almacon obat apa

Penderita penyakit asam lambung pasti sudah mengenal almacon obat apa, bukan? Almacon adalah salah satu jenis obat yang paling sering penderita asam lambung konsumsi. Selain itu, obat ini juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut atau usus.

Nah, di artikel kali ini, Yoona ingin mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh tentang almacon obat apa mulai dari manfaat, efek samping, dosis, cara kerja, hingga indikasinya. Yuk, baca selengkapnya supaya Yoonies tidak penasaran!

Almacon obat apa?

Almacon adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala asam lambung dan mengatasi rasa sakit akibat naiknya asam lambung seperti sakit perut, mulas, dan gangguan pencernaan asam. 

Obat ini dalam tablet kunyah yang dijual bebas dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Obat ini bisa menjadi salah satu pilihan obat asam lambung yang bisa dengan mudah kamu beli di apotek terdekat.

Apa saja manfaatnya?

Setelah mengetahui almacon obat apa, kamu tentu penasaran dengan beragam manfaatnya. Obat ini hanya bekerja pada asam di lambung dan tidak bisa digunakan untuk mencegah produksi asam. Kamu bisa mengonsumsi obat ini saja atau dengan obat lain, seperti ranitidine dan omeprazole.

Manfaat lainnya dari obat ini adalah membantu meredakan gejala gas berlebih, seperti sendawa dan kembung. Perasaan tertekan atau tidak nyaman pada perut atau usus juga bisa diredakan dengan mengonsumsi obat ini. 

N Ace Obat Apa? Ini Manfaat Hingga Efek Sampingnya

Efek samping yang perlu diwaspadai

Sama seperti obat-obatan lainnya, almacon juga mempunyai beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui. Jika tidak sesuai dosis, efek samping obat ini bisa membahayakan kesehatan. Berikut beberapa efek samping almacon:

  1. Nyeri tulang
  2. Lemah otot
  3. Kejang-kejang
  4. Pusing
  5. Sesak nafas
  6. Detak jantung lebih cepat
  7. Konstipasi
  8. Diare
  9. Sembelit

Jika kamu sedang mengonsumsi obat ini dan mendapatkan beberapa gejala efek samping di atas, ada baiknya jika kamu langsung menghentikan konsumsi obat ini. Kamu juga bisa langsung menghubungi dokter jika efeknya sudah mengganggu kesehatan.

Nisagon Obat Apa? Simak Cara Kerja dan Manfaat Obat Kulit Ini

Dosis atau aturan pakai

almacon obat apa ini manfaat aturan minum dan efek sampingnya

Jika kamu mendapatkan obat almacon dari dokter, ada baiknya mengikuti dosis obat yang disarankan oleh dokter. Namun, jika kamu membeli obat ini dari apotek, kamu perlu mengikuti takaran dosis obat yang tertera pada kemasan atau berdasarkan anjuran dari apoteker.

Almacon adalah obat yang hadir dalam bentuk tablet kunyah sehingga kamu perlu mengunyahnya sampai selesai sebelum menelannya. Setelah tertelan, minumlah segelas air putih.

Dosis almacon yang disarankan untuk dewasa dan anak-anak sebagai berikut:

  1. Untuk anak-anak umur 6-12 tahun: Setengah sampai 1 tablet, 3-4 kali sehari. Konsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur.
  2. Untuk dewasa dan anak umur di atas 12 tahun: 1 sampai 2 tablet, 3-4 kali sehari. Konsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur.

Jangan pernah mengonsumsi obat almacon lebih dari dosis maksimal yang disarankan. Almacon adalah jenis obat antasida yang biasanya diminum dalam waktu singkat sampai gejala penyakitnya hilang. Kamu harus segera menghubungi dokter jika gejalanya tidak membaik dalam waktu 2 minggu.

Diatab Obat Apa: Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping

Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja almacon bisa menjadi tidak efektif jika kamu mengonsumsinya bersama dengan obat atau suplemen lain. Hal ini bisa memicu efek samping almacon yang sudah disebutkan di atas. 

Berikut beberapa obat dan suplemen yang dapat berinteraksi atau dikonsumsi bersamaan dengan obat almacon:

  1. Antibiotik
  2. Gabapentin
  3. Obat untuk penyakit jantung
  4. Garam besi
  5. Isoniazid
  6. Obat diabetes
  7. Antijamur (itraconazole dan ketoconazole)
  8. Sucralfate
  9. Tacrolimus
  10. Vitamin D

Indikasi penyakit yang menggunakan almacon

Semua obat yang hendak dikonsumsi haruslah sesuai dengan indikasinya, termasuk obat almacon. Selain meredakan gejala asam lambung berlebih, obat ini juga bisa digunakan untuk beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Beberapa gejala kesehatan lain yang dapat diredakan oleh almacon, yaitu:

  1. Ulu hati
  2. Kembung
  3. Mual
  4. Dispepsia
  5. Tukak lambung
  6. Tukan usus 12 jari
  7. Rasa panas di dada

Obat Berlosid, Untuk Mengatasi Maag dan Perut Kembung

Itulah penjelasan lengkap tentang almacon obat apa mulai dari manfaat, efek samping, dosis, cara kerja, hingga indikasinya. Jangan lupa untuk langsung berkonsultasi dengan dokter jika penyakitmu tidak kunjung membaik, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference