cara menghilangkan benjolan di selangkangan

Munculnya benjolan di selangkangan memang bikin khawatir. Penyebab munculnya benjolan ini juga bisa disebabkan banyak kemungkinan yakni infeksi, hernia, tumor non kanker, pembuluh darah bengkak, infeksi menular seksual hingga kista. Lantas, bagaimana cara menghilangkan benjolan di selangkangan.

Yuk, simak langsung ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya!

Apakah benjolan di selangkangan bisa hilang sendiri? 

benjolan di mulut rahim

Beberapa orang mungkin membiarkan benjolan di selangkangan karena berpikir dapat hilang sendiri, namun benarkah demikian? Hal ini tentu tergantung pada penyebabnya.

Namun, baiknya benjolan di selangkangan memang harus diobati atau diperiksakan ke dokter. Jika tidak diobati hal ini dapat menimbulkan komplikasi, terutama jika benjolan disebabkan oleh hernia. 

Bahkan, untuk hernia yang tidak diobati dengan benar juga dapat menyebabkan kondisi darurat medis yang dapat sebabkan kematian jaringan usus.  Sedangkan, jika benjolan di selangkangan ternyata disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia dapat menyebabkan kemandulan.

Bukan hanya itu, infeksi seperti sifilis juga bisa sebabkan kelumpuhan, kebutaan hingga demensia pada penderitanya. Semua jenis IMS memerlukan pengobatan yang tepat sehingga penyakit tidak menyebar kepada orang lain.

Lalu, untuk benjolan di selangkangan yang disebabkan infeksi cacar monyet dapat menyebabkan kondisi yang lebih parah jika tidak diobati. Apalagi, jika kamu memiliki kekebalan tubuh yang lemah. 

Jadi, sebaiknya kamu jangan diamkan benjolan tersebut dengan harapan akan hilang sendiri. Lebih baik konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan cara mengobatinya.

Benjolan di Mulut Rahim, Berbahaya atau Tidak?

Bagaimana cara menghilangkan benjolan di selangkangan secara alami? 

cara menghilangkan benjolan di selangkangan secara alami
Cara menghilangkan benjolan di selangkangan secara alami

Jika kamu masih enggan atau takut untuk memeriksakan benjolan yang muncul di selangkangan, kamu bisa mencoba cara menghilangkan benjolan di selangkangan secara alami terlebih dahulu.

Seperti cara alami mengatasi vagina becek pada miss v, kamu bisa mengikuti langkah alami berikut. 

1. Kompres hangat dan dingin

Kompres air hangat dan juga air dingin dapat meredakan bengkak atau benjolan pada selangkangan. Terutama jika benjolan ini disebabkan oleh infeksi atau trauma. Selain itu, kompres hangat dan dingin juga dapat membantu mengurangi sakit yang juga muncul pada benjolan tersebut.

2. Kurangi aktivitas berat

Untuk sementara waktu, kamu juga bisa mengurangi aktivitas terlalu berat yang dapat membuat selangkangan lebih sakit atau merasa tidak nyaman. 

10 Penyebab Benjolan di Miss V Sebelah Kanan, Ini Cara Mengatasinya!

3. Penuhi asupan cairan

Jika benjolan pada selangkangan kamu ternyata disebabkan oleh infeksi, maka meningkatkan asupan cairan sangat penting. Ini supaya tubuh tetap terhidrasi dan menjaga tubuh supaya lebih kuat untuk melawan infeksi apalagi jika kamu juga mengalami demam.

4. Jangan mengurut benjolan

Tidak sedikit orang menganggap bahwa mengurut benjolan dapat membuat benjolan menjadi lebih kecil. padahal hal ini keliru, mengurut benjolan malah bisa bikin banyak risiko kesehatan. Apalagi, jika penyebab benjolan belum diketahui. Hal ini justru bisa memperparah kondisi tersebut.

5. Cukup istirahat

Hentikan berbagai aktivitas berat terlebih dahulu dan perbanyak istirahat. Ini baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sehingga kondisi tubuh tetap fit untuk melawan penyebab dari benjolan tersebut.

6. Konsumsi makanan sehat

Nutrisi yang baik dengan makanan seimbang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan berbagai penyakit lainnya dalam tubuh. Sehingga, kondisi tubuh dapat membaik ketika benjolan dan gejala yang menyertainya muncul.

Buat Tak Nyaman, Ini Cara Alami Mengatasi Becek pada Miss V

Cara mencegah munculnya benjolan di selangkangan

Cara mencegah munculnya benjolan di selangkangan
Cara mencegah munculnya benjolan di selangkangan

Sebagian besar benjolan di selangkangan muncul secara tiba-tiba dan sulit untuk dicegah. Namun, kamu bisa melakukan sejumlah pencegahan untuk menghindari risiko benjolan pada selangkangan.

Untuk benjolan yang disebabkan oleh hernia, kamu bisa mengurangi risiko tersebut dengan menghindari mengangkat barang berat, hindari mengejan ketika buang air besar serta jaga berat badan yang sehat. 

Sedangkan untuk benjolan di selangkangan yang disebabkan oleh cacar monyet, kamu bisa mencegahnya dengan cara melakukan vaksin cacar terutama untuk orang dengan risiko cacat monyet yang lebih tinggi. 

Lalu, untuk benjolan di selangkangan yang disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) cara pencegahannya adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seksual dan hindari bergonta-ganti pasangan seks.

Share artikel ini
Reference