1 sel telur, maka kembar fraternal merupakan janin yang terbentuk dari 2 sel telur dan 2 sperma yang berbeda atau kondisi dizigotik.

Kembar fraternal lebih banyak terjadi daripada kembar identik. Kembar fraternal ternyata tidak memiliki gen yang sama sehingga banyak kelahiran kembar ini yang akhirnya memiliki jenis kelamin berbeda dengan wajah yang juga berbeda. Ketika dalam rahim kembar fraternal diketahui tumbuh dalam plasenta, selaput dalam dan luar yang berbeda.

Pada kembar fraternal, anak kembar yang lahir dapat mengalami tumbuh kembang yang berbeda secara psikis dan fisik. Bahkan dalam pertumbuhan di rahim, karena proses pembuahan bisa jadi berbeda tanggal, umur kehamilan keduanya juga dapat berbeda.

Baca juga: Tanda-Tanda Hamil Kembar, Dapat Berbeda Dari Biasanya! 

Ciri-ciri kembar tidak identik

bayi kembar siam

Banyak ibu yang mungkin mengira bahwa saat melahirkan bayi kembar akan mendapatkan wajah yang hampir sama. Namun ini terkadang tidak berlaku untuk kembar tidak identik.

Hal itu karena, kedua bayi berasal dari dua sel telur dan 2 sperma yang berbeda. Bagi kamu yang sedang hamil anak kembar, yuk coba cek ciri-cirimnya yang terjadi pada kebanyakan ibu hamil:

Memiliki dua plasenta

Kembar fraternal akan mempunyai masing-masing plasenta dan tumbuh dalam cairan ketuban yang juga berbeda. Bayi akan mendapatkan oksigen dan asupan makanan melalui plasenta dan tali pusat. Suplai darah juga akan didapat secara berbeda.

Baca juga: Apa itu Pengapuran Plasenta yang Berbahaya bagi Ibu dan Bayi

Kesamaan DNA sebanyak 50%

Kembar fraternal diketahui akan memiliki separuh DNA mereka yang menyebabkan terkadang kualitas keturunan menjadi tumpang tindih. Setiap bayi akan menerima setengah DNA dari sel telur ibu dan separuhnya dari sperma ayah.

Janin terbentuk pada waktu berbeda

Disebutkan bahwa proses terjadinya anak kembar ini yaitu sel telur dilepaskan pada saat ovulasi. Saat sel telur dibuahi sperma setelah melakukan hubungan seksual pada hari ini.

Kemudian, sel telur lain dibuahi pada hubungan seksual selanjutnya, maka usia kandungan fraternal juga dapat berbeda beberapa hari yang disebut dengan fenomena superfetation

Kemungkinan lahir dengan jenis kelamin berbeda

Kembar fraternal berasal dari 2 sel telur dan sperma yang terpisah dimana kromosom ayah menentukan kelamin xx untuk perempuan dan xy untuk laki-laki sehingga kembar fraternal dapat melahirkan kembar laki-laki, perempuan atau kombinasi keduanya.

Disebabkan berbagai faktor

Sel telur yang dihasilkan oleh ibu dapat menjadi faktor terbentuk kelahiran kembar fraternal seperti hiperovulasi atau pelepasan lebih dari satu telur pada satu siklus, faktor keturunan, usia ibu, jumlah anak dan lain sebagainya.

Postur tubuh dan indeks massa tubuh juga dapat menjadi faktor kehamilan kembar tidak identik yang masih menjadi penelitian hingga kini.

Baca juga: Kembar Siam: Jenis, Penyebab, Gejala, dan Diagnosis

Karakter anak kembar

kembar tidak identik

Bagaimana karakter anak kembar tidak identik? Apakah mereka sama dengan kembar identik yang mempunyai fisik dan sifat yang hampir sama? Rupanya kembar tidak identik juga mirip seperti kakak adik pada umumnya, kelahiran fraternal dapat memiliki penampilan fisik yang berbeda.

Perbedaan itu antara lain dari bentuk wajah, warna mata, tinggi dan bentuk badan, jenis rambut dan sifat yang mungkin sangat berbeda.

Bentuk Tubuh Wanita Dari Bentuk Apel Hingga Pir, Mana Tipe Anda?

Sifat berbeda juga dapat dialami oleh kembar identik sesuai dengan pengaruh lingkungan dan pertumbuhannya. Sifat kembar fraternal dapat memiliki sedikit sama persamaan atau bahkan sangat berbeda.

Seperti halnya selebgram tasya dan tasyi yang merupakan anak kembar fraternal di mana pada saat kecil mereka mempunyai wajah yang sangat berbeda.

Tasya yang sedikit gemuk dengan rambut keriting sedangkan tasyi dengan badan kurus dan rambut lurus. Secara rona wajah juga berbeda, tasya yang mempunyai wajah arab sementara tasyi mempunyai wajah bule.

Disebutkan bahwa keduanya juga mempunyai sifat dan kesukaan yang berbeda seperti hobi, warna favorit dan kegiatan favoritnya semasa kecil. Hal ini mendukung fakta bahwa anak kembar itu tidak selalu mirip dan mempunyai sifat yang sama, ya!

Share artikel ini
Reference