telinga berdenging sebelah kiri

Tinnitus Otitis Meningitis Hearing Loss. Upset suffering tanned beautiful young Asian woman holding aching ear at home interior living room. Injuries Poor health Illness concept. Cool offer Banner

Telinga berdenging sebelah kiri merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebab, dengungan yang dihasilkan mampu membuat seseorang merasa terganggu dan sulit untuk fokus mengerjakan sesuatu.

Kamu pernah mengalami situasi di mana telinga berdenging sebelah kiri? Situasi ini bisa diobati, kok.

Lalu, bagaimana cara pengobatannya? Sebelum membahas lebih jauh, kita ulik dulu mengenai telinga berdenging sebelah kiri, yuk!

Jadi, arti telinga berdenging sebelah kiri adalah

Dalam dunia medis, telinga berdenging sebelah kiri merupakan salah satu gejala yang bisa disangkut-pautkan dengan tinnitus.

Tinnitus sendiri merupakan posisi di mana telinga kamu merasakan ada dengungan baik dalam jangka waktu sementara atau cukup lama.

Tidak perlu khawatir berlebih, tinnitus sendiri kerap dialami oleh 20% orang dewasa, lho. Suara dengungan yang didengar biasanya berupa desisan dan hanya bisa didengar oleh penderita tinnitus tersebut.

Volume suara yang bisa didengar pun beragam, mulai dari suara dengungan yang pelan hingga cukup kencang. Kira-kira, apa saja penyebab telinga berdenging sebelah kiri atau tinnitus, ya?

Apakah mungkin dikarenakan memakai headset terlalu lama? Supaya tidak salah lagi, bahas penyebabnya satu per satu, yuk!

Penyebab telinga berdenging sebelah kiri menurut medis

Pada dasarnya, telinga berdenging sebelah kiri memiliki alasannya tersendiri menurut medis. Jika kamu pernah mengalami situasi ini, bisa jadi penyebabnya adalah salah satu hal seperti berikut:

1. Gangguan pendengaran

Adanya gangguan pendengaran merupakan salah satu alasan telinga berdenging sebelah kiri. Seperti yang sempat dijelaskan, situasi ini kerap dialami oleh orang dewasa.

Semakin bertambahnya usia, fungsi telinga sebagai indra pendengar pun akan semakin berkurang. Maka dari itu, tidak heran jika gangguan pendengaran akan dialami oleh pribadi yang sudah berumur setidaknya 60 tahun.

2. Terlalu banyak kotoran telinga

Selain efek usia, telinga berdenging sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh banyaknya kotoran yang ada di telinga. Pada dasarnya, kotoran di telinga memang akan selalu ada.

Jika tidak dibersihkan secara berkala, kotoran tersebut bisa menumpuk di dalam telinga. Akibatnya, dengungan pun akan terdengar jelas karena fungsi telinga ikut menurun.

3. Suara keras

Salah satu kemungkinan besar dari penyebab telinga berdenging sebelah kiri adalah mendengar suara yang keras. Jika kamu kerap mendengar suara dalam volume yang tinggi seperti konser atau mesin, fungsi telinga akan ikut rusak.

Sebab, telinga memiliki batas maksimal suara yang bisa didengar dan dialirkan ke dalam bagian telinga itu sendiri.

4. Obat-obatan

Tidak kalah penting, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga perlu diwaspadai, lho. Sebab, bisa jadi ini alasan utama timbulnya dengungan di telingamu.

Beberapa jenis obat yang bisa menjadi penyebabnya adalah aspirin, antibiotik tertentu, obat kanker, antidepresan, hingga obat anti inflamasi nonsteroid.

Nah, kalau dosis dari obat tersebut cukup kuat dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, semakin besar juga kemungkinan kamu untuk mengalami masalah telinga berdenging sebelah kiri.

5. Sinusitis

Sinusitis adalah radang yang muncul pada dinding sinus. Kondisi sinusitis juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kiri.

Namun, jika disebabkan oleh sinus, biasanya dengungan tersebut tidak akan berlangsung lama.

Cara mengobati telinga berdenging sebelah kiri

Itulah beberapa kemungkinan atau penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Lalu, bagaimana cara mengobatinya agar bisa sembuh? Kamu bisa mengikuti saran di bawah ini, ya!

1. CBT

CBT atau cognitive-behavioural therapy (CBT) adalah terapi yang bisa dijalankan untuk mengobati telinga berdenging sebelah kiri.

Dalam terapi ini, kamu bisa mempelajari teknik pernapasan dan relaksasi otot yang disebabkan oleh tinnitus.

2. Menggunakan alat bantu dengar

Jika suara dengungan yang ada di telinga cukup kencang dan lama, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan alat bantu dengar.

Sebab, penggunaan alat bantu dengar mampu meningkatkan volume suara eksternal untuk penderita tinnitus.

3. Membersihkan telinga secara berkala

Wajib dilakukan secara berkala, kamu perlu membersihkan telinga dengan rajin, ya. Agar kotoran di telinga bisa bersih sepenuhnya, cobalah untuk pergi ke dokter.

Biasanya, kotoran di telingamu akan dibersihkan menggunakan alat tertentu agar menghindari adanya infeksi.

4. Konsumsi obat

Cara mengobati telinga berdenging sebelah kiri juga bisa dengan mengonsumsi obat, lho. Salah satu rekomendasi obat yang bisa membantu adalah Xanax.

Namun, kamu perlu mengonsultasikan lebih lanjut kepada dokter, ya. Nah, biasanya penggunaan obat-obatan ini juga mempunyai efek samping seperti mual, sembelit, atau mudah lelah.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai telinga berdenging sebelah kiri mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Jika kamu pernah mengalaminya, tidak perlu khawatir, ya! Cobalah beberapa cara di atas agar frekuensi dengungan di telinga bisa berkurang.

Share artikel ini
Reference