manfaat propolis untuk kesehatan

manfaat propolis untuk kesehatan

Saat ini, sudah banyak kandungan propolis yang ada di dalam minuman, skincare, hingga vitamin. Nyatanya, kandungan yang cukup terkenal ini memiliki segudang manfaat, lho.

Tidak hanya untuk kecantikan, bahkan ada banyak manfaat propolis untuk kesehatan. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh propolis untuk tubuh?

Di artikel kali ini, kita akan membahas berbagai penjelasan mengenai propolis, manfaat, serta efek sampingnya. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu propolis?

Jadi sebenarnya, apa itu propolis? Melansir dari Web MD, propolis adalah senyawa seperti resin atau getah dari lebah yang mereka gunakan untuk membangun sarang. 

Nah, banyak orang biasanya menggunakan propolis untuk diabetes, luka sariawan pada daerah mulut, pembengkakan, dan luka di dalam mulut. 

Hal tersebut didukung oleh penelitian dari jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2017), yang menunjukkan jika propolis memiliki banyak sifat penyembuhan, termasuk efek antimikroba, anti jamur, anti virus, anti inflamasi, dan anti tumor.

Biasanya, propolis banyak tersedia dalam bentuk suplemen, bahan dalam produk obat tertentu yang dioleskan langsung ke kulit, seperti salep dan krim. 

Selain itu, propolis kadang-kadang terkandung dalam semprotan hidung atau tenggorokan, obat kumur, dan pasta gigi.

apa itu propolis
apa itu propolis

Manfaat propolis untuk kesehatan

Lantas, apa saja manfaat propolis untuk kesehatan? Dengan sifat dan hasil penelitian yang disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi propolis, seperti yang ada di bawah ini.

1. Menyembuhkan luka di kulit

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan propolis langsung ke bagian kulit yang terluka dapat membantu menyembuhkan lukanya. 

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research (2010), para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak propolis memiliki efek melawan virus yang dapat membantu melawan virus herpes simpleks tipe 1, yakni virus yang menyebabkan cold sores di kulit.

2. Mengobati herpes kelamin

Herpes kelamin adalah virus yang menyebabkan infeksi bagian kelamin. Dari beberapa penelitian, salep yang mengandung flavonoid yang bersumber dari propolis terkenal lebih efektif daripada salep jenis lainnya dalam menyembuhkan luka yang berhubungan dengan herpes genital atau kelamin.

3. Perawatan luka bakar

Apakah kamu memiliki bekas luka bakar di bagian tubuh? Manfaat propolis untuk kesehatan juga bisa menjadi bahan yang menyembuhkan luka bakar, lho. Bahkan, propolis juga menawarkan manfaat anti inflamasi juga.

4. Mengurangi gangguan sistem pencernaan

Komponen dalam propolis telah terbukti efektif menghilangkan patogen atau kuman, termasuk bakteri H. pylori yang bisa hidup di dalam lambung sehingga bisa mengobati kanker sistem pencernaan serta masalah lainnya yang berhubungan dengan pencernaan tubuh. Namun, penelitian ini baru terbatas pada hewan dan kultur sel.

5. Mengontrol gigi berlubang

Mengutip dari jurnal Biological and Pharmaceutical Bulletin (2018), propolis dapat membantu mencegah gigi berlubang.

Dalam penelitian laboratorium, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa yang ditemukan di dalamnya membantu menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans atau bakteri mulut yang diketahui berkontribusi pada perkembangan gigi berlubang.

Efek samping propolis

Namun, bahan yang satu ini juga memiliki beberapa efek samping, lho. Sebaiknya, hindari penggunaan propolis jika kamu menderita asma atau alergi terhadap produk sampingan lebah seperti madu. 

Sebab, propolis dapat memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko pendarahan pada orang dengan gangguan pendarahan atau selama operasi.

Jika kamu tidak memiliki asma atau alergi, meminum vitamin dengan kandungan propolis tergolong aman. Begitu pula jika kamu mengoleskan salep dengan kandungan ini di dalamnya.

Jadi, efek samping alergi biasanya hanya akan datang jika tubuhmu memang tidak dapat menoleransi senyawa yang berasal dari lebah.

Melansir dari Medical News Today, propolis aman untuk digunakan manusia pada dosis yang wajar, baik pada kulit maupun secara internal. Laporan reaksi alergi juga jarang terjadi dan tidak ada kasus parah yang tercatat.

Namun, saat mencari produk propolis, usahakan untuk memeriksa apakah produsen telah melakukan pengujian pihak ketiga untuk memverifikasi bahwa propolis itu murni dan aman untuk digunakan.

Nah, itu dia penjelasan, manfaat propolis untuk kesehatan, serta efek sampingnya yang mungkin bisa kamu alami jika memang memiliki alergi.

Namun jika kamu tidak memiliki alergi apa pun, penggunaannya malah bisa menghadirkan sejumlah manfaat baik untuk kamu dan kesehatan tubuh.

Jadi, kamu bisa mengonsumsinya jika memang tidak memiliki alergi sama sekali, ya. 

Share artikel ini
Reference