bentuk puting payudara

Beautiful woman, breast examination by herself (BSE) Breast Cancer Awareness (BSE).

Pria maupun wanita sama-sama memiliki puting payudara. Sama seperti payudara dan bagian tubuh lainnya yang memiliki berbagai ukuran, begitu juga bentuk puting payudara. Hal ini dipengaruhi oleh gen dan beberapa faktor lainnya.

Mengetahui apa bentuk payudara kamu, mungkin bisa membantu beberapa deteksi penyakit dini sekaligus menenangkan pikiran jika selama ini kamu berpikir ada yang salah dengan bentuknya. Yuk, cari tahu apa saja bentuk-bentuk puting payudara.

Apa itu puting payudara?

Puting adalah tonjolan (benjolan) jaringan yang berada di payudara, di mana ASI mengalir selama menyusui. Puting susu dikelilingi oleh lingkaran berpigmen yang disebut areola. Tergantung pada warna kulit seseorang, warnanya mungkin merah muda hingga coklat. Areola memiliki kelenjar yang melumasi puting untuk membantu menyusui.

Sekitar 1 hingga 5 persen orang di seluruh dunia memiliki puting tambahan yang dikenal sebagai puting susu supernumerary. Namun, puting ekstra ini tidak membahayakan atau perlu dilepas.

Bentuk puting payudara

Ada berbagai macam puting payudara dan semuanya normal. Selain itu, mungkin untuk memiliki kombinasi dua atau lebih jenis (seperti menonjol dan bergelombang atau datar dan berbulu) puting, lho. Berikut ini berbagai bentuknya:

1. Puting menonjol

Meskipun puting yang menonjol adalah jenis yang paling umum, bentuk pastinya juga dapat bervariasi dari orang ke orang. Satu studi menemukan bahwa rata-rata tinggi puting adalah 0,9 sentimeter. Puting yang menonjol dapat menjadi lebih tegak jika terkena dingin, terangsang oleh sentuhan, atau selama gairah seksual.

2. Puting terbalik

Alih-alih menonjol keluar, puting terbalik terselip di bawah permukaan kulit. Akibatnya, mereka bisa tampak penyok atau tersedot. Pembalikan puting biasanya merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Puting susu terbalik terjadi karena saluran susu yang memendek yang menarik jaringan puting ke dalam. Puting susu yang menonjol dapat terbalik, terutama saat dirangsang. Namun, beberapa puting yang terbalik tidak akan pernah menonjol. Meskipun tidak berbahaya, puting yang terbalik dapat mempersulit menyusui.

Di satu sisi, puting menonjol yang tiba-tiba menjadi terbalik bisa menjadi tanda kanker payudara.

3. Puting datar

Puting datar tidak terangkat atau terbalik, melainkan berada sejajar dengan areola. Beberapa puting datar akan menjadi tegak karena suhu dingin, rangsangan, atau gairah seksual, sementara yang lain akan tetap datar.

Wanita dengan puting datar yang berencana untuk menyusui mungkin mengalami beberapa kesulitan. Ibu dapat mencoba dengan lembut menarik puting susu dan menekannya di antara jari-jari agar puting menonjol. Menggunakan pompa payudara selama beberapa detik sebelum menyusui juga dapat membantu menarik puting ke luar.

4. Puting retraksi

Puting susu yang awalnya menonjol tetapi mulai tertarik ke dalam, berubah posisi, atau terlipat menjadi lipatan sempit disebut puting retraksi. Tidak seperti puting yang terbalik, jenis puting ini tidak akan menonjol saat dirangsang.

Puting retraksi dapat terjadi akibat penuaan, ektasia duktus (ketika saluran susu menjadi bengkak dan tersumbat), atau kanker payudara. Pemindaian mammogram, ultrasound payudara, atau pencitraan resonansi magnetik payudara (MRI) akan membantu mendiagnosis penyebab perubahan putting.

5. Puting berbulu

Folikel rambut mengelilingi puting, jadi normal jika beberapa helai tumbuh di sana. Namun, mencabut bulu dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan folikel terinfeksi. Memotong atau mencukur adalah pilihan yang lebih baik.

Jika ada lebih dari beberapa helai rambut di sekitar puting dan kamu melihat pertumbuhan rambut di area lain (seperti wajah), ini merupakan kondisi yang dikenal sebagai hirsutisme.

Penyebab pertumbuhan rambut yang berlebihan antara lain:

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS), kondisi medis umum yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon
  • Sindrom Cushing, kelainan yang terjadi ketika tubuh terpapar hormon stres yang disebut kortisol dalam jumlah berlebihan
  • Kelebihan produksi hormon pria seperti androgen
  • Obat-obatan seperti glukokortikosteroid dan testosteron

Gangguan kesehatan pada puting payudara

Masalah puting payudara dapat menyebabkan ketidaknyamanan dari waktu ke waktu pada setiap individu, tetapi sebagian besar penyebabnya tidak serius. Beberapa gejala, bagaimanapun, dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang cukup serius.

1. Ektasia

Ektasia adalah kondisi payudara non-kanker di mana saluran susu menjadi lebih lebar. Bagi sebagian orang, ektasia dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran susu. Hal ini dapat menyebabkan cairan menggenang dan bocor ke jaringan di sekitarnya.

Infeksi saluran susu dapat menyebabkan nyeri pada payudara dan keluarnya cairan kental dan lengket dari puting susu. Ini juga dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan puting tertarik ke dalam atau terbalik.

Mengobati gejala ektasia dapat dilakukan dengan kompres hangat yang ditempelkan pada area tersebut. Ini membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Beberapa antibiotik mungkin diperlukan untuk mengobati infeksi. Dalam kasus yang lebih parah, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat saluran susu.

2. Galaktorea

Galaktorea adalah keluarnya cairan susu dari salah satu atau kedua puting susu yang tidak berhubungan dengan menyusui. Ini adalah masalah yang relatif umum yang mempengaruhi hingga 25 persen wanita. Siapa pun, termasuk bayi, bahkan dapat mengalami galaktorea. Namun kondisi ini sangat jarang.

Perawatan untuk galaktorea tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika penyebabnya adalah obat-obatan, dokter mungkin menyarankan untuk menghentikan pengobatan. Mereka mungkin merekomendasikan pengobatan alternatif yang lebih sesuai. Dokter juga dapat meresepkan obat untuk mengurangi produksi prolaktin untuk mengobati galaktorea.

3. Mastitis laktasi

Mastitis laktasi adalah suatu kondisi yang dapat berkembang pada wanita yang sedang menyusui. Hal ini menyebabkan payudara menjadi merah, nyeri, dan bengkak. Mastitis laktasi terjadi karena saluran susu yang buruk dan dapat terjadi akibat cedera pada puting susu. Ini menyebabkan pembengkakan jaringan payudara.

Pengobatan untuk mastitis laktasi dapat berupa antibiotik, yang dapat membersihkan infeksi. Dokter akan meresepkan jenis antibiotik yang tidak akan membahayakan anak melalui ASI ibu.

4. Paget payudara

Paget pada payudara adalah bentuk kanker payudara yang langka. Kanker ini bisa menyerang pria maupun wanita. Bentuk kanker ini dapat mempengaruhi puting dan kulit atau areola di sekitar puting. Jika seseorang memiliki kondisi tersebut, mereka mungkin juga memiliki satu atau lebih tumor di dalam payudara.

Paget pada payudara dapat diatasi dengan mastektomi, yaitu operasi pembedahan untuk mengangkat payudara yang terkena. Alternatif untuk mastektomi adalah pengangkatan puting susu diikuti dengan terapi radiasi.

5. Papiloma intraduktal

Papiloma intraduktal adalah benjolan kecil seperti kutil yang tidak berbahaya. Benjolan tumbuh di dalam saluran susu dan biasanya dekat dengan puting susu. Kondisinya tidak bersifat kanker. Metode untuk mengatasi masalah ini biasanya dengan menghapus saluran susu yang terkena papilloma intraduktal.

Share artikel ini
Reference