cara mengatasi mual saat hamil

Mual adalah salah satu gejala umum yang dialami oleh banyak ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Kondisi tersebut tentu dapat mempengaruhi kenyamanan dan kualitas aktivitas harian ibu hamil. Kabar baiknya, ada beragam cara alami maupun medis yang dapat membantu mengatasi mual pada ibu hamil. Simak informasi selengkapnya di sini!

Cara alami mengatasi mual pada ibu hamil

Jika rasa mual saat hamil tidak begitu parah, dokter awalnya akan merekomendasikan pengobatan alami untuk meredakan rasa mual. Berikut beberapa caranya. 

1. Makan secara teratur

Makan secara teratur dapat membantu mengatasi mual pada ibu hamil. Penting untuk menghindari perut kosong dengan makan makanan kecil dan sering, misalnya enam kali sehari daripada tiga kali sehari. 

Memilih makanan yang ringan dan mudah dicerna, seperti crackers atau buah-buahan, juga dapat membantu mengurangi mual saat hamil.

2. Hindari bau yang memicu mual

Menghindari aroma atau bau penyebab mual saat hamil merupakan strategi yang efektif untuk menekan rasa tersebut pada ibu hamil.

Selama masa kehamilan, ibu hami mengalami perubahan hormon yang bisa menyebabkan indera penciuman lebih sensitif terhadap bau tertentu. 

Beberapa aroma yang umumnnya dihindari adalah aroma dengan bau yang kuat, misalnya:

  • Makanan berlemak dan pedas, atau berminyak
  • Bau parfum dengan konsentrat yang tinggi
  • Aroma pembersih rumah tangga
  • Bau cat

3. Konsumsi jahe

Konsumsi jahe sudah lama digunakan sebagai cara alami untuk meredakan mual pada ibu hami. Pasalnya, jahe mengandung senyawa gingerol yang menawarkan efek anti-mual dan anti-inflamasi. Dengan begitu, gingeraol bisa membantu mengurangi sensasi mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil. 

Walau tergolong aman, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum mengonsumsi jahe.

Hal tersebut terutama berlaku ketika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu guna memastikan keselamatan dan dosis penggunaan yang tepat. 

4. Istirahat yang cukup

Pada saat tubuh lelah, gejala mual dan muntah cenderung menjadi lebih buruk pada ibu hamil. Itu sebabnya, istirahat yang cukup membantu mengurangi stres dan menenangkan sistem pencernaan. Ini setidaknya bisa mengurangi sensasi mual yang dialami. 

Ibu hamil disarakan untuk mendapat tidur yang cukup setiap malam guna meningkatkan energi dan kesejahteraan. Begini beberapa tips agar mendapatkan istirahat yang cukup selama hamil. 

  • Buat jadwal tidur yang teratur
  • Usahaka tidur dengan posisi yang nyaman
  • Luangkan waktu untuk aktivitas yang menenangkan, seperti baca buku

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil: Ke Arah Mana?

5. Ubah pola makan jadi lebih sehat

Cara lain untuk mengatasi mual pada ibu hamil adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat dengan cara berikut ini. 

  • Makan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil
  • Hindari makanan berlemak, berminyak, atau pedas
  • Pilih makanan rendah lemak, kaya serat, dan tinggi protein
  • Konsumsi makanan dalam suhu dingin
  • Minum air secara teratur
  • Hindari minuman berkafein
  • Jika mual terjadi di pagi hari sebelum makan, konsumsi camilan ringan, seperti kue biskuit sebelum bangun dari tempat tidur

6. Coba teknik relaksasi

Teknik relaksasi tertentu juga dapat membantu mengatasi mual pada ibu hamil. Salah satu contohnya adalah teknik pernapasan dalam.

Gerakan ini melibatkan menghirup napas perlahan melalui hidung dan mengeluarkan napas secara perlahan melalui mulut. 

Dengan fokus pada pernapasan yang dalam dan teratur, teknik ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi gejala mual. Kamu juga bisa mencoba meditasi, yoga prenatal, atau mendengarkan musik yang menenangkan sebagai alternatif. 

Senam Hamil: Tips dan Manfaatnya untuk Ibu dan Janin

Pengobatan medis untuk mengatasi mual pada ibu hamil

obat untuk mengatasi mual saat hamil

Selain cara alami, ada beberapa obat-obatan yang biasanya disarankan oleh dokter ketika rasa mual pada ibu hamil sudah sangat parah. Begini cara medis mengatsi mual pada ibu hamil.  

Minum obat anti-mual

Jika mual semakin parah dan tidak kunjung membaik setelah mencoba cara alami, dokter biasanya akan merekomendasikan obat anti-mual. Obat anti-mual ini disebut sebagai antiemetik yang tergolong aman digunakan selama kehamilan. 

Antiemetik merupakan jenis antihistamin yang digunakan untuk mengobati alergi. Namun, obat ini terkadang juga digunakan untuk meredakan rasa mual. 

Mengingat antiemetik adalah tablet yang harus ditelan, beberapa ibu hamil mungkin tidak dapat melakukan hal tersebut.

Maka dari itu, dokter mungkin akan menyarankan suntikan atau obat sejenis yang dimasukkan melalui anus, alias metode supositoria. 

Selain itu, ibu hamil mungkin akan diresepkan Doxylamine. Bila tidak kunjung mereda, kombinasi obat ini dengan suplemen vitamin B6 juga jadi cara mengatasi mual pada ibu hamil.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference