clixid obat apa

Gangguan kesehatan yang paling sering orang alami adalah gangguan kesehatan pada perut, mulai dari kram, mag, sembelit, hingga GERD. Nah, salah satu obat yang bisa mengatasi rasa tak nyaman pada perut adalah clixid. Clixid obat apa dan apa saja manfaatnya, ya?

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang clixid obat apa mulai dari manfaat, efek samping, dosis, cara kerja, hingga indikasinya di artikel ini, Yoonies!

Clixid obat apa?

Saat dokter merekomendasikan obat ini, kamu mungkin penasaran sebenarnya clixid obat apa, ya? Clixid adalah obat resep yang mengandung clidinium dan chlordiazepoxide. Clidinium mengurangi gejala kram, sedangkan chlordiazepoxide mengurangi kecemasan dan memberikan efek menenangkan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah obat ini tergolong ke dalam kategori obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Ini berarti bahwa clixid bukan jenis obat bebas yang bisa langsung dibeli di apotek.

Manfaat obat clixid

Ada beberapa manfaat obat clixid untuk tubuh. Manfaat yang paling umum adalah mengurangi kram perut. Kombinasi chlordiazepoxide, clidinium, dan kandungan lain dapat mengobati masalah perut atau usus, termasuk tukak lambung, sindrom iritasi usus besar, dan enterokolitis (radang usus besar dan usus kecil).

Clidinium adalah agen antikolinergik yang dapat mengurangi tingginya asam lambung dan meredakan kejang usus. Chlordiazepoxide adalah benzodiazepin, kelompok obat depresan yang memberikan efek menenangkan.

Almacon Obat Apa? Cek Manfaat dan Cara Kerjanya untuk Asam Lambung!

Efek samping yang perlu diwaspadai

Obat bebas mempunyai beberapa efek samping, apalagi obat yang tergolong keras seperti clixid. Clixid merupakan jenis obat yang hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter.

Jika kamu mengonsumsi obat clixid tanpa saran dari dokter, kamu akan mengalami beberapa efek samping berikut:

  1. Pusing
  2. Mengantuk
  3. Lemas
  4. Penglihatan kabur
  5. Mata kering
  6. Mulut kering
  7. Mual
  8. Sembelit
  9. Perut kembung

Selain itu, berikut beberapa efek samping serius yang bisa muncul setelah mengonsumsi clixid:

  1. Merasa akan pingsan
  2. Kulit kering
  3. Depresi
  4. Penurunan gairah seksual
  5. Sulit berkemih
  6. Gangguan fungsi hati

Berapa Lama Masa Infeksi HIV? Inilah Fakta yang Perlu Kamu Tahu!

Dosis atau aturan pakai clixid

Setelah mengetahui clixid obat apa, kamu mungkin penasaran dengan aturan minumnya. Dosis clixid hanya berhak ditentukan oleh dokter dengan resep dan bisa berbeda untuk tiap orang tergantung kondisi kesehatan. Clixid untuk orang dewasa biasanya 1-2 tablet 3-4 kali sehari (30-60 menit sebelum makan dan sebelum tidur).

Obat clixid juga merupakan obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan harus ditelan secara utuh. Kamu tidak disarankan untuk membelah atau mengunyah obat ini karena efektivitasnya pada penyakit yang kamu derita bisa berkurang sehingga gejalanya sulit berkurang.

Bagaimana cara kerjanya?

clixid obat apa ini manfaat dan cara kerjanya

Kandungan berbeda dalam obat clixid membuat obat ini bekerja dengan dua cara. Kandungan clidinium memperlambat gerakan alami usus dengan mengendurkan otot-otot di perut dan usus. Clidinium termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai antikolinergik atau antispasmodik.

Selain clidinium, clixid juga mengandung chlordiazepoxide yang mengurangi kecemasan dengan bekerja pada saraf dan otak untuk memberikan efek tenang pada orang yang mengonsumsinya. Inilah alasan seseorang bisa merasa santai dan tenang setelah mengonsumsi clixid.

Indikasi penyakit yang perlu menggunakan clixid

Clixid hanya diperuntukkan untuk orang dewasa yang mengalami gejala gangguan kesehatan sesuai dengan indikasinya. Obat ini bukan untuk anak-anak sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Berikut beberapa indikasi clixid:

  1. Kram perut
  2. Meredakan kecemasan
  3. Tukak lambung
  4. Radang saluran pencernaan atau usus (enterocolitis)
  5. Irritable bowel syndrome

Kamu tidak boleh mengonsumsi clixid jika memiliki beberapa kondisi berikut:

  1. Alergi terhadap clidinium atau chlordiazepoxide
  2. Riwayat glaukoma
  3. Masalah buang air kecil karena saluran kemih tersumbat
  4. Kolitis ulserativa
  5. Tiroid yang terlalu aktif
  6. Tekanan darah tinggi
  7. Penyakit jantung
  8. Penyakit pernapasan

Guanistrep Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Samping!

Itulah penjelasan lengkap tentang clixid obat apa, mulai dari manfaat, efek samping, dosis, cara kerja, hingga indikasinya. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter sehingga jangan pernah mengonsumsinya secara sembarangan ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference