makanan untuk penderita gerd

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi ketika ada gangguan pada otot di ujung esofagus. Saat kamu terkena GERD, kamu akan merasakan rasa panas di dada, karena asam lambung kembali ke kerongkongan.

Penyakit GERD sering disalah artikan sebagai sakit maag atau asam lambung. Meski gejalanya mirip, gastritis dan GERD adalah dua kondisi yang berbeda. Penyakit GERD atau refluks asam lambung cenderung lebih parah dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Sekitar 20% populasi memiliki penyakit gastroesophageal reflux (GERD), kondisi refluks asam kronis yang didiagnosa oleh dokter. Oleh sebab itu, makanan untuk penderita GERD pun tidak sembarangan. Ketahui juga berbagai makanan yang sebaiknya dihindari jika kamu memiliki GERD agar tidak memperparah kondisi.

Makanan yang membantu meredakan gerd

Berikut berbagai makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk membantu mengurangi GERD, antara lain:

1. Yoghurt

Yogurt adalah sumber bakteri baik yang membantu pencernaan. Yogurt juga bisa dicampur dengan air untuk minuman yang ringan dan menyegarkan. Tambahkan jintan panggang dan garam hitam untuk hasil terbaik. Alternatifnya, bisa dibuat menjadi smoothie yang dipadukan dengan apel.

Yogurt Rendah Lemak, Asupan Bernutrisi untuk Diet

2. Teh herbal

Teh herbal dibuat dengan ekstrak dari tumbuhan yang memiliki banyak khasiat obat. Dikemas dengan antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi, teh herbal membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan nyeri akibat masalah perut. Beberapa teh herbal yang populer termasuk teh jahe, peppermint, chamomile dan lemon.

3. Oatmeal

Makanan untuk penderita gerd selanjutnya adalah oatmeal. Menu sarapan favorit bagi orang yang sedang diet ini mengandung serat yang tinggi, yang dapat menunjang kinerja sistem pencernaan. Diet tinggi serat diyakini dapat menurunkan tingkat keasaman di lambung.

4. Daging tanpa lemak dan makanan laut

Pastikan bebas lemak, dan perhatikan pengolahannya menggunakan minyak goreng yang dapat membentuk lemak trans pada makanan. Solusinya, Anda bisa mengolah daging dengan cara lain, misalnya dengan merebus atau memanggangnya.

Makanan yang memperparah gerd

Berikut adalah berbagai makanan yang harus kamu hindari, antara lain:

1. Makanan dengan rasa pedas

Seperti sambal, saos, sambal, merica. Jika makanan tersebut diproduksi oleh penderita asam lambung, maka dapat mengiritasi lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung.

2. Makanan yang banyak mengandung gas

Seperti sawi dan kubis. Penderita asam lambung saat mengkonsumsi makanan tersebut dapat membuat asam lambung naik dan penyakit lambung menjadi mudah kambuh

3. Makanan asam seperti cuka, acar

Makanan untuk penderita gerd yang harus kamu hindari adalah acar yang biasanya ada cukanya. Jika dikonsumsi oleh penderita gerd, maka dapat memperparah penyakitnya.

4. Buah asam seperti belimbing wuluh, nanas, lemon, kedondong, belimbing, mangga muda

Buah seperti ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kandungan asam pada buah ini dapat meningkatkan suasana asam di lambung.

5. Minuman yang mengandung alkohol

Minuman seperti minuman keras juga pantangan karena dapat menghancurkan lapisan pelindung lambung dan meningkatkan asam lambung

6. Menggunakan obat golongan tertentu

Beberapa jenis obat dapat memicu naiknya asam lambung. Misalnya obat antikolinergik, antidepresan, antihistamin, beta adrenergik, nitrat, penghambat saluran kalsium.

Penyebab dan Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Cara alami mengatasi gerd

GERD dapat kamu atasi dengan mengubah gaya hidup atau mengonsumsi obat-obatan. Beberapa pola gaya hidup yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Jangan makan makanan berminyak dan pedas yang bisa memicu GERD
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Hindari makan berlebihan
  • Usahakan makan dua atau tiga jam sebelum kamu tidur
  • Menurunkan berat badan jika kamu mengalami obesitas
  • Mengangkat kepala saat tidur
  • Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat
  • Berhenti merokok atau hindari asap rokok

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan yang banyak dijual di apotik atau obat resep, kondisi ini juga bisa kamu atasi dengan mengonsumsi obat-obatan alami. Pengobatan alami ini meliputi:

  • Chamomile: Teh jenis ini memiliki efek yang baik untuk menenangkan pada saluran pencernaan kamu
  • Jahe: Jahe telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mulas (gejala GERD).
  • Licorice: Licorice dapat meningkatkan lapisan lendir di lapisan kerongkongan, untuk membantu melawan iritasi yang disebabkan oleh asam lambung

Untuk mencegah GERD selain dengan konsumsi makanan untuk penderita gerd, kamu juga dapat melakukan tindakan pencegahan sebagai berikut:

  1. Pertahankan berat badan yang sehat
  2. Makan dengan porsi kecil tapi sering
  3. Hindari makan sebelum tidur
  4. Jangan memakai pakaian ketat di area perut
  5. Berhenti merokok
  6. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu kambuhnya GERD
  7. Kelola stres dengan bijak

Gangguan refluks gastroesofageal sering disalahartikan sebagai maag atau bahkan serangan jantung.

Sebenarnya, ada berbagai gejala GERD yang bisa dialami penderitanya. Sensasi terbakar di dada (heartburn) adalah gejala yang paling umum dari penyakit gastroesophageal reflux. Keluhan ini biasanya terjadi setelah penderitanya makan, dan semakin parah pada malam hari.

Agar GERD tidak berkembang menjadi penyakit kronis, sebaiknya atur pola makan sesuai anjuran dan pantangan makanan bagi penderita asam lambung.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference