cara menjaga kesehatan ginjal

cara menjaga kesehatan ginjal

Ginjal termasuk organ vital yang berfungsi untuk menyaring darah, mengatur tekanan darah, membentuk urin, melancarkan sistem metabolisme vitamin D, dan memproduksi eritropoetin. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kesehatan ginjal karena cara menjaganya pun tidaklah sulit.

Bila tidak, kamu bisa saja terkena risiko gagal ginjal dan membuat kesehatan tubuh terancam. Pasalnya, gagal ginjal mengakibatkan penumpukan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan ketidakseimbangan cairan, hingga berakhir pada mengancam nyawa. 

Bila seseorang mengalami gagal ginjal, maka diperlukan perawatan medis yang intensif, seperti dialisis atau transplantasi ginjal. Untuk menghindari risiko tersebut, ini dia beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu kamu terapkan.

  • Minum air mineral setiap harinya

Yap, air adalah komponen utama dalam proses penyaringan darah yang dilakukan oleh ginjal. Fungsi air ini dapat membantu menyaring zat-zat sisa, produk limbah metabolisme, serta kelebihan garam dan elektrolit dari darah, yang kemudian diekskresikan dalam bentuk urin. 

Kehadiran cairan yang cukup bisa memastikan bahwa ginjal dapat melakukan tugas penyaringannya dengan baik. Selain itu, minum banyak air juga bisa mengencerkan urin, sehingga zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal pun akan lebih sulit untuk mengendap.

Namun, terlalu banyak air juga dapat memiliki dampak negatif, seperti edema (pembengkakan akibat penumpukan cairan), sehingga penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat.

  • Tetap aktif berolahraga

Kamu juga bisa nih menjaga kesehatan ginjal dengan cara aktif berolahraga. Soalnya, olahraga yang teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah dalam batas yang sehat, sehingga kamu pun bisa mengurangi risiko kerusakan ginjal.

Apalagi, olahraga juga mampu meningkatkan aliran darah ke ginjal dan membantu proses penyaringan darah agar lebih baik. Hal ini bisa membantu ginjal membersihkan darah dari zat-zat sisa dan toksin agar lebih efisien.

  • Konsumsi makanan sehat

Tentu, untuk menjaga kesehatan ginjal, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan, biji-bijian, serta daging tanpa lemak. Bila memungkinkan, kamu harus diet rendah garam, kaya serat, dan kaya potasium untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Soalnya, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal. 

Selain itu, hindari juga makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol karena bisa membantu penumpukan plak di arteri dan memengaruhi aliran darah ke ginjal. Makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi lemak jenuh dan kolesterol adalah ikan berlemak, alpukat, dan kacang-kacangan.

  • Berhenti merokok dan vape

Cara menjaga kesehatan ginjal juga termasuk melalui gaya hidupnya, kamu perlu berhenti merokok dan vape. Sebab, merokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan merusak pembuluh darah yang mengarah ke ginjal, sehingga menyebabkan kerusakan ginjal seiring waktu.

Apalagi, zat-zat kimia dalam asap rokok, terutama nikotin, dapat menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke ginjal pun akan berkurang, yang berarti ginjal menerima lebih sedikit oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

  • Kelola kadar gula darah

Penderita diabetes memiliki risiko kerusakan ginjal yang cukup tinggi. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjal akan terpaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. 

Nah, bila proses ini dilakukan selama bertahun-tahun, maka bisa menyebabkan kerusakan yang mengancam nyawa. Namun, jika kamu bisa mengatur gula darah, maka risiko kerusakan pun berkurang. Kamu bisa mengelolanya dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula.

  • Ikut memantau tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Normalnya, tekanan darah yang sehat adalah 120/80. Bila tekanan darahmu berada di angka 140/90, maka sudah termasuk tinggi dan harus mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Intinya, dalam menjaga kesehatan ginjal, ada beberapa langkah penting yang dapat kamu ambil untuk memastikan fungsi ginjal secara optimal. Tentunya, kamu harus mengonsumsi air yang cukup, menghindari kebiasaan merokok, menjaga tekanan darah dan gula darah dalam batas normal, dan menerapkan gaya hidup sehat.

Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis: Cek Daftarnya di Sini!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference