kelenjar getah bening di ketiak

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuhmu. Mereka bertindak sebagai filter, menghilangkan zat yang berpotensi berbahaya dari tubuh. Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak mungkin merupakan tanda infeksi atau cedera.

Kemungkinan penyebab pembengkakan kelenjar getah bening berkisar pada tingkat keparahan dari infeksi umum yang biasanya sembuh sendiri hingga kondisi yang lebih serius, seperti limfoma. Ketika seseorang mengalami infeksi atau cedera, kelenjar getah bening membengkak saat mereka mulai menyaring sel-sel yang tidak diinginkan dari getah bening.

Saat kelenjar getah bening mulai bekerja lebih keras untuk membuang limbah, mereka bisa membesar. Pembesaran ini lebih sering terjadi di area tubuh tertentu, termasuk leher, ketiak, dan selangkangan.

Pembengkakan kelenjar getah bening mungkin terasa nyeri saat disentuh. Dalam beberapa kasus, pembengkakan akan terlihat membesar di bawah kulit, tetapi dalam kasus lain, pembengkakan akan lebih kecil atau lebih dalam di tubuh dan hanya terdeteksi saat menyentuh area tersebut.

Penyebab kelenjar getah bening di ketiak

Kelenjar getah bening adalah kelompok sel kecil, bulat atau berbentuk kacang. Di dalam kelenjar getah bening adalah kombinasi dari berbagai jenis sel sistem kekebalan. Sel-sel khusus ini menyaring cairan limfatik saat mengalir melalui tubuhmu dan melindungi kamu dengan menghancurkan ‘penyerbu’.

Kelenjar getah bening terletak dalam kelompok, dan setiap kelompok mengalirkan area tertentu dari tubuh. Kamu mungkin lebih mungkin melihat pembengkakan di area tertentu, seperti di kelenjar getah bening di leher, di bawah dagu, di ketiak, dan di selangkangan. Lokasi pembengkakan kelenjar getah bening dapat membantu mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya.

Penyebab paling umum dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi, terutama infeksi virus, seperti flu biasa. Kemungkinan penyebab lain dari pembengkakan kelenjar getah bening meliputi:

  1. Campak .
  2. Demam cakaran kucing — infeksi bakteri dari cakaran atau gigitan kucing.
  3. Gangguan sistem kekebalan tubuh
  4. Gigi yang terinfeksi (abses).
  5. Human immunodeficiency virus (HIV) — virus yang menyebabkan AIDS.
  6. Infeksi menular seksual tertentu, seperti sifilis.
  7. Infeksi kulit atau luka, seperti selulitis.
  8. Limfoma — kanker yang berasal dari sistem limfatik Anda.
  9. Leukemia — kanker jaringan pembentuk darah tubuh Anda, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik Anda.
  10. Lupus — penyakit peradangan kronis yang menyerang persendian, kulit, ginjal, sel darah, jantung, dan paru-paru.
  11. Rheumatoid arthritis – penyakit peradangan kronis yang menargetkan jaringan yang melapisi sendi Anda (sinovium).
  12. Toksoplasmosis — infeksi parasit akibat kontak dengan kotoran kucing yang terinfeksi atau makan daging yang kurang matang.
  13. Penyebab lain yang mungkin tetapi jarang termasuk obat-obatan tertentu, seperti obat anti-kejang fenitoin (Dilantin) dan obat pencegahan malaria.

Jika infeksi adalah penyebab pembengkakan kelenjar getah bening dan tidak diobati, maka abses dapat terbentuk. Abses adalah kumpulan nanah yang terlokalisasi yang disebabkan oleh infeksi. Nanah mengandung cairan, sel darah putih, jaringan mati, dan bakteri atau penyerbu lainnya. So, segera temui dokter untuk perawatan tepat.

Ciri-ciri kelenjar getah bening di ketiak

benjolan di ketiakkanan sakit bila ditekan
benjolan di ketiakkanan sakit bila ditekan

Gejala pembengkakan kelenjar getah bening sangat bervariasi, terlepas di mana ia membengkak. Kadang-kadang, pembengkakan kelenjar getah bening bisa sangat terasa dan nyeri. 

Tanda dan gejala lain yang berhubungan dengan penyakit yang menyertai pembengkakan kelenjar getah bening mungkin lebih signifikan dan relevan daripada pembengkakan kelenjar getah saja. Tanda dan gejala kondisi medis yang lebih serius yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening dapat meliputi:

  1. Bercak merah lokal pada kulit di atas kelenjar getah bening
  2. Benjolan keras atau massa teras di bawah kulit di area kelenjar getah bening yang membengkak
  3. Demam
  4. Kehilangan selera makan
  5. Keringat malam
  6. Penurunan berat badan
  7. Sakit perut
  8. Pembengkakan beberapa kelenjar getah bening atau hanya satu yang membebani
  9. Sakit tenggorokan atau pilek
  10. Infeksi lokal (sakit gigi, sakit tenggorokan)

Cara menghilangkan kelenjar getah bening di ketiak

Belum ada pengobatan khusus untuk pembengkakan kelenjar getah bening. Namun penyebab yang dapat menyebabkan resolusi dari pembengkakan kelenjar getah bening, perlu diobati.

Jika kelenjar getah bening yang membesar menyebabkan ketidaknyamanan lokal, pengobatan rumahan yang dapat kamu lakukan ialah mengompres dengan air hangat dan basah untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

Kamu juga dapat mencoba obat berikut:

  • Pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan acetaminophen (Tylenol) dapat digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Resep obat kortikosteroid seperti Prednison, Medrol atau Decadron juga dapat digunakan untuk pembengkakan.
  • Infeksi virus dapat diobati dengan obat antivirus.
  • Infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik.
  • Perawatan untuk kanker dapat terdiri dari kemoterapi , radiasi , atau pembedahan.
  • Obat untuk mengobati gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis atau lupus dapat diresepkan.
Share artikel ini
Reference