ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh

Gondongan umumnya menyerang anak-anak dan sangat menular, tapi juga bisa menular ke orang dewasa. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mengetahui berbagai penyebab dan cara penularannya agar dapat mencegahnya secara optimal.

Pembengkakan biasanya akan berlangsung selama sekitar 7 sampai 9 hari. Beberapa gejala yang berhubungan dengan gondongan adalah demam, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan dan mengunyah

Mengingat penyakit ini sangat menular dan sering terjadi di kalangan anak-anak. Cari tahu cara mengobati penyakit gondongan dan berbagai ciri ciri penyakit gondongan akan sembuh di bawah ini.

Ciri-ciri penyakit gondongan sembuh

gondongan
gondongan

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan ketika seseorang mengalami gejala penyakit gondongan adalah mencegah agar penyakit tersebut tidak menyebar atau menular ke orang lain.

Gejala gondongan biasanya muncul sekitar 2-3 minggu setelah terpapar virus. Namun, beberapa orang yang terinfeksi virus gondongan tidak memiliki tanda atau gejala apapun. Berikut sejumlah gejala atau tanda penyakit gondok yang harus diwaspadai:

1. Lebih mudah membuka mulut

Rasa pembengkakan di sekitar pipi dan rahang yang sebelumnya membuat kamu susah untuk membuka mulut perlahan akan lebih mudah.

2. Hilangnya rasa sakit saat mengunyah atau menelan

Ciri ciri penyakit gondongan akan sembuh, biasanya tidak ada lagi pembengkakan yang membuat kamu merasa sakit saat mengunyah atau menelan. Hal ini karena saat mengunyah atau menelan, mulut dituntut banyak bergerak. Jika kamu merasa tidak sakit lagi, berarti gondongan perlahan akan sembuh.

3. Tidak bengkak di sekitar pipi dan rahang

Tanda umum penyakit gondongan adalah pembengkakan di sekitar pipi dan rahang. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah atau kelenjar parotis. Pada pembengkakan, akan terjadi pada salah satu atau bahkan kedua sisi wajah. Jika kamu tidak merasakan sakit dan bengkak lagi, itu tandanya kamu akan segera sembuh.

4. Rasa sakit pada kelenjar ludah akan berkurang

Kelenjar ludah yang membengkak memang dapat menyebabkan rasa sakit. Selain itu, kulit di sekitar gondongan yang juga meregang, akan memberikan sensasi seperti tertarik pada wajah kamu. Jika akan sembuh, rasa sakit pada kelenjar ludah kamu akan berkurang.

5. Sakit otot dan sakit kepala dan demam mulai mereda

Ciri ciri penyakit gondongan akan sembuh juga biasanya ditandai dengan berhentinya demam karena gondongan, sakit kepala, dan bahkan nyeri pada otot yang mulai menghilang.

Selain untuk Nyeri Otot, Oskadon SP Obat Apa? Ini Manfaat Lainnya!

Cara mengobati gondongan

Umumnya, cara mengobati gondong akan tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan berapa lama pasien mengalami kondisi tersebut.

Karena disebabkan oleh virus, gondong biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik. Yang bisa dilakukan pasien adalah mengobati gejalanya agar lebih nyaman. Berikut ini contohnya:

  • Minum air mineral yang banyak
  • Konsumsi makanan seperti bubur atau sup
  • Hindari makan dan minum asam karena bisa memicu kelenjar ludah terasa perih
  • Oleskan kompres dingin pada kelenjar yang bengkak
  • Minum obat pereda nyeri dan penurun demam, seperti parasetamol atau ibuprofen
  • Istirahatlah jika kamu merasa lelah
  • Isolasi untuk menghindari penularan

Cara mengobati gondongan dengan jahe

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh biasanya tidak lagi merasakan demam, dan akan lebih mudah menelan makanan.

Jika tidak kunjung sembuh, kamu juga bisa mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengobati penyakit gondongan pada anak, salah satunya jahe.

Jahe merupakan salah satu obat gondongan alami pada anak karena memiliki sifat antivirus dan anti inflamasi yang ada di dalamnya. Selain itu, membantu meredakan nyeri secara alami.

Selain menambahkannya ke dalam makanan bersama sup, kamu bisa membuat pasta jahe dan mengoleskannya ke area pipi yang mengalami pembengkakan.

Adanya kandungan minyak atsiri dalam jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghangatkan tubuh, dan mengatasi risiko peradangan.

Jika ciri ciri penyakit gondongan akan sembuh, kamu juga dapat menggunakan semprotan herbal dari jahe yang dapat menjadi solusi mudah dan murah. Semprotan dari jahe juga ternyata berguna untuk mengobati penderita diabetes dalam meningkatkan air liur dan mengobati mulut keringnya.

Sebenarnya, cara mencegah penyakit gondongan adalah dengan memberikan vaksin MMR yakni campak, gondongan, dan rubella pada anak. Hal ini guna melindungi tubuh dari penyakit gondongan, rubella, dan campak.

Share artikel ini
Reference