penyebab kulit tangan mengelupas

penyebab kulit tangan mengelupas

Selain mengganggu penampilan, kulit tangan yang mengelupas bisa saja terasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika sebagian besar aktivitas yang kamu lakukan mengandalkan tangan maupun telapak tangan.

Kulit tangan yang mengelupas terjadi karena berbagai penyebab seperti adanya penyakit dalam tubuh. Lantas apa penyakit yang dimaksud dan bagaimana cara mengobatinya? Mari, simak penjelasan di bawah ini.

Kenapa kulit tangan mengelupas?

Terkelupasnya kulit di tangan adalah hal yang normal bagi tubuh. Maksudnya, proses yang dinilai mengkhawatirkan ini justru menandakan bahwa tubuh sedang mengganti sel kulit mati dengan lapisan sel kulit yang baru.

Memang, kulit tangan yang mengelupas bisa menjadi suatu tanda adanya penyakit dalam tubuh. Untungnya pada kebanyakan kasus, penyebab kulit tangan mengelupas adalah paparan di lingkungan sekitar. Artinya, kulit tangan kamu bisa saja mengelupas karena sinar matahari yang terlalu terik misalnya.

Terlepas dari sinar matahari, iklim seperti udara kering atau cuaca yang terlalu dingin juga bisa memicu kulit tangan seseorang mengelupas. Entah itu kering atau pecah-pecah, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan berapa pengobatan atau perawatan rumahan.

Sayangnya, di sisi lain ada sejumlah penyebab kulit tangan mengelupas yang tidak bisa kamu abaikan. Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa kamu perhatikan.

Penyebab kulit tangan mengelupas

Bukan hanya lingkungan sekitar seperti sinar matahari, cuaca, dan iklim, kulit tangan yang mengelupas bisa terjadi karena paparan bahan kimia. Baik itu sabun, sampo, ataupun detergen, kandungan bahan kimia di dalam produk tersebut bisa menyebabkan pengelupasan pada kulit tangan.

Di samping itu, ada sejumlah penyebab pengelupasan pada kulit tangan lainnya seperti penyakit. Di bawah ini adalah berbagai penyebab kulit tangan mengelupas termasuk karena penyakit:

Mencuci tangan secara berlebihan

Sering mencuci tangan adalah praktik yang baik, tapi jika dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan kulit teriritasi dan mengelupas. Belum lagi bila kamu menggunakan air yang terlalu panas, sabun dengan bahan yang keras, dan handuk yang kasar.

Reaksi alergi pada kulit

Penyebab kulit tangan mengelupas yang sering kamu lupakan adalah reaksi alergi. Secara tidak sadar, kamu mungkin melakukan kontak langsung dengan alergen. Akibatnya muncul iritasi yang disebut sebagai dermatitis kontak alergi.

Keratolisis eksfoliatif

Pada kebanyakan kasus, penyebab pengelupasan pada kulit akibat keratolisis eksfoliatif paling banyak dialami oleh orang dewasa. Sayangnya penyebab lepuh berisi udara ini tidak diketahui secara pasti dan bisa memburuk jika kulit tangan sering terpapar sabun, detergen, dan pelarut.

Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi munculnya plak atau ruam kemerahan yang sering dibarengi dengan pengelupasan pada kulit di area siku, lutut, dan kulit kepala. Akan tetapi, psoriasi juga dapat timbul di berbagai tempat di seluruh tubuh.

Individu yang mengalami kondisi psoriasis dapat mengalami episode kambuh (flare-up) yang dipicu oleh berbagai faktor eksternal seperti luka, pola makan, kelembaban, dan stres.

Eksem pada kulit tangan

Disebut sebagai dermatitis atopik tangan, eksim biasanya menyerang mereka yang sering menyentuh bahan kimia. Meskipun tidak menular, eksim tangan adalah masalah kulit yang bersifat genetik.

Eksem dishidrosis (dyshidrotic eczema)

Sama seperti eksem pada kulit tangan, eksem dishidrotik adalah salah satu penyebab kulit tangan mengelupas. Tapi, eksem yang satu ini dinilai lebih serius hingga bisa menyebabkan lepuh berisi cairan di tangan.

Sindrom kulit akral terkelupas

Masuk dalam penyakit langka, acral peeling skin syndrome menyebabkan pengelupasan tanpa rasa sakit pada lapisan kulit. Biasanya, kondisi ini semakin memburuk jika kamu sering berada di ruangan atau cuaca panas hingga lembab, serta secara tidak sengaja menggesek kulit.

Penyakit Kawasaki

Sering menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun, Kawasaki disease adalah penyakit langka yang menyebabkan kulit ujung jari mengelupas. Meskipun tidak menular dan bukan penyakit genetik, penyakit kawasaki yang tidak diobati bisa menyebabkan komplikasi jantung jangka panjang.

Infeksi pada kulit tangan

Infeksi jamur seperti tinea manuum adalah salah satu infeksi paling umum yang menyebabkan kulit tangan mengelupas. Meskipun awalnya pengelupasan mungkin hanya berada di telapak tangan, infeksi jamur bisa menyebar ke punggung tangan dan ujung jari.

Kebiasaan mengisap jari

Sering terjadi pada anak-anak, kebiasaan mengisap jari ataupun ibu jari dapat menyebabkan luka. Tidak jarang kebiasaan ini berujung pada mengelupasnya kulit di ujung jari anak.

Selain beberapa penyebab tersebut, kamu mungkin saja mengalami pengelupasan pada tangan jika memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, memiliki atau sedang menjalankan pengobatan kanker, serta terserang sindrom Stevens-Johnson.

Lantas, apa saja gejala yang bisa kamu perhatikan agar tidak membiarkan pengelupasan pada tangan begitu saja? Berikut adalah ciri-cirinya.

Ciri-ciri kulit tangan mengelupas

Tanda utama kamu memiliki masalah dengan kulit pada tangan tentu saja kulit tangan yang mengelupas. Akan tetapi, ada beberapa ciri lain yang menandakan bahwa kamu tidak boleh menyepelekan masalah pada kulit tangan.

Selain rasa tidak nyaman karena kulit tangan mengelupas, di bawah ini adalah sejumlah ciri-ciri kulit tangan mengelupas yang harus kamu perhatikan:

  • Kulit memerah
  • Permukaan kulit terasa sakit jika disentuh
  • Muncul sensasi rasa panas jika kulit disentuh
  • Kulit terasa gatal
  • Muncul benjolan pada kulit tangan
  • Kulit menjadi kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit tangan terlihat bersisik

Selain beberapa ciri di atas, jika kondisi kulit tangan kamu tidak membaik setelah selama beberapa minggu lakukanlah pemeriksaan pada dokter. Terkadang, masalah pada kulit tangan menandakan beberapa penyakit tertentu yang memerlukan pengobatan dari dokter.

Apakah kulit tangan mengelupas berbahaya?

Secara umum pengelupasan pada kulit tangan tidaklah berbahaya. Tapi, jika kulit tangan terus mengelupas hingga beberapa minggu kamu bisa menghubungi dokter. Beberapa pengelupasan pada kulit tangan menandakan beberapa penyakit yang membutuhkan penanganan medis.

Terlebih lagi, jika pengelupasan akibat iritasi terjadi secara berulang kali maka kulit tangan kamu rentan terinfeksi berbagai kuman lain. Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika pengelupasan pada tangan tak kunjung membaik selama sekitar 14 hari atau bahkan semakin memburuk.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa upaya pengobatan rumahan yang bisa kamu lakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman pada kulit tangan.

Cara mengobati kulit tangan mengelupas

Perawatan dan pengobatan untuk pengelupasan pada kulit tangan biasanya disesuaikan berdasarkan penyebab utamanya. Tapi, kulit tangan mengelupas yang meninggalkan rasa tidak nyaman bisa kamu hidrasi dengan krim atau salep pelembab kulit tangan.

Meskipun beberapa salep dan krim tangan memerlukan obat resep dari dokter, kamu juga bisa melakukan beberapa cara pengobatan lain seperti:

  • Mengompres kulit tangan dengan air dingin
  • Mengoleskan tabir surya pada kulit tangan
  • Mandi dan cuci tangan dengan air dingin
  • Hindari produk yang menyebabkan iritasi
  • Gunakan sabun untuk kulit sensitif
  • Hentikan kebiasaan mengisap jari
  • Gunakan kain lembut setiap mengeringkan tangan
  • Oleskan petroleum jelly pada kulit yang mengelupas
  • Kenakan sarung tangan jika harus bersentuhan dengan produk berbahan kimia

Selain beberapa cara pengobatan tersebut, kamu juga bisa menggunakan obat pereda nyeri jika pengelupasan pada kulit tangan terasa sakit. Di sisi lain, kamu mungkin akan menerima berbagai pelembab atau salep khusus jika melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Share artikel ini
Reference