daya tahan tubuh adalah

Kamu mungkin sudah sering mendengar kata daya tahan tubuh. Apalagi, jika berhubungan dengan kondisi kesehatan. Tapi apa sih sebenarnya daya tahan tubuh itu? 

Daya tahan tubuh adalah alat tubuh untuk mencegah atau membatasi infeksi. Jaringan kompleks sel, organ, protein, dan jaringan yang membentuknya memungkinkannya untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, parasit, dan lainnya.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai apa itu daya tahan tubuh tersebut.

Daya tahan tubuh adalah

manfaat senam body language untuk promil olahraga

Seperti yang sudah dijelaskan, daya tahan tubuh adalah mekanisme pertahanan alami tubuh yang bekerja untuk melawan infeksi, penyakit, dan patogen. Sistem ini terdiri dari jaringan, organ, sel, dan protein yang bekerja bersama untuk mengidentifikasi dan melawan bakteri, virus, parasit, dan zat-zat asing lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. 

Daya tahan tubuh juga memiliki kemampuan untuk mengenali sel-sel yang rusak atau tidak normal dalam tubuh dan menghilangkannya. Tujuan utama dari daya tahan tubuh adalah menjaga kesehatan dan integritas tubuh dengan melawan ancaman dari lingkungan luar.

Namun, sistem kekebalan tidak selalu bekerja dengan sempurna. Terkadang, kekebalan tubuh tidak mampu melawan secara efektif misalnya karena kondisi kesehatan tertentu. Ini sebabnya menjaga daya tahan tubuh sangat penting.

7 Manfaat Hidup Sehat untuk Tubuh, Apa Saja Itu?

Tips memperkuat daya tahan tubuh

Kamu bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan beberapa tips berikut. 

1. Menjaga pola makan

Pola makan merupakan salah satu kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi. Konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Para ahli percaya bahwa tubuh akan lebih efisien menyerap vitamin dari sumber makanan daripada suplemen, cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan seimbang.

2. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot dan membantu meredakan stres tapi juga menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

3. Minum cukup air

Air memiliki banyak peran penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Air penting karena darah dan getah bening, yang memiliki sel-sel kekebalan di dalamnya, memerlukan air agar dapat mengalir dan beredar di seluruh tubuh.

Tak Disangka-sangka, Ini 10 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat

4. Cukup tidur

Tidur mungkin tidak terasa seperti proses aktif, tetapi ada banyak hal penting yang terjadi di dalam tubuh saat kamu tidak terjaga. Tidur yang cukup akan sangat membantu menjaga daya tahan tubuh yang baik, tubuh juga lebih segar ketika kamu cukup tidur. 

Makanan penguat daya tahan tubuh

berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat

Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini.

1. Ikan berlemak

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak omega-3 dapat menjaga daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkan kandungan tersebut dengan mengkonsumsi ikan berlemak. Berikut beberapa jenis ikan tersebut:

  • Tuna Albacore.
  • Ikan Sarden.
  • Ikan Mackerel.
  • Salmon.

2. Buah jeruk

Vitamin C, yang dapat mencegah atau memperpendek infeksi dengan mempromosikan fungsi sel kekebalan. Kamu bisa konsumsi buah jeruk untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun bukan hanya itu, bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kamu bisa tambahkan bawang putih dalam makanan yang kamu buat. Selain menambah aroma dan citarasa, bawang putih juga menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan sistem imun.

4. Jahe

Jahe mengandung vitamin C, magnesium, dan kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, mungkin yang paling umum dikenal sebagai makanan yang dapat membantu mengatasi mual, tetapi jahe juga memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh.

5. Kunyit

Rempah yang satu ini terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antivirus. Hal ini disebabkan oleh tingkat kurkumin kunyit yang membantu mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas.

6. Brokoli

Sayuran berbatang yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E, dan memiliki kandungan serat yang melimpah. Brokoli sendiri memiliki kandungan senyawa sulfur yang membantu dalam produksi glutathione.

Penelitian menunjukkan bahwa glutathione berfungsi sebagai antioksidan, menyerang radikal bebas, hingga dapat mengurangi kerusakan pada sistem kekebalan.

7. Paprika

Paprika juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ini menjadikannya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Coba masukkan paprika ke dalam salad atau masakan lainnya.

8. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan dikenal sebagai sayuran pemberantas infeksi. Apalagi, bayam juga mengandung folat yang menurut penelitian dapat membantu memperkuat sistem kekebalan.

Itulah ulasan mengenai apa itu daya tahan tubuh hingga makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik, deh.

 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference