makanan untuk penderita leukimia

Leukemia merupakan kanker darah, yang membuat tubuh memproduksi sel darah putih (leukosit) abnormal. Penyakit yang satu ini dapat dialami oleh orang dewasa hingga anak-anak.

Nah, selama masa pengobatan bukan hanya perlu melakukan sejumlah treatment dan pengobatan namun juga menjaga makanan yang sehat. Tapi,apa saja sih makanan untuk penderita leukemia yang baik? Berikut ulasannya.

Rekomendasi makanan untuk penderita leukimia

makanan yang mengandung antioksidan

Mengkonsumsi makanan sehat pada penderita leukimia berguna untuk membantu tubuh mengganti darah dan sel jaringan yang mengalami kerusakan selama masa pengobatan kanker, mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu penderita agar lebih berenergi hingga mengurangi komplikasi.

Berikut sejumlah makanan untuk penderita leukimia. 

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan yang satu ini juga bisa dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada berbagai hidangan makanan.

Beberapa jenis makanan yang berasal dari biji-bijian utuh yang baik untuk penderita leukimia adalah nasi merah, quinoa, soba, hingga oat. Berbagai makanan ini bisa kamu masukan dalam menu diet leukemia.

2. Protein

Makanan untuk penderita leukimia selanjutnya adalah makanan dengan kandungan protein, Pasalnya, protein berguna untuk membantu tubuh tetap kuat. Sehingga kondisi tubuh akan tetap terjaga selama masa pengobatan.

Ada banyak makanan dengan kandungan protein yang bagus dari mulai daging tanpa lemak hingga unggas dan telur. 

8 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi, Lezat dan Menyehatkan

3. Probiotik

Probiotik akan membantu bakteri sehat yang ada dalam perut untuk menangani berbagai makanan yang masuk dalam perut dengan lebih baik. Kamu bisa mendapatkan asupan probiotik dalam yogurt dan kefir. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai makanan hingga minuman yang menyegarkan. 

4. Sayuran cruciferous

Jenis sayuran yang satu ini dapat bermanfaat baik untuk penderita leukemia. Penelitian juga menemukan bahwa senyawa yang terkandung dalam sayuran cruciferous dapat memperlambat penyebaran jenis leukemia tertentu.

Beberapa jenis sayuran ini adalah

  • Brokoli
  • kubis
  • kol bunga
  • bok choy

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat seberapa efektif makanan ini dalam membantu pengobatan dan mencegah penyebaran leukemia. Tapi, kamu bisa memasukan berbagai sayuran tersebut dalam menu diet sehat kamu.

5. Makanan dengan kandungan air

Memenuhi kebutuhan cairan yang cukup sangat penting untuk penderita leukemia. Cairan ini akan membantu menunjang rutinitas harian. 

Baik pada orang yang sehat maupun sakit, cairan tubuh yang cukup akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi ini sangat penting untuk mengatur suhu tubuh, menjaga persendian, hingga menjaga fungsi organ untuk berfungsi dengan normal.

Selain itu, asupan cairan yang baik juga berguna untuk mencegah infeksi dan memberikan nutrisi ke sel darah. Ini berguna untuk meningkatkan kualitas tidur dan menjaga suasana hati. 

Selain mengkonsumsi air minum, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan air seperti buah semangka dan lainnya.

Makanan penyebab leukimia memburuk

Selain mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk penderita leukimia, ada pula beberapa makanan yang perlu kamu hindari selama masa perawatan. Ini penting untuk mencegah kondisi yang dapat memburuk karena beberapa asupan makanan yang salah.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Usus, Agar Tidak Semakin Parah

Beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari adalah:

  • Produk susu mentah
  • Daging sapi dan kerang mentah atau setelah matang
  • Jus buah yang tidak dipasteurisasi
  • Telur setengah matang.

Leukemia apakah bisa sembuh total?

Setelah mengetahui makanan untuk penderita leukimia, mungkin kamu bertanya apakah leukemia bisa sembuh total? Kemungkinan kesembuhan pada penderita leukimia ini bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal dari mulai pengobatan yang kamu lakukan, jenis leukimia, hingga stadium leukemia. 

Leukemia sendiri umumnya diobati dengan kemoterapi atau terapi radiasi. Selain itu, transplantasi sel induk juga dapat digunakan bersamaan dengan kemoterapi, terutama pada anak-anak.

Selain itu, ada pula Immunotherapy dan targeted therapies yang merupakan pengobatan yang lebih baru untuk mengatasi jenis leukemia tertentu. Penelitian juga masih dilakukan untuk melihat efektivitas terapi ini untuk mengobati kanker pada stadium awal sebelum kanker semakin berkembang.

8 Penyebab Kanker Getah Bening, Ini Gejala supaya cepat diatasi!

Itulah sejumlah ulasan mengenai makanan untuk penderita leukemia dan beberapa makanan yang perlu dihindari. Untuk mengetahui berbagai jenis makanan lain yang baik untuk penyakit ini, kamu perlu konsultasi dengan dokter untuk membantu menemukan berbagai jenis makanan terbaik untuk kondisi leukemia tersebut. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini