manfaat hidup sehat

Ada banyak hal yang berkontribusi pada gaya hidup yang sehat, seperti olahraga, makanan, persahabatan, dan kondisi mental. Selain itu, gaya hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati seseorang, bahkan memperpanjang harapan hidup. 

Hidup sehat sendiri adalah tindakan untuk melakukan kebiasaan yang berdampak positif terhadap kesehatan. Orang yang menjalani hidup sehat tidak merokok dan tidak tidur begadang. Ia juga akan melakukan olahraga secara teratur dan tidur yang cukup.

Menerapkan hidup sehat memang tidak mudah. Terkadang rasa malas yang timbul bisa membuat kamu malas berolahraga. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu hidup sehat dan manfaat hidup sehat.

Manfaat hidup sehat

Memiliki gaya hidup yang seimbang mengarah pada tubuh dan pikiran yang sehat. Hal ini dapat memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.

Meningkatkan kesehatan mental

Olahraga bisa melepaskan endorfin yang mengurangi stres. Endorfin bisa membuat kamu merasa lebih baik. Makan makanan yang sehat juga baik untuk kesehatan mental dan mengurangi kemungkinan depresi. Asupan yang tepat membuat otak kamu berfungsi dengan lebih optimal.

Baca juga: Apa itu Kesehatan Mental? Begini Gejala dan Cara Menjaganya!

Meningkatkan energi dan produktivitas

Gaya hidup yang sehat akan mendukung tubuh memiliki kinerja yang optimal. Peningkatan energi akan membuat kamu merasa lebih mampu menyelesaikan tugas sehari-hari. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh (endurance).

Mengurangi risiko penyakit

Manfaat hidup sehat selanjutnya tentu saja mengurangi risiko penyakit. Hidup sehat akan mengurangi risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes, masalah jantung, sindrom metabolik, radang sendi, dan masih banyak lagi. 

Bisa menghemat uang

Siapa sangka hidup sehat juga menjadi gaya hidup yang lebih hemat, lho. Jika kamu hidup sehat, kamu bisa menghemat uang dengan makan lebih sedikit junk food. Selain itu, alih-alih kamu membeli minuman dengan banyak pemanis, kamu bisa lebih hemat dengan minum air putih yang lebih sehat. Mengurnagi asupannya dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Mengendalikan berat badan

sirtfood diet

Manfaat hidup sehat selanjutnya juga dapat mendukung kamu yang ingin diet. Makan dengan benar dan berolahraga secara teratur bisa menghindari kelebihan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. 

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang rendah kalori, namun tinggi zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Imbangi pula dengan olahraga yang tepat sehingga badan tetap bugar.

Baca juga: Macam-Macam Diet, Mana yang Ingin Kamu Coba?

Meningkatkan mood

Suasana hati sedang moody? Menjalani hidup sehat dengan aktivitas fisik bisa jadi solusinya, lho.  Ketika melakukan aktivitas fisik, endorfin akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan rileks. Olahraga berkaitan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Meningkatkan harapan hidup

Terkahir, manfaat hidup sehat juga bisa meningkatkan harapan hidup, alias berumur panjang. Jika kamu memiliki kebiasaan hidup yang sehat, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk hidup lebih lama. 

Dengan menjalani hidup sehat sejak dini, peluang hidup sehat di masa tua bisa lebih tinggi. Yuk, mulai jalani hidup sehat sedari dini.

Baca juga: Tetap Sehat dengan Konsumsi 11 Makanan Rendah Kalori Ini!

Langkah-langkah untuk meningkatkan harapan hidup

Beberapa langkah untuk memperoleh manfaat hidup sehat, antara lain:

Minum cukup air putih

minum air putih untuk manfaat hidup sehat

Minum air putih yang cukup setiap hari penting bagi tubuh kita untuk bekerja dengan baik. Air diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh, membuang racun, dan mengangkut oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh.

Tidur yang cukup

Untuk mendapatkan manfaat hidup sehat, kamu juga perlu tidur dalam waktu yang cukup. Kalau kamu tidak cukup tidur, kamu akan cenderung makan lebih banyak, dan biasanya hanya makanan cepat saji.

Melakukan olahraga

Lakukan olahraga secara teratur. Menggerakan tubuh selama 30 menit dalam sehari bisa menurunkan risiko terkena penyakit, meningkatkan kepadatan tulang, dan meningkatkan rentang hidup dan manfaat hidup sehat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran

Semua buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral. Keduanya merupakan komponen penting bagi kesehatan tubuh.

Kurangi makanan olahan

Bahaya Junk Food untuk Kesehatan

Makanan olahan sama sekali tidak baik bagi tubuh. Pada pembuatan makanan olahan, sebagian besar nilai gizinya akan hilang. Biasanya, makanan olahan juga ditambahkan pengawet yang buruk bagi kesehatan.

Makanan ini juga mengandung banyak garam sehingga dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung.

Baca juga: Catat! Ini 6 Bahaya Junk Food bagi Kesehatan!

Hindari orang-orang yang negatif

Kunci untuk mendapatkan manfaat hidup sehat tak hanya diperoleh secara  fisik saja. Kamu juga perlu menjaga kesehatan mental kamu. Salah satu kunci hidup sehat adalah mentalitas yang positif. Jadi, hindari orang-orang negatif dalam hidup. 

Buang semua pikiran negatif

Buang semua pikiran negatif untuk memperoleh manfaat hidup sehat. Ketika seseorang merasa tidak bahagia, ia akan lebih cenderung makan berlebihan. Sebaliknya, jika kamu merasa bahagia, kamu bisa menghilangkan ketergantungan pada makanan yang tidak sehat.

Hentikan kebiasaan merokok

Jika kamu seorang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan ini demi kesehatan, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk teman dan keluarga. Untuk camilan, sebaiknya konsumsi buah, salad, atau jus segar. Sebab, camilan seperti ini bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

Gaya hidup sehat memungkinkan kamu merasakan hari yang lebih baik dalam hidup. Mengganti kebiasaan yang buruk dengan kebiasaan yang sehat akan membantumu meningkatkan kesejahteraan.

Share artikel ini
Reference