cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Siapa yang sering mengalami bibir kering? Kulit bibir yang kering biasanya diikuti dengan bibir pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah bisa sangat membuat penderitanya tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah?

Artikel kali ini Yoona ingin membahas lebih lengkap tentang berbagai macam penyebab bibir kering. Cari tahu juga cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan membaca artikel berikut ini.

Penyebab bibir kering, apa saja?

Bibir kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang membuat tidak nyaman. Aktivitas makan dan minum pun menjadi tidak nikmat. Semua orang pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Ternyata ada banyak penyebab bibir kering.

Rachel Nazarian, dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group di New York City mengatakan bibir adalah area wajah yang sangat sensitif dan sering kali terkena kondisi yang lebih keras daripada area lain. Bibir juga dianggap sebagai daerah ‘selaput lendir’ dan memiliki keseimbangan kelembapan yang berbeda dari bagian wajah lainnya.

Bibir juga menyerap krim oles lebih efektif dan mudah dehidrasi. Itulah alasannya jika bibir menjadi area pada tubuh yang dapat mengering 10 kali lebih cepat daripada kulit wajah dan tubuh. Beberapa penyebab bibir kering, yaitu:

1. Paparan sinar matahari terus menerus

Sinar matahari memang baik untuk tubuh tapi kamu juga tidak boleh terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Kulit yang terlalu terpapar sinar matahari, termasuk kulit bibir, dapat memicu pembengkakan, kekeringan, dan bercak-bercak.

2. Kondisi cuaca (dingin dan kering)

Sama halnya seperti sinar matahari, terlalu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan ketika cuaca sedang sangat dingin dan kering dapat membuat kulit bibir kering. Udara yang dingin dan kering akan mengurangi kelembapan kulit tubuh, termasuk kulit bibir.

3. Kurang minum atau dehidrasi

Penyebab bibir kering yang satu ini sering dijumpai oleh banyak orang. Ketika kamu kurang minum atau bahkan sampai dalam kondisi dehidrasi, kulit kamu akan menjadi kering. Hal ini tidak hanya berdampak pada kulit tubuh, tapi juga kulit wajah termasuk bibir.

4. Adanya cedera pada bibir

Cedera pada bibir akibat tergigit atau munculnya sariawan dapat menyebabkan bibir kering. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan bibir pecah-pecah di mana kulit bibir kamu dapat dengan mudah terkelupas. Jika tidak ditangani dengan segera, maka kulit bibir akan mengalami pengelupasan terus-menerus.

5. Alergi

Beberapa orang yang memiliki alergi biasanya juga akan mengalami kondisi bibir kering ketika alerginya kambuh. Kambuhnya alergi tidak hanya tentang munculnya ruam pada kulit, pembengkakan, bersin, dan mata memerah, tapi juga keringnya kulit bibir.

Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Aman, dan Mudah

Cara mengatasi bibir kering

cara mengatasi bibir kering

Kamu sudah mengetahui beragam penyebab bibir kering, sekarang saatnya mencari tahu cara mengatasi bibir kering. Ada banyak hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi kulit kering pada bibir. Berikut beberapa caranya:

  1. Hindari menggunakan produk bibir yang mengandung wewangian dan alkohol
  2. Gunakan produk pelembap bibir ketika cuaca sangat dingin atau kering
  3. Berhenti menjilat bibir sendiri karena enzim dalam air liur dapat mengiritasi bibir dan membuatnya kering
  4. Jangan menggigit dan mengelupaskan kulit bibir dengan sengaja
  5. Gunakan produk pelembab bibir yang mengandung shea butter atau SPF
  6. Minum menggunakan sedotan
  7. Minum banyak air putih
  8. Jangan berbagi pelembap bibir dengan orang lain untuk mencegah penyebaran kuman

Kapan harus ke dokter?

Jika sudah melakukan cara mengatasi bibir kering di atas, tapi tidak ada kemajuan dalam 2-3 minggu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Kamu harus segera ke dokter jika bibir terasa panas, nyeri, dan bengkak. Ada kemungkinan jika bibir kamu sudah mengalami infeksi.

Apa Penyebab Sariawan pada Bibir, Lidah, dan Gusi?

Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab bibir kering dan juga cara mengatasi bibir kering dengan mudah. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Semoga bermanfaat!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference