cara mengobati bisul dengan bawang putih

Cara mengobati bisul dengan bawang putih sudah menjadi pengobatan turun temurun sejak dulu. Bawang putih dikenal sebagai senyawa antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat kuat, juga dapat menangani dan mengobati berbagai jenis infeksi bakteri termasuk bisul.

Bisul merupakan infeksi bakteri, terbentuk dari kelenjar minyak dan folikel rambut sehingga mengandung nanah. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, bisul yang parah akan mengalami pembengkakan dan harus mendapat penanganan khusus.

Kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk bisul

Bawang putih mengandung senyawa alisin yang bersifat antiseptik, antivirus, antijamur, dan antibakteri. Senyawa ini menjadi kandungan yang mampu menyembuhkan bisul, juga mengurangi pembengkakan dan peradangan yang menimbulkan nyeri.

Beberapa vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam bawang putih yaitu Zink, Vitamin B6, Vitamin c, selenium dan tembaga. Semua kandungan tersebut dapat mengurangi tingkat keparahan bisul. 

Cara mengobati bisul dengan bawang putih

Cara alami obati bisul

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati bisul dengan bawang putih. Pastikan kamu mengikuti langkahnya dengan benar agar bisul bisa sembuh dengan efektif. Berikut beberapa caranya:

1. Makan bawang putih mentah

Memakan bawang putih mentah dan utuh menjadi cara yang cukup efektif menyembuhkan bisul, juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Hanya saja kamu harus kuat akan aroma dan rasanya yang kuat.

2. Konsumsi pil bawang putih 

Jika kamu tidak menyukai rasa bawang putih, maka kamu bisa membeli pil bawang putih untuk menyembuhkan bisul. Belilah pil dengan merek terkenal dan sudah BPOM.

3. Menempelkan bawang putih pada bisul

Cara ini menjadi pilihan banyak orang karena mudah dan cukup efektif. Berikut langkah-langkahnya:

  • Iris satu siung bawang putih dari tengah secara vertikal
  • Oleskan salah satu wajah irisan siung bawang putih yang dipotong pada bisul
  • Balut dengan perban untuk memastikan siung bawang putih tetap di tempatnya
  • Biarkan selama 1-2 jam
  • Lakukan 2-3 kali sehari
  1. Pasta bawang merah dan bawang putih untuk bisul

Menggunakan kombinasi bawang merah dan bawang putih sangat efektif menyembuhkan bisul dengan cepat. Caranya yaitu:

  • Cincang beberapa siung bawang putih dengan alat pemeras bawang putih
  • Parut bawang dalam jumlah yang sama di parutan
  • Aduk rata dan oleskan lapisan tebal pada bisul
  • Balut dengan perban
  • Biarkan selama 1-2 jam
  • Lakukan 2-3 kali sehari

 

4. Bawang putih dan kunyit rebus

Menggunakan kunyit dan bawang putih bersama-sama menyembuhkan bisul lebih cepat. Ikuti cara berikut ini:

  • Hancurkan satu siung bawang putih
  • Tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan aduk rata untuk membuat pasta kental
  • Oleskan pasta pada bisul
  • Biarkan selama 30 menit
  • Cuci bersih
  • Lakukan 2-3 kali sehari

7 cara alami mengobati bisul lainnya

Tidak hanya menggunakan bawang putih, kamu juga bisa mengobati bisul dengan bahan alami lainnya. Berikut adalah cara alami dalam mengobati bisul:

  1. Kompres hangat

American Academy of Dermatology menyarankan untuk merendam waslap dalam air hangat dan mengompres ke area bisul selama 10 hingga 15 menit, tiga atau empat kali sehari. Ini akan membantu memecah nanah dari dalam.

  1. Minyak pohon teh untuk bisul

Minyak pohon teh berasal dari pohon melaleuca Australia dan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Itu membuatnya berguna dalam mengobati infeksi bakteri yang dapat menyebabkan bisul.

  1. Kunyit

Senyawa utama dan bahan aktif kunyit adalah kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu memerangi infeksi bisul.

  1. Garam epsom 

Magnesium sulfat adalah mineral alami yang ditemukan di Epsom, membantu mengeringkan nanah dari bisul. Rendam waslap dalam larutan air hangat dan garam Epsom, lalu kompreskan selama 30 menit.

  1. Minyak jarak

Terbuat dari tanaman jarak, minyak ini mengandung asam risinoleat, asam lemak yang dapat membantu memecah bakteri yang terperangkap, seperti bisul.

  1. Minyak nimba 

Minyak nimba, alias lilac India, dibuat dari buah dan biji pohon cemara yang ditemukan di India.

Karena sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba nya, ia dapat ditemukan dalam sabun, losion, pengusir serangga, dan salep yang mengobati infeksi kulit (termasuk bisul).

  1. Minyak tridax daisy

Juga dikenal sebagai kancing mantel, gulma tropis ini telah lama digunakan di India untuk meningkatkan penyembuhan. Minyak tridax daisy terbuat dari daun, batang, dan bunga tanaman dan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Mengobati bisul dengan bahan alami mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari 5-10 hari. Jika bisul tidak kunjung mereda, sepertinya kamu mengalami bisul yang parah dan perlu tindakan dari dokter.

Share artikel ini
Reference