kalori sawi putih

Sawi putih adalah salah satu sayuran daun kubis favorit di Cina. Daun kubis yang manis, renyah, dan beraroma seledri adalah salah satu bahan yang paling dicari dalam masakan Asia Timur. Selain enak, jumlah kalori sawi putih pun cocok untuk diet!

Selain mengandung sedikit kalori sawi putih juga mengandung banyak nutrisi penting. Tentu kandungan tersebut sangat cocok dan aman untuk kamu yang sedang menjalankan diet. Apa saja manfaatnya, yuk baca penjelasannya di bawah ini.

Kalori sawi putih

Berminat melakukan diet sawi putih, yuk cek fakta nutrisi sawi putih berikut.

Untuk porsi 1 cangkir sawi putih, memiliki:

  • Kalori 9.1
  • Total Lemak 0.1g 0% AKG
  • Lemak Jenuh 0g 0% AKG
  • Lemak Trans 0g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0g
  • Sawi putihesterol 0mg 0% AKG
  • Sodium 46mg 2% AKG
  • Kalium 176mg 5% AKG
  • Total Karbohidrat 1,5g 1% AKG
  • Serat Makanan 0.7g 3%  AKG
  • Gula 0.8g
  • Protein 1.1g
  • Vitamin A 63%
  • Vitamin C 53%
  • Kalsium 5,7%
  • Besi 3,1%

Manfaat makan sawi putih

Ada banyak sekali manfaat dari sawi putih ini. Selain memberi manfaat seperti sayur lainnya sawi putih ternyata bisa membuatmu memerangi infeksi kulit dan mempercepat pertumbuhan rambut, lo!

1. Membantu membangun tulang yang kuat

Vitamin K dan Kalsium dalam sawi putih berperan penting menjaga gigi dan tulang tetap kuat. Kalsium juga membantu meningkatkan fungsi saraf sementara Vitamin K meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Secangkir sawi putih mengandung 64% Vitamin K dan 16% Kalsium.

2. Mengatasi kelelahan dan anemia

Kadar hemoglobin yang rendah dalam tubuh dapat membuatmu merasa lelah dan kurang aktif. Konsentrasi zat besi yang tinggi dalam sawi putih membantu tubuh memproduksi hemoglobin dalam darah. 

Hemoglobin memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Proses ini bisa sangat membantu untuk merevitalisasi tubuh.

Lezat! 6 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Anemia

3. Membantu mengatur tekanan darah

Sayuran ini merupakan sumber yang kaya kalium dan kalsium, yang sangat penting dalam mengurangi hipertensi. Sawi putih juga mengandung Sodium tingkat rendah yang berhubungan dengan tekanan rendah. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengurangan natrium dalam makanan dapat menurunkan tingkat tekanan darah hingga 8mm Hg.

4. Kesehatan kardiovaskular

Sayuran berdaun dan menyegarkan ini juga bagus untuk jantung. Sawi putih mengandung kemampuan menurunkan tekanan darah, yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah.

5. Penurunan berat badan

Sawi putih mengandung kalori rendah meski mengandung serat dalam jumlah besar. Sawi putih sebagai suplemen makanan dapat dikonsumsi dengan hampir semua makanan tanpa menyebabkan peningkatan kalori yang serius. 

Salah satu cara populer untuk menyiapkan sawi putih Cina ini adalah dengan membuat jus hijau yang diperkaya dengan buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan pisang.

Tips PCOS Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sawi putih merupakan sumber penting Vitamin C, yang berfungsi sebagai penguat mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan mencegah infeksi seperti pilek dan penyakit gusi.

7. Kesehatan mata

mata kedutan

Sawi putih sangat bermanfaat untuk penglihatan, karena mengandung bahan penting yang disebut beta karoten yang telah terbukti mencegah degenerasi makula (gangguan penglihatan yang terjadi pada orang lanjut usia) dan katarak.

8. Kesehatan pencernaan

Sawi putih adalah sumber serat yang kaya, yang sangat penting dalam meningkatkan pencernaan yang sehat. Konsumsi serat yang cukup juga bermanfaat dalam menghilangkan limbah yang menumpuk dari saluran pencernaan tubuh.

9. Membantu memerangi infeksi dan gangguan kulit

Sawi putih dapat membantu melawan sejumlah infeksi kulit, termasuk eksim dan jerawat karena mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang penting. 

Beberapa gangguan kulit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sawi putih ini antara lain noda, kerutan, perubahan warna kulit dan alergi kulit. Sawi putih juga membantu menyegarkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

11 Makanan Yang Mengandung Kolagen Yang Bagus Untuk Kulit

10. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Vitamin yang ditemukan dalam sawi putih seperti Vitamin C dan Vitamin E telah terbukti dapat meningkatkan dan menjaga pertumbuhan rambut yang sehat. 

Sayuran ini juga mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, yang membantu meningkatkan kadar feritin dalam tubuh. Ferritin dikenal untuk melawan kerontokan rambut yang sering terjadi.

Apakah sawi putih baik untuk diet?

Beberapa orang akhirnya kehilangan berat badan dengan konsumsi sawi putih secara teratur. Tapi apa alasan di balik ini? 

Diketahui bahwa tidak ada makanan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Jadi kunci penurunan berat badan sebenarnya adalah konsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi serat. Saat kamu mengisi makanan rendah kalori, asupan kalorimu secara keseluruhan turun, akibatnya, berat badan juga turun seiring waktu.

Bukan hanya untuk sawi putih, biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan dan sayuran dapat membantu dalam melakukan tugas yang sama. Jadi jangan hanya makan sawi putih untuk menurunkan berat badan, pilih juga makanan lain. 

Diet harus merupakan kombinasi dari semua makanan sehat yang bersama-sama memenuhi kebutuhan nutrisi. Mengonsumsi sawi putih dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kekurangan beberapa nutrisi.

Jika kamu mengonsumsi obat pengencer darah, konsumsi sawi putih yang tinggi dapat mengganggu pengobatan. Ini juga dapat memiliki beberapa efek yang tidak menyenangkan pada sistem pencernaanmu. Kamu mungkin berakhir dengan buang air besar karena diet tinggi serat.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference