BTS hiatus

Hi kpopers, apakah kamu sudah dengar bahwa BTS akan hiatus sebagai grup? Kenyataan yang mengejutkan Army ini diketahui setelah BTS merayakan ulang tahun mereka yang ke-9 pada tanggal 14 Juni 2022 lalu.

Pengumuman ini diungkapkan member saat acara Pesta Dinner yang merupakan bagian dari perayaan ulang tahun BTS.

Kenyataan pahit yang didengar oleh para fans BTS atau Army ini tidak terlepas dari banyak pertanyaan tentang hiatusnya grup idol Korea yang tampak penuh dengan ketenaran, kekayaan dan kemewahan ini. Kira-kira apa yang sebab idol grup ini memutuskan untuk hiatus?

Perjalanan BTS di industri K-Pop

member bts

BTS atau Bangtan Sonyeondan (Bangtan Boys) adalah grup vokal dengan member BTS 7 pria. 12 Juni 2013 lalu, BTS atau yang mempunyai akronim lain Beyond The Scene itu membawakan lagu berjudul ‘2 Cool 4 Skool’ yang mendukung debut pertama mereka pada 13 Juni 2013. 

Selama hampir 10 tahun, idol grup asal Seoul Korea Selatan ini telah menjadi salah satu grup band idol Korea dan dunia.

Pada 2018, BTS telah menerima sertifikasi 2x platinum untuk single mereka dengan kategori penjualan sebanyak 500.000 eksemplar untuk tangga lagu Oricon pada tahun tersebut.

Mempunyai 7 personil pria penuh bakat, yaitu J-Hope, RM, Suga, Jimin, V, Jin, dan Jungkook, idol grup ini berada dibawah naungan Big Hit Music.

Genre music yang dimainkan oleh BTS yaitu Pop Korea, R&B Kontemporer, Hip Hop, hingga music dansa elektronik.

Baca juga: Fakta Unik Penampilan Menarik BTS di Grammy Award 2022

BTS umumkan hiatus sementara waktu

Kesuksesan BTS selama 9 tahun berkarya tak pelak membuat Army menangis dan terharu akan pengumuman hiatus mereka.

Pengumuman hiatus yang disampaikan melalui kanal Youtube Bangtan TV tersebut didorong alasan oleh para member yang sementara ingin focus bersolo karir dan rehat sejenak dari aktivitas sebagai grup.

Salah satu member BTS, Jungkook, menyatakan bahwa mereka akan kembali dengan konsep lebih matang dari yang sekarang. Sementara member lain juga tampak berkaca-kaca ketika pada akhirnya keputusan berat tersebut sampai di telinga Army.

Selain itu, member juga mengungkapkan akan adanya pasang surut dalam grup selama 10 tahun terakhir. Apakah maksud dari hiatus dan mungkinkah BTS akan kembali ya, k-poppers?

Baca juga: Dijamin Sukses Besar, Ini Deretan Fakta Menarik Album Terbaru BTS!

Apa itu hiatus?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hiatus adalah dikaitkan dengan ranah kebahasaan atau linguistik.

Hiatus merupakan peralihan antara 2 monoftong berdampingan yang membentuk 2 suku kata berurutan tanpa jeda konsonan. Namun, kata hiatus kini popular dengan arti pengambilan waktu untuk jeda atau istirahat.

Hiatus sering dipakai oleh public figure seperti artis, creator, penulis, musisi dan sebagainya jika sebelumnya aktif dalam berkarya, namun ingin mengambil jeda atau istirahat dalam kurun waktu tertentu serta akan kembali jika sudah saatnya.

SNSD hiatus

Kata ini populer dipakai di media sosial dan kalangan hiburan untuk mengabarkan kepada fans atau penggemar tentang ketiadaan sementara mereka untuk beristirahat dari aktivitas yang biasa dilakukan.

Sejarah kata hiatus sendiri berasal dari kata hiare yang artinya menguap atau menganga. Kata ini pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke 16.

Pada waktu itu, hiatus mempunyai arti bukaan atau celah yang sama artinya seperti gua di tebing. Seorang novelis bernama Laurence Sterne pada abad ke-18 menggunakan kata ini untuk diartikan sebagai jeda.

Hiatus mulai mengalami pergeseran makna hingga popular seperti saat ini. Apakah hiatus yang dilakukan BTS ini berarti mereka akan berhenti sementara dan mulai lagi suatu saat?

Perbedaan hiatus dan vakum

Banyak orang yang salah mengira bahwa hiatus adalah sama dengan vakum. Jelas kedua kata ini mempunyai arti yang berbeda lho, k-poppers.

Kata hiatus yang berarti jeda dengan waktu kosong sekarang dan nanti, serta kapan akhir hiatus yang sudah ditentukan. 

Berbeda dengan vakum yang artinya adalah jeda yang kosong antara saat ini dengan waktu yang akan datang namun cenderung tidak tahu kapan berakhirnya masa vakum tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa idol, khususnya idol Kpop, sering memilih hiatus dari dunia hiburan, yaitu:

  • Keinginan pribadi atau kelompok untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk dunia hiburan atau pertelevisian. Hal ini sering disebabkan karena pekerjaan yang melelahkan sehingga mereka butuh jeda untuk beristirahat dan menghabiskan waktu untuk diri mereka sendiri dan keluarga.
  • Hiatus juga sering dilakukan idol ketika akan melangsungkan pernikahan dan memiliki anak sehingga akan lebih fokus pada keluarga mereka.
  • Hiatus dilakukan saat idol saat terkena skandal yang menarik perhatian netizen
  • Hiatus dilakukan saat seseorang membutuhkan perawatan ekstra atau sakit.
  • Haiatus dapat terjadi saat seorang actor sulit menghilangkan karakter drama yang terlalu melekat pada dirinya sehingga tidak langsung mengambil drama atau pekerjaan yang baru.
  • Hiatus sering terjadi pada idol pria yang harus menjalani wajib militer atau wamil selama 2 tahun.

Beberapa alasan hiatus ini mungkin agak berbeda ya kpopers dengan alasan BTS sendiri yang tetap ingin berkarya solo pada jalurnya masing-masing.

Apapun alasan mereka, kita doakan semoga BTS tetap bisa menyajikan karya terbaiknya untuk para Army dan segera kembali sebagai idol grup dengan tampilan dan ide yang lebih matang, ya!

Share artikel ini
Reference