mengenal apa itu anencephaly

Anencephaly adalah kelainan bawaan yang memengaruhi perkembangan otak janin. Kondisi ini terjadi ketika otak tidak terbentuk dengan sempurna selama kehamilan.

Jenis cacat lahir ini memang jarang terjadi, tapi bisa memicu kerusakan yang parah pada bayi yang terkena. Simak informasi lengkapnya di sini!

Apa itu anencephaly?

apa itu anencephaly

Anencephaly atau anensefali adalah kondisi kelainan bawaan yang terjadi pada janin dengan bagian atas otak tidak terbentuk dengan normal. Bayi yang lahir dengan kondisi ini biasanya memiliki otak yang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Kondisi ini merupakan bentuk cacat tabung saraf yang paling parah dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat setelah lahir. 

Jika tabung saraf terbentuk dan menutup, ini akan membantu membentuk beberapa bagian. Contohnya, otak dan tengkorak bayi (bagian atas tabung saraf), sumsum tulang belakang, dan tulang belakang (bagian bawah tabung saraf). 

Sementara itu, anensefali terjadi ketika bagian atas tabung saraf tidak menutup sepenuhnya. Akibatnya, bayi dapat lahir tanpa bagian depan otak (otak depan) dan bagian otak yang berfungsi dalam berpikir dan mengkoordinasi (serebrum). Bagian otak lainnya seringkali tidak tertutup oleh tulang atau kulit.

Apa Itu spina Bifida? Ini Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya!

Gejala anencephaly pada janin

Bayi yang lahir dengan anencephaly mungkin memiliki gejala-gejala seperti:

  • Ukuran kepala yang kecil atau tidak biasa
  • Kulit kepala tipis atau transparan
  • Wajah dan kepala yang tidak berbentuk normal
  • Buta
  • Tuli
  • Tidak bisa merasakan sakit
  • Kelainan pada sistem saraf yang menyebabkan bayi tidak dapat bernapas

Penyebab anensefali

Penyebab pasti dari anensefali masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan kondisi ini.

Misalnya, defisiensi asam folat selama kehamilan, paparan zat kimia tertentu selama kehamilan, dan faktor genetik

Faktor risiko penyakit anencephaly

Kombinasi faktor lingkungan, genetik, dan nutrisi selama kehamilan bisa menjadi faktor risiko terjadinya anencephaly atau NTD lainnya. Berikut ini beberapa obat dan faktor risiko yang memungkinkan bayi dengan anensefali. 

Kekurangan asam folat

Ibu hamil yang tidak mendapatkan cukup asam folat (vitamin B9) memiliki risiko lebih tinggi memiliki bayi dengan anencephaly.

Itu sebabnya, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin prenatal dengan 400 mikrogram (mcg) asam folat sebelum dan selama kehamilan.

Diabetes

Diabetes yang tidak terkendali meningkatkan risiko anensefali. Ini menyebabkan kadar glukosa darah (gula dalam darah) menjadi terlalu tinggi dan merusak perkembangan janin.

Suhu tubuh tinggi

Demam atau menggunakan bathtub air panas atau sauna selama awal kehamilan dapat meningkatkan risiko NTD.

Obat-obatan

Obat antikejang seperti fenitoin (Dilantin®), karbamazepin (Tegretol®), dan valproat asam (Depakote®) juga dapat menyebabkan NTD. Beberapa obat ini juga digunakan untuk mengobati migrain dan gangguan bipolar.

Obesitas

Orang yang mengalami obesitas sebelum hamil memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki bayi dengan anencephaly atau NTD lainnya.

Penggunaan opioid

Mengonsumsi opioid selama dua bulan pertama kehamilan dapat menyebabkan NTD. Opioid termasuk heroin (narkoba ilegal) dan obat penghilang rasa sakit resep seperti hidrokodein. 

Penyebab Bibir Sumbing pada Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Pencegahan anensefali pada janin

asam folat untuk promil

Walaupun tidak selalu mungkin untuk mencegah anensefali, kamu bisa mengurangi risiko memiliki anak dengan kelainan ini. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bantu mengurangi risiko anencephaly. 

Mendapatkan asam folat yang cukup

Usahakan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari, bahkan jika kamu tidak berencana hamil.

Kelainan tabung saraf (NTD) terjadi dalam bulan pertama kehamilan sehingga sangat penting untuk mulai mengonsumsi asam folat untuk promil

Jika pernah memiliki anak dengan NTD, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan tentang mengonsumsi lebih dari 400 mcg asam folat.

12 Vitamin Ibu Hamil, Dari Sumber hingga Manfaatnya

Menghindari obat-obatan tertentu

Obat-obatan yang mengontrol kejang dan mengobati migrain dan gangguan bipolar dapat menyebabkan anencephaly.

Tanyakan pada penyedia layanan kesehatan tentang obat-obatan yang dikonsumsi sebelum hamil. Jangan mengonsumsi opioid jika kamu curiga sedang hamil.

Menghindari sauna dan kolam air panas

Untuk menjaga suhu tubuh agar tidak terlalu tinggi, jangan masuk ke sauna atau kolam air panas jika kamu curiga sedang hamil.

Jika demam saat hamil, tanyakan pada penyedia layanan kesehatan tentang mengonsumsi acetaminophen untuk menurunkan suhu tubuh.

Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Cobalah untuk menurunkan berat badan sebelum hamil jika kamu obesitas. Usahakan juga pertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Jika memiliki diabetes, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan kamu tentang cara mengelola diabetes secara aman selama kehamilan.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference