Ada banyak jenis suplemen yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah calfera. Nah, kamu mungkin penasaran sebenarnya calfera ini obat apa dan apa manfaatnya? Yuk kenalan lebih jauh calfera obat apa, mulai dari kandungan, manfaat, efek samping, dosis, hingga indikasinya!

Calfera obat apa?

Calfera bisa menjadi sumber untuk memenuhi asupan nutrisi harian ibu hamil karena kandungan nutrisinya dapat membantu pertumbuhan janin. Selain ibu hamil, calfera juga dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui dan juga lansia sebagai sumber zat besi dan kalsium tambahan. Penderita anemia pun bisa mengonsumsi obat ini sebagai penambah darah.

Suplemen ini termasuk ke dalam jenis obat yang dijual bebas sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek tanpa perlu menggunakan resep dari dokter. Ada tiga jenis kandungan utama dari suplemen ini, yaitu asam folat, zat besi, dan kalsium. Obat ini hadir dalam bentuk tablet dan setiap 1 strip ada 10 tablet.

Apa Itu Obat Ermethasone? Cari Tahu Dosis dan Keamanannya untuk Ibu Hamil

Apa saja kandungannya?

Suplemen ini menjadi salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil, ibu menyusui, lansia, dan juga penderita anemia karena obat ini mengandung beberapa jenis nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut kandungan calfera:

  1. Asam folat
  2. Zat besi
  3. Kalsium
  4. Vitamin B1
  5. Vitamin B2
  6. Vitamin B3
  7. Vitamin B5
  8. Vitamin B6
  9. Vitamin B12
  10. Vitamin C
  11. Mangan sulfat
  12. Sarbitol
  13. Ferro Glukonat

Manfaat obat calfera

Ada beberapa manfaat obat calfera yang baik untuk tubuh. Manfaat obat ini tidak terbatas khusus untuk ibu hamil, tetapi semua orang yang butuh asupan nutrisi tambahan. Lalu, apa saja manfaat obat calfera?

Calfera bermanfaat untuk ibu hamil karena mengandung asam folat. Asam folat sendiri adalah bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 yang dapat membantu pembentukan sel dan organ pada janin. Zat ini juga dapat mencegah keguguran.

Setelah melahirkan, seorang ibu bisa mengonsumsi calfera selama masa nifas. Masa nifas adalah masa saat seorang ibu kehilangan banyak sel darah merah sehingga tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Kandungan zat besi dan vitamin dalam calfera dapat membantu menambah darah.

Manfaat obat calfera lainnya adalah sebagai suplemen tambahan untuk lansia. Kandungan kalsium dan zat besi dalam obat ini mampu untuk membantu menguatkan tulang lansia yang biasanya sudah rapuh. Zat besi dalam calfera juga baik untuk penderita anemia.

Efek samping yang perlu diwaspadai

calfera obat apa ini cara kerjanya

Setelah mengetahui calfera obat apa, kamu juga perlu mengenali efek samping mengonsumsi suplemen ini. Konsumsi calfera tanpa dosis yang benar atau justru kelebihan dosis akan memicu beberapa efek samping.

Efek samping yang ditimbulkan dapat mengganggu kesehatan tubuh, bahkan dalam jangka panjang. Berikut efek samping calfera yang perlu kamu waspadai:

  1. Alergi
  2. Perut kembung
  3. Mual
  4. Gangguan pencernaan
  5. Ruam pada kulit

Ada beberapa kondisi tertentu saat kamu tidak boleh mengonsumsi calfera. Hindari mengonsumsi suplemen ini jika kamu:

  1. Menderita anemia yang penyebabnya bukan karena kekurangan zat besi
  2. Hipersensitif terhadap kandungan yang ada di dalam obat
  3. Pernah menjalani transfusi darah berkali-kali

Berdasarkan penjelasan di atas, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu dan menjelaskan tentang riwayat medis atau kondisi yang kamu miliki.

Dosis atau aturan pakai

Baik untuk ibu hamil, lansia, dan ibu menyusui, dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet untuk 1 kali sehari. Dosis penderita anemia juga sama, 1 tablet 1 kali sehari. Pastikan untuk tidak mengonsumsi obat ini melebihi dosis ya, Yoonies.

Omeprazole Untuk Ibu Hamil, Apakah Aman?

Indikasi penyakit yang perlu calfera

Indikasi umum calfera adalah suplemen tambahan untuk ibu hamil. Kandungan asam folatnya yang cukup tinggi dapat membantu pertumbuhan janin. Calfera juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah melahirkan.

Indikasi khusus calfera, yaitu sebagai suplemen tambahan bagi lansia untuk membantu menguatkan tulang, penderita anemia untuk menambah sel darah merah, dan ibu menyusui untuk membantu melancarkan ASI. Obat ini ternyata juga bisa dikonsumsi untuk membantu mempercepat pemulihan pasca sakit lho, Yoonies.

Nah, kamu sekarang sudah mengetahui seperti calfera obat apa, mulai dari kandungan, manfaat, efek samping, dosis, dan juga indikasinya. Suplemen memang mampu membantu menjaga kesehatan dan mencukupi nutrisi harian tubuh. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan gaya hidup yang sehat dan seimbang, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference