Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Kecantikan dan Kebugaran

Segudang Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut Dan Bayi

Putri Aprillia | Januari 4, 2022
Share

Manfaat minyak kemiri ternyata tidak hanya sebagai bahan masakan saja, lho. Minyak kemiri merupakan salah satu jenis minyak yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, terutama kesehatan rambut. Tertarik menggunakan minyak kemiri untuk kesehatan? Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat dari kemiri dan bagaimana cara memakainya, yuk segera simak ulasan dibawah ini.

Mengenal apa itu minyak kemiri

Minyak kemiri adalah ekstrak dari biji kemiri yang berasal dari tanaman dengan nama latin Aleurites Moluccana. Jenis tumbuhan ini berasal dari Hawaii dan sangat mudah tumbuh di wilayah dengan iklim tropis seperti pulau di Asia Tenggara. Bentuknya seperti kacang walnut. Terdapat 1-2 biji dalam setiap buah kemiri. Biji inilah yang nantinya akan diolah dan mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama rambut.

Minyak kemiri sejak zaman dahulu telah dikenal sebagai minyak penuh manfaat. Selain untuk bahan masakan yang kaya rempah, minyak kemiri juga biasa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu yang manfaat minyak kemiri yang cukup terkenal adalah baik untuk menjaga kesehatan rambut dan bayi.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak kandungan dan manfaat minyak kemiri sehingga begitu bermanfaat berikut ini.

Kandungan dalam minyak kemiri

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat minyak kemiri, simak dulu kandungan dalam biji kemiri yang bermanfaat untuk kesehatan rambut antara lain:

  • Asam oleat. Terdapat 15% dalam minyak kemiri, asam ini merupakan jenis lemak tidak jenuh tunggal. Terdapat berbagai manfaat seperti omega 9. Jenis lemak ni ditemukan pada tumbuhan dan hewan secara alami.
  • Asam linoleat. Kandungan asam ini 40% dengan manfaat omega-6. Jenis asam ini sangat penting karena tubuh tidak mampu untuk memproduksi sendiri asam linoleat.
  • Asam linolenat. Terdapat 30% kandungan asam ini dalam minyak kemiri. Manfaatnya berupa omega-3 yang tentunya diperlukan oleh tubuh.
  • Kandungan lain seperti vitamin b1, mineral, gliserida, protein, antioksidan, miristat dan lain-lain.

Manfaat minyak kemiri

Manfaat minyak ini jika dilihat dari kandungan alaminya memang banyak dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat umum yang dapat dirasakan dari penggunaan minyak kemiri:

1. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat minyak kemiri yang pertama ialah menjaga kelembaban kulit. Kandungan asam lemak tak jenuh dari kemiri ini dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Teksturnya yang tidak terlalu oily dapat dengan mudah meresap ke dalam pri-pori kulit. Jad, kulit tampak lebih kenyal dan halus.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Minyak kelapa juga mengandung banyak vitamin yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Misalnya vitamin E yang memiliki antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga kulit dapat tetap sehat dan terawat.

3. Menyembuhkan luka pada kulit

Jika kamu memiliki bekas luka atau masalah pada kulit lainnya, kamu bisa memanfaatkan minyak kemiri. Kandungan asam lemak dan antioksidannya mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti pecah-pecah, kulit kering, jerawat, psoriasis, iritasi ringan, dan bekas luka.

Selain itu, manfaat khusus yang terdapat dalam minyak kemiri adalah untuk kesehatan rambut dan bayi. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat mengetahuinya dari ulasan dibawah ini.

Minyak kemiri untuk rambut

Untuk kamu yang ingin rambutnya sehat dan terawat, yuk ketahui manfaat minyak kemiri dibawah ini ya.

1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok bagi sebagian orang memang sangat mengganggu. Minyak kemiri diketahui sangat ampuh untuk mengurangi keluhan ini. Penggunaan minyak kemiri pada rambut dapat mencegah kerontokan karena minyak ini akan menguatkan dari akar rambut.
Minyak kemiri juga dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi cepat. Protein dan mineral ada minyak kemiri akan membantu menguatkan akar rambut kamu, lho.

2. Rambut sehat dan berkilau

Nutrisi asam amino dan asam lemak akan mampu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Hal ini akan berdampak pada rambut yang tumbuh menjadi lebih sehat dan berkilau. Minyak kemiri juga membuat rambut menjadi halus dan tebal.

3. Menutrisi kulit kepala

Kandungan bermanfaat dalam minyak kemiri dapat membuat kulit kepala lebih bernutrisi. Minyak kemiri akan membantu mengatasi ketombe dan gatal. Manfaat minyak kemiri akan bisa kamu rasakan dengan penggunaan minyak yang baik dan teratur.

Minyak kemiri untuk bayi

Selain untuk rambut, ada banyak manfaat minyak kemiri untuk bayi yang bisa kamu gunakan. Bayi membutuhkan perawatan ekstra agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Seluruh bagian tubuhnya masih mengalami perkembangan dan ini adalah waktu yang tepat untuk dapat menutrisi bayi dan memberikan yang terbaik untuk proses tumbuh kembangnya.

Minyak kemiri dipercaya sejak dulu dapat menjadi tumbuhan yang dapat membantu proses pertumbuhan rambut bayi menjadi jauh lebih cepat. Manfaat minyak kemiri untuk bayi baru lahir antara lain:

  • Melebatkan rambut bayi
  • Menghitamkan rambut secara alami
  • Rambut menjadi sehat dan halus
  • Kulit kepala sehat dan bebas gatal

Minyak kemiri untuk bayi saat ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko. Untuk bentuknya juga sudah sangat modern, aman, dan mudah digunakan untuk bayi baru lahir.

Cara pakai minyak kemiri

Mengetahui manfaatnya yang sangat banyak harus dibarengi dengan pengetahuan akan cara pakainya bukan? Hal ini penting diketahui untuk memaksimalkan manfaat dari minyak itu sendiri.

Cara dibakar

Salah satu proses untuk mendapatkan minyak kemiri yaitu dengan dibakar, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan biji kemiri
  • Bersihkan kemiri, buang kulitnya
  • Cuci bersih
  • Bakar kemiri sampai menghitam
  • Blender biji kemiri sampai mengeluarkan minyak
  • Ambil minyaknya dan masukkan dalam wadah
  • Gunakan sesuai kebutuhan

Cara diperas

Cara lain untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri yaitu:

  • Siapkan biji kemiri, buang kulitnya
  • Cuci bersih kemiri
  • Blender, tumbuk atau parut kemiri hingga mendapatkan kemiri halus
  • Tambahkan air pada kemiri yang sudah dihaluskan
  • Peras kemiri dan saring untuk mendapatkan airnya
  • Diamkan 24 jam dalam wadah tertutup
  • Masak air perasan hingga menjadi minyak

Cara disangrai

Cara lain untuk mendapatkan minyak kemiri yaitu dengan disangrai:

  • Siapkan biji kemiri, buang kulitnya
  • Cuci bersih
  • Siapkan wajan tanpa minyak, masukkan biji kemiri dan sangrai hingga matang kehitaman
  • Haluskan biji kemiri hitam
  • Campurkan dengan sedikit air dan ambil minyaknya
  • Simpan dalam wadah

Selain dengan 3 cara diatas, kamu juga dapat memperoleh manfaat minyak kemiri dengan cara menggunakan produk kesehatan yang berbahan dasar kemiri. Produk ini sudah sangat banyak ditemukan di pasaran dan dijual bebas.

Demikianlah manfaat minyak kemiri yang bisa kamu dapatkan. Ternyata ada banyak manfaat kemiri yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan bayi, ya? Gunakan secara teratur dan dapatkan manfaat dari minyak kemiri dengan cara terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

Reference
Share