cara meningkatkan libido wanita
Seks & Relationship

Ini Rahasia Dan Cara Meningkatkan Libido Wanita

Imelda Rahmawati | Maret 4, 2022
Share

Halo Ladies? Pernah dengar kata libido wanita? Libido pada umumnya diartikan sebagai hasrat atau dorongan seksual. Hasrat ini bisa naik dan turun tergantung banyak faktor, tapi kamu juga bisa melakukan cara meningkatkan libido wanita.

Jika kamu merasa libido kamu sedang turun, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Di bawah ini akan diulas faktor dan cara meningkatkan libido wanita.

Libido itu apa?

Baik perempuan maupun laki-laki, sama-sama memiliki libido. Jan Shifren, MD, asisten profesor di Harvard Medical mengatakan, libido adalah komponen biologis dari keinginan, yang tercermin sebagai minat seksual spontan termasuk pikiran seksual, fantasi erotis, dan lamunan.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, para ahli mengatakan frekuensi hubungan intim tidak ada hubungannya dengan hasrat atau kepuasan seksual. Kingsberg yang merupakan profesor biologi reproduksi di Case Western Reserve School of Medicine, mengatakan bahwa libido merupakan sinyal bahwa tubuh “ingin menjadi seksual”. Apakah ada niat untuk bertindak atau tidak, semua manusia memiliki tingkat dorongan seksual tertentu.

Faktor yang memengaruhi libido wanita

Banyak faktor yang memengaruhi dorongan seks. Stres “adalah pembunuh seks terbesar,” ujar Jennifer Landa, MD, seorang ob-gyn dan kepala petugas medis di BodyLogicMD di Florida. Kecemasan dan depresi juga bisa membuat libido berubah-ubah. Hal lainnya yang dapat memengaruhi libido ialah penggunaan antidepresan, perasaan terhadap pasangan, dan tingkat keintiman.

Berikutnya adalah gaya hidup. Kebiasaan sehat, seperti makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat, mempengaruhi suasana hati serta kesehatan kamu secara keseluruhan.

Hormon adalah masalah besar lainnya. Tingkat hormon seks seperti testosteron (wanita memproduksi ini juga dalam jumlah kecil), estrogen, dan progesteron semuanya secara alami mulai turun saat kamu bertambah usia, dan itu berperan dalam hasrat, gairah, dan orgasme.

Intinya libido itu kompleks. “Seks merupakan campuran rumit dari identitas, perasaan, keinginan, dan tindakan kita,” ujar Shadeen Francis, seorang terapis hubungan dan penulis yang berbasis di Philadelphia.

Penyebab rendahnya libido pada wanita

Libido menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan libido rendah, terutama pada wanita. Aspek psikologis juga menjadi penyebab rendahnya libido. Misalnya, kita marah pada pasangan, ada kemungkinan kita terangsang tetapi tidak ingin berhubungan seksual dengan orang tersebut. Oleh karena itu, semua aspek hasrat seksual ini harus diperiksa untuk mengetahui akar masalahnya.

Beberapa penyebab libido rendah yaitu:

1. Masalah hubungan antar pribadi

Masalah kinerja pasangan, kurangnya kepuasan emosional dalam hubungan, dan kelahiran anak dapat menurunkan hasrat seksual.

2. Pengaruh sosial budaya

Stres kerja, tekanan teman sebaya, dan citra media tentang seksualitas dapat memengaruhi hasrat seksual secara negatif.

3. Testosteron rendah

Testosteron mempengaruhi dorongan seksual pada pria dan wanita. Tingkat testosteron mencapai puncaknya pada wanita pertengahan 20-an dan kemudian terus menurun sampai menopause.

4. Masalah medis

Penyakit mental seperti depresi, atau kondisi medis, seperti endometriosis, fibroid, dan gangguan tiroid, memengaruhi dorongan seksual wanita baik secara mental maupun fisik.

5. Obat-obatan

Antidepresan tertentu (termasuk SSRI generasi baru), obat penurun tekanan darah, dan kontrasepsi oral dapat menurunkan dorongan seksual dalam banyak cara, seperti menurunkan kadar testosteron yang tersedia atau memengaruhi aliran darah.

6. Usia

Kadar hormon androgen dalam darah turun terus-menerus pada wanita seiring bertambahnya usia.

Cara meningkatkan libido wanita

Karena hilangnya hasrat seksual pada wanita disebabkan oleh kombinasi faktor fisik dan psikologis, biasanya memerlukan lebih dari satu pendekatan perawatan. Bagi wanita, ini jauh lebih kompleks.

Setelah faktor-faktor yang menyebabkan hasrat seksual rendah telah ditentukan, pilihan pengobatan salah satunya ialah terapi seks atau konseling hubungan. Terapi seks sangat efektif untuk individu dan pasangan. Disfungsi seksual biasanya memengaruhi kedua belah pihak dalam suatu hubungan dan harus didiskusikan bersama atau secara individu, dengan profesional kesehatan.

Makanan penambah libido wanita

Makanan tertentu, termasuk herbal, telah terbukti meningkatkan gairah seks setidaknya dalam beberapa penelitian. Ingat, bahwa sebagian besar hasil studi ini tidak benar-benar menjamin keberhasilan dalam meningkatkan libido kamu.

Berikut adalah kumpulan makanan utama yang terkait dengan peningkatan libido wanita, termasuk beberapa yang didukung oleh penelitian ilmiah

1. Ginkgo

Penelitian awal menunjukkan bahwa ginkgo efektif sebagai afrodisiak alami. Saat ini ginkgo bisa didapat dengan cukup mudah di pasaran. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk tablet, cairan, atau termasuk dalam makanan olahan.

2. Ginseng

Ginseng punya banyak manfaat kesehatan. Siapa sangka salah satunya termasuk menaikkan libido pada diri wanita?

3. Maca

Maca adalah tanaman rimpang mirip bengkoang, yang punya nama latin lepidium meyenii. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesuburan dan memiliki sifat afrodisiak. Dalam sebuah penelitian di Australia, maca juga meringankan gejala kecemasan dan depresi. Dalam penelitian terbaru, tanaman ini sukses meningkatkan libido pada para wanita menopause di China.

4. Anggur merah

Anggur merah adalah afrodisiak yang banyak direkomendasikan. Selain manfaat potensial lainnya, anggur merah juga dapat meningkatkan fungsi seksual. Namun harus diingat, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak alkohol mungkin memiliki efek sebaliknya pada libido. Jadi moderasi adalah kuncinya.

5. Apel

Percaya atau tidak, apel mungkin memiliki efek positif pada gairah seks wanita. Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi apel setiap hari, melaporkan kualitas kehidupan seks yang lebih baik.

6. Fenugreek

Tidak familiar dengan tanaman ini? Termasuk tanaman herbal yang banyak ditemukan di Mediterania, fenugreek membantu meningkatkan libido. Dalam studi yang dimuat di jurnal Phytotheraphy Research, penelitian terhadap wanita usia 20-49 tahun menunjukkan, konsumsi fenugreek yang rutin mempercepat hormon testoteron dan membuat gairah seks meningkat.

Reference
Share