cara mengencangkan otot vagina

Otot vagina kencang menjadi idaman semua wanita, karena dianggap seperti kembali menjadi perawan. Tentu pendapat ini tak sepenuhnya benar. Kamu sendiri sebenarnya bisa melakukan cara mengencangkan otot vagina. Pastinya, harus rutin melakukan latihan tersebut agar bisa mendapat kondisi otot vagina yang lebih kencang.

Salah satu penyebab otot vagina tak lagi kencang adalah persalinan normal. Proses persalinan akan membuat otot di area tersebut mengendur berkali-kali lipat, sehingga membuat para ibu ingin mengencangkannya lagi.

Mengenal kondisi otot vagina

Vagina memiliki otot-otot elastis yang dapat meregang jauh dan bisa kembali seperti bentuk semula. Jika kamu belum pernah melakukan hubungan seksual ataupun melahirkan, normalnya otot vagina akan sangat rapat.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi otot vagina:

  • Seks. Otot vagina awalnya berada pada kondisi tegang, saat kamu melakukan penetrasi seksual, maka otot akan rileks. Jika kamu sudah selesai melakukan seks, otot kembali pada posisi semula.
  • Persalinan. Selama persalinan normal, otot-otot vagina akan meregang. Bentuk yang diregangkan ini kemudian akan kembali secara perlahan.
  • Usia. Tubuh manusia akan berubah seiring bertambahnya usia. Kulit dan otot secara bertahap mulai mengendur, begitu juga otot vagina yang akan terasa lebih longgar.

Apakah otot vagina bisa dikencangkan?

Otot vagina memiliki sifat elastis yang artinya bisa meregang dan dikencangkan kembali. Setelah melewati berbagai hal yang membuatnya meregang, jaringan vagina mampu kembali ke ukuran semula.

Salah satu cara paling terkenal untuk mengencangkan otot vagina adalah senam kegel. Gerakan-gerakan pada senam ini juga akan mengencangkan otot dasar panggul. Kamu akan mendapat banyak manfaat untuk organ reproduksimu jika rutin melakukan senam kegel.

Cara mengencangkan otot vagina

Saat sudah merasa otot vagina mulai longgar, kamu mungkin mencari cara paling efektif untuk mengencangkannya kembali. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Latihan Kegel

Senam kegel adalah cara paling efektif dan alami untuk mengencangkan dasar panggul, mengurangi inkontinensia, hingga meningkatkan kepuasan seksual. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Terapi Estrogen

Jika kamu malas melakukan senam kegel, alternatif lainnya yaitu terapi penggantian hormon (HRT). Kamu bisa mendapat formula hormone yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Terapi ini dilakukan untuk menggantikan hormon yang tidak lagi diproduksi tubuh. Kamu bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan hormon pengencang otot vagina.

3. Perawatan Herbal

Bahan-bahan herbal yang dikonsumsi atau dioleskan, rupanya bisa efektif dalam mengatasi masalah ini. Lakukan konsultasi dengan uroginekolog untuk meminta rekomendasi dan memastikan apa yang kamu gunakan tidak beracun dan aman untuk vagina.

Senam mengencangkan otot vagina

Kegel adalah jenis latihan dasar panggul yang paling umum. Banyak perempuan yang mengandalkan senam kegel untuk mengencangkan kembali vagina mereka. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini;

  1. Kencangkan otot vagina, lakukan seperti saat kamu menahan buang air kecil.
  2. Pastikan otot perut, pantat, dan paha tidak ikut berkontraksi.
  3. Usahakan untuk bernafas seperti biasa dan tidak menahan nafas.
  4. Melemaskan otot selama 3 detik.
  5. Ulangi latihan otot tersebut sampai 10 kali.

Kamu bisa melakukan latihan otot ini setiap hari, luangkan waktu yang pas untuk merasakan relaksasi otot. Semakin sering kamu berlatih, Miss V akan semakin kencang dan rapat.

Tips menjaga kesehatan otot vagina yang baik

Menjaga kesehatan otot vagina juga penting agar vagina tetap elastis dan tidak sulit untuk kembali ke bentuk semula setelah meregang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan vaginamu:

  • Hindari penurunan badan secara drastis.
  • Rutin melatih otot vagina.
  • Sempatkan untuk duduk di atas bola gym.
  • Aktif secara seksual.
  • Tidak bersepeda jarak jauh, atau olahraga yang menimbulkan gesekan selangkangan.

Miss V yang tidak lagi rapat seperti dulu menjadi salah satu kecemasan banyak wanita. Namun kini kamu tidak perlu cemas lagi, ya.

Photo by Alex Shaw/Unsplash

Share artikel ini
Reference