Ciri ciri wanita subur dan gampang hamil

Bagi pasangan yang segera ingin memiliki momongan, maka urusan kesuburan harus menjadi hal yang sangat perhatikan. Kesuburan tidak hanya menjadi PR wanita saja lho, namun pasangan juga. Kamu perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil dan mengikuti tipsnya.

Saat ini, sudah ada berbagai cara mengecek kesuburan kamu dan pasangan. Sehingga, peluang memiliki momongan bisa segera terwujud. Bagaimana ciri ciri wanita subur dan gampang hamil yang bisa kamu ketahui? Yuk simak ulasan ini~

Pengertian masa subur

Masa subur adalah masa sebelum wanita mengalami ovulasi. Ovulasi sendiri adalah saat sel telur dilepaskan dari ovarium dan jika dibuahi maka akan menyebabkan kehamilan. Waktunya sekitar 2-5 hari sebelum ovulasi dapat memperkirakan juga masa subur wanita. Pembuahan bisa terjadi dalam waktu 12-24 jam dan menghasilkan embrio.

Masa ovulasi antar wanita bisa berbeda dan tergantung dari siklus bulanan menstruasi. Misalnya, siklus menstruasi rata-ratanya 28 hari, maka ovulasi bisa terjadi pada hari ke 12 sampai 14 setelah haid hari pertama. Jika siklus menstruasi tidak teratur, maka masa ovulasi bisa berubah lebih cepat atau lambat. Apakah ada ciri ciri wanita subur dan gampang hamil?

Ciri ciri wanita subur dan gampang hamil

Sebetulnya, kesuburan bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Beberapa hal mungkin tidak dapat dikendalikan seperti riwayat medis dan usia. Namun ada beberapa tanda atau ciri ciri wanita subur dan gampang hamil, antara lain:

1. Siklus menstruasi normal

Siklus haid yang normal dan bisa diprediksi memiliki peluang yang besar jika kamu adalah wanita yang subur. Wanita yang mengalami siklus haid teratur dari 21-35 hari sekali menandakan bahwa ovulasi berjalan normal setiap bulannya.

Haid yang tidak teratur bisa bisa dianggap jika datang kurang dari 21 hari atau lebih dari 38 hari dan jaraknya selalu berubah setiap bulannya.

2. Keluar keputihan

Banyak orang yang menganggap bahwa keputihan memalukan dan ingin dihentikan. Padahal keputihan bisa menjadi ciri ciri wanita subur dan gampang hamil, lho. Keputihan normal berwarna putih jernih, bening, tidak berbau dan lengket. Keputihan juga dapat menjadi ciri kesuburan dan terkadang tampilannya berbeda menjelang dan selama ovulasi.

3. Masa ovulasi mudah diprediksi

Masa haid yang mudah diprediksi maka akan berefek pada masa ovulasi yang juga mudah diperkirakan. Umumnya masa ovulasi terjadi 12-14 hari setelah hari pertama haid terakhir. Jika masa ovulasi mudah diperkirakan, maka peluang hamil akan semakin besar.

4. Tidak memiliki fibroid dalam rahim

Nyeri panggul atau nyeri haid hebat terjadi karena aliran darah berat dan durasi lama. Hal ini bisa menjadi penyebab fibroid. Fibroid adalah tumor jinak pada rahim yang bisa mencegah wanita hamil. Fibroid yang tumbuh dalam rahim bisa menggagalkan embrio menempel dan berkembang di dinding rahim.

Banyak wanita yang tidak sadar telah mengalami fibroid sehingga bisa dilakukan pemeriksaan secara rutin, apalagi bagi pasangan yang hendak program hamil.

5. Berat badan ideal

Kesuksesan program hamil bisa ditentukan dari berat badan ideal. Meski begitu tidak berarti orang dengan berat badan berlebih atau kurang tidak dapat hamil. Berat badan yang seimbang dapat membantu hormon menjadi seimbang juga sehingga peluang kehamilan semakin besar.

6. Tidak memiliki endometriosis

Hampir sama seperti fibroid, endometriosis juga dapat menyebabkan wanita susah hamil. Pertumbuhan jaringan dinding rahim yang tidak semestinya dapat berdampak pada jaringan parut sehingga sel telur susah dilepas atau dibuahi.

7. Tidak memiliki riwayat penyakit kelamin

Penyakit kelamin seperti gonore atau klamidia dapat menyebabkan kerusakan serius pada ovarium, organ, saluran tuba dan meningkatkan risiko infertilitas. Amati tanda penyakit kelamin sehingga dapat dilakukan penanganan dan tidak mengganggu kesuburan.

8. Tidak merokok

Tidak merokok adalah ciri ciri wanita subur dan gampang hamil. Merokok bisa mempengaruhi tahapan proses reproduksi baik untuk pria dan wanita. Merokok bagi wanita dalam jangka panjang menyebabkan:

  • Ovarium rusak dan telur berkualitas yang dihasilkan lebih sedikit
  • Kerusakan dna sel telur
  • Produksi hormon yang mendukung kehamilan terganggu
  • Memperlambat gerakan sel telur untuk sampai di rahim
  • Meningkatkan keguguran
  • Menggagalkan ovulasi

9. Punya libido tinggi

Dalam riset Iranian Journal of Reproductive Medicine memberikan laporan bahwa sejumlah masalah kesuburan dapat mempengaruhi perilaku wanita secara seksual. Libido dan gairah seks secara tidak langsung dapat berkaitan dengan kesuburan wanita dan semakin sering berhubungan seks, maka peluang kehamilan akan semakin tinggi pula.

10. Punya tipe badan seperti jam pasir

Tipe badan seperti jam pasir adalah pinggang kecil, payudara dan pinggul besar bisa menjadi ciri ciri wanita subur dan gampang hamil. Dalam beberapa penelitian, meski menunjukkan hasil yang berbeda, wanita dengan bentuk badan jam pasir memiliki kemungkinan lebih besar sebanyak 30% untuk mempunyai kadar estradiol tinggi.

Apakah wanita subur berarti gampang hamil?

Wanita yang subur seperti ciri-ciri di atas, memiliki peluang kehamilan yang tinggi. Namun, selain ciri-ciri di atas, ada kondisi lain yang perlu diperhatikan untuk melihat apakah wanita dapat mudah hamil. Berikut beberapa penjelasannya!

  • Tidak merasa sakit saat berhubungan intim. Jika wanita merasa sakit atau nyeri, bisa jadi tanda endometriosis yang mempunyai kaitan erat dengan kemandulan.
  • Wanita mengeluarkan lebih banyak cairan saat masa ovulasi. Cairan berupa lendir serviks yang mempunyai ciri seperti putih telut dan memiliki ph tervaik untuk melindungi dan membuat sperma mudah mencapai sel telur.
  • Kondisi rambut sehat bisa menjadi tanda kesuburan dan mudah hamil. Biasanya Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik bisa menyebabkan rambut rontok.
  • Kesuburan baik pada pria dan wanita bisa menjadi faktor penting saat pasangan sedang merencanakan program hamil. Tentunya ada beberapa hal yang menjadi faktor kesuburan.

Hal-hal yang mempengaruhi tingkat kesuburan

Ciri ciri wanita subur dan gampang hamil bisa terlihat dari gaya hidup dan juga faktor penunjang, seperti:

  • Obesitas atau kegemukan bisa mempengaruhi produksi hormon, efeknya kehamilan bisa sulit didapatkan.
  • Terlalu kurus menyebabkan tubuh kurang hormon leptin. Hormone ini mempengaruhi rasa lapar, kenyang dan masa menstruasi.
  • Bertambah usia menyebabkan produksi sel telur terhambat dan mengganggu kesuburan
  • Faktor keturunan bisa berpengaruh pada banyak atau sedikitnya jumlah sel telur
  • Zat kimia seperti pestisida dan polutan bisa mempengaruhi kadar hormone dalam tubuh.
  • Merokok dapat mengganggu perkembangan janin dan peluang kehamilan.
  • Gaya hidup yang buruk seperti konsumsi kafein, alcohol dan kurang olahraga ringan dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

Tips menjaga tingkat kesuburan

Kesuburan baik bagi pria dan wanita masih bisa diusahakan apabila berkaitan dengan pola hidup dan bukan dari usia atau riwayat penyakit yang terkadang sulit untuk disembuhkan. 5 hal yang bisa menguatkan ciri ciri wanita subur dan gampang hamil, antara lain:

  • Konsumsi makanan. Asupan makanan yang masuk bisa menjadi cara meningkatkan kesuburan. Perbanyak makan sayuran hijau, kacang, ikan salmon, buah bit dan yogurt untuk kesuburan wanita.
  • Kebiasaan olahraga. Kebiasaan olahraga bisa meningkatkan kesuburan wanita. Pilih olahraga ringan dan bukan olahraga berat agar berdampak baik untuk kesuburan.
  • Gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat sangat berpengaruh pada kesuburan wanita. Hindari alkohol dan rokok agar tidak mengganggu kesuburan wanita.
  • Berat badan ideal. Berat badan ideal bisa meningkatkan peluang kehamilan. Terapkan pola makan sehat agar berat badan menjadi stabil.
  • Hindari stres. Hindari stres dan gangguan kecemasan seperti depresi, cemas, dan gelisah. Berikan waktu untuk tubuh beristirahat sehingga kesuburan menjadi lebih baik.

Banyak sekali ciri ciri wanita subur dan gampang hamil yang bisa diketahui ya, ladies. Selalu lakukan gaya hidup sehat agar kesuburan kamu dan pasangan bisa memperbesar peluang kehamilan. Jika kehamilan tidak kunjung datang, segera lakukan konsultasi dan tes kesuburan kamu dan pasangan, ya!

Share artikel ini
Reference