minum asam folat saat haid

Asam folat merupakan bentuk vitamin B9. Itu artinya, meminum asam folat saat haid dapat membantu tubuhmu lebih rileks. Namun, hal ini tidak terlalu bekerja pada masa haid yang berat.

Meminum asam folat saat haid juga dapat mencegah anovulasi, membantu agar haid lebih teratur, serta mencegah komplikasi terkait kehamilan seperti spina bifida, cacat bawaan yang parah. Asam ini juga bermanfaat dalam depresi, stroke, penurunan memori, dan kognisi.

Kamu bisa mendapatkan asam folat dari makanan sederhana. Misalnya, sayuran berdaun, okra, dan asparagus. Selain itu, asam folat dapat ditemukan di kacang-kacangan, beberapa ragi nutrisi, dan jamur. 

Pengaruh dan manfaat asam folat saat haid

Suplemen asam folat tidak akan meredakan haid yang berat. Masalah dengan haid yang berat bisa menjadi indikasi tubuhmu mengalami anemia. Anemia terjadi ketika kamu tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke jaringan tubuh.

Ada banyak jenis dan gejala anemia. Beberapa jenis terkait dengan kekurangan vitamin. Namun jenis anemia yang umum terjadi pada haid berat adalah anemia defisiensi besi. Periode yang berat menyebabkan kehilangan darah dalam waktu yang lama. 

Akibatnya, simpanan zat besi tubuhmu akan berkurang bahkan habis. Anemia defisiensi besi bisa membuat kamu merasa lelah sepanjang waktu, lemah, pusing atau sesak napas, di antara tanda dan gejala lainnya.

Asam folat dan ketidakteraturan haid

Para ilmuwan telah berulang kali menunjukkan bahwa asupan asam folat berperan dalam mengatur panjang siklus haid. Meningkatkan kadar folat yang bersirkulasi menggunakan vitamin dengan asam folat di dalamnya menstabilkan siklus haid, menurut laporan Oktober 2015 di Annals of Epidemiology. 

Laporan tersebut menyatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi asam folat tidak mungkin memiliki siklus pendek, sebaliknya cenderung memiliki siklus panjang. Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat memiliki manfaat bagi perempuan yang mengonsumsinya selama fase haid dalam hidup mereka.

Tetapi, perempuan dengan siklus haid pendek tetap berisiko mengalami gangguan haid seperti endometriosis, menurut review Maret 2016 di jurnal Medicine. Juga, perempuan dengan siklus pendek cenderung tidak hamil, bahkan dengan bantuan perawatan kesuburan.

Minum Susu Saat Haid Bikin Makin Deras? Yuk Cek Faktanya!

Asam Folat dan Kesuburan

Sebuah artikel di jurnal Aging Cell menyatakan bahwa, perempuan lanjut usia memiliki siklus haid yang tidak teratur, suatu perubahan yang menurunkan kesuburan mereka. Mengambil asam folat tampaknya memperpanjang masa kesuburan mereka, menurut laporan Januari 2016 di European Journal of Clinical Nutrition.

Asam folat juga memiliki manfaat untuk kesehatan bayi. Tinjauan November 2016 di PLOS One menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat tepat sebelum dan segera setelah hamil dapat mengurangi resiko anak autis. 

Apa Itu Penyakit Autisme? Yuk, Kenali Cirinya Sedini Mungkin!

Namun, perempuan harus berhenti mengonsumsi asam folat setelah 12 minggu kehamilan. Penggunaan yang terlambat seperti itu dapat membuat bayi yang belum lahir berisiko terkena asma.

Waktu terbaik minum asam folat

Jika kamu telah diresepkan asam folat, ikuti petunjuk dokter tentang bagaimana dan kapan meminumnya. Tapi, jika kamu membeli asam folat dari apotek atau toko, ikuti petunjuk yang disertakan dengan obatnya.

Berapa banyak asam folat yang kamu konsumsi dan berapa lama meminumnya tergantung pada mengapa kamu membutuhkannya. Kamu bisa mengonsumsi asam folat dengan atau tanpa makanan. Telan tablet utuh dengan segelas air.

Jika kamu mengonsumsi asam folat sebagai cairan, ia akan dilengkapi dengan jarum suntik atau sendok plastik untuk membantumu mengukur dosis yang tepat. Jika tidak memilikinya, tanyakan pada apoteker. Jangan gunakan sendok teh dapur karena tidak akan mengukur jumlah yang tepat.

Lupa atau terlewatkan 1 atau 2 dosis mungkin tidak masalah. Tetapi jika kamu terus lupa mengonsumsi asam folat, atau tidak mau meminumnya, bicarakan dengan dokter.

Dosis untuk mengobati anemia defisiensi folat

Untuk mengobati anemia, dosis biasa untuk orang dewasa dan anak di atas 1 tahun adalah 5mg, diminum sekali sehari. Terkadang dokter dapat meningkatkan dosis menjadi 15mg sehari.

Jika anakmu berusia di bawah 12 bulan, dokter akan menggunakan berat badan anak untuk menentukan dosis yang tepat.

Kamu biasanya akan meminumnya selama 4 bulan. Tetapi jika anemia defisiensi folat disebabkan oleh masalah jangka panjang, kamu mungkin harus mengonsumsi asam folat lebih lama, mungkin seumur hidup. Jangan berhenti mengonsumsi asam folat tanpa berbicara dengan dokter.

Anemia Defisiensi Besi pada Anak Bisa Memengaruhi Fungsi Otak, lho!

Dosis untuk mencegah anemia defisiensi folat

Untuk mencegah anemia, dosis biasa untuk dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas adalah 5mg, diminum setiap 1 sampai 7 hari. Dosis ini juga dapat bervariasi tergantung pada usia, pola makan, dan kondisi kesehatan lain yang kamu miliki.

Untuk anak di bawah 12 tahun, dokter akan menggunakan usia atau berat badan anak untuk menentukan dosis yang tepat.

Dosis sebelum dan selama awal kehamilan

Dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat saat sedang hamil (idealnya selama 3 bulan sebelumnya) dan selama 12 minggu pertama kehamilan. Dosis biasa jika kamu sedang mencoba untuk hamil dan selama 12 minggu pertama kehamilan adalah 400 mikrogram, diminum sekali sehari.

Dokter atau bidan mungkin menyarankan untuk mengonsumsi asam folat selama kehamilan, terutama jika kamu berisiko mengalami anemia atau anemia. Jika kamu memiliki peluang lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, dokter akan merekomendasikan peningkatan dosis 5mg, diminum sekali sehari.

Share artikel ini
Reference