cara mengatasi insomnia paling ampuh

Kamu tentu sudah tak asing dengan kondisi ini, bukan? Gejala insomnia paling umum adalah sulit terlelap tidur. Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia paling ampuh? Ternyata cukup mudah dilakukan, lho. Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Tahukah kamu kalau insomnia bisa berlangsung dalam jangka pendek (akut) dan bisa juga berlangsung lama (kronis). Insomnia akut berlangsung semalam hingga beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis bisa terjadi minimal 3 malam dalam seminggu atau selama 3 bulan atau lebih.

Apa saja penyebab insomnia?

Jika ingin mengetahui cara mengatasi insomnia paling ampuh, maka kamu perlu mengenali terlebih dahulu penyebabnya. Lalu, apa saja penyebab insomnia? Berikut beberapa faktor yang bisa membuatmu insomnia:

1. Stres

Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, atau keluarga dapat membuat pikiranmu tetap terjaga di malam hari. Padahal, malam hari adalah waktu ideal untuk tidur. 

Stres juga bisa dipicu oleh peristiwa atau trauma kehidupan yang penuh tekanan, seperti kehilangan orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan pekerjaan. Jika kamu mengalami kejadian tersebut hingga memengaruhi waktu tidurmu, segeralah berkonsultasi dengan psikiater agar tidak berkembang menjadi kronis.

2. Kebiasaan tidur yang buruk

Kebiasaan tidur yang buruk meliputi jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang berlebihan, beraktivitas berat sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, hingga menggunakan handphone saat akan tidur. Jika diteruskan, kebiasaan tidur yang buruk ini akan membuatmu insomnia. 

3. Makan terlalu larut

Mengonsumsi makan berat sebelum tidur akan membuat kamu merasa tidak nyaman sehingga kamu kesulitan untuk tidur. Banyak orang yang makan berat sebelum tidur mengalami mulas dan asam lambung berbalik ke kerongkongan setelah makan sehingga menyebabkan tubuh tidak dapat beristirahat. 

4. Sleep apnea 

Sleep apnea membuat pernapasan terganggu saat tidur sehingga kualitas tidurmu pun akan terganggu. Kondisi ini bisa menjadi penyebab insomnia akut yang berkepanjangan. Ada baiknya, jika kamu sering mengalami sesak nafas saat tidur, langsung konsultasikan dengan dokter. 

5. Kafein, nikotin, dan alkohol

Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya adalah jenis minuman stimulan yang dapat membuat tubuh tetap terjaga. Jika kamu minum pada sore atau malam hari, maka akan membuatmu susah tidur.

Selain itu, nikotin juga merupakan stimulan yang dapat mengganggu tidur. Lalu, bagaimana dengan alkohol? Alkohol memang dapat membuatmu tertidur, tetapi alkohol tidak akan membuat tidurmu masuk dalam tahapan lebih dalam dan sering kali menyebabkan terbangun di tengah malam.

Sulit Tidur Saat Haid? Ini Tips Hilangkan Insomnia dan Tidur Nyenyak

Efek samping insomnia

cara mengatasi insomnia paling ampuh dan mudah dilakukan

Jika kamu sudah mengalami insomnia dalam waktu yang lama, biasanya tubuh akan mengalami kondisi berikut:

  • Insomnia menyebabkan konsentrasi yang buruk
  • Membuat seseorang mudah membuat kesalahan atau melupakan sesuatu
  • Membuat cemas dan depresi
  • Mengalami sakit kepala 
  • Pencernaan bermasalah

Selain itu, insomnia juga dapat mengakibatkan kecelakaan. Kurang tidur menyebabkan menurunnya konsentrasi sehingga akan fatal jika terjadi pada orang yang berkendara atau mengemudi. 

5+ Penyebab Susah Tidur yang Jarang Kamu Tahu

Cara mengatasi insomnia paling ampuh

Setelah mengetahui apa itu insomnia dan penyebabnya, kamu tentu penasaran dengan cara mengatasi insomnia paling ampuh. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Tidur teratur

Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Cobalah untuk tidak tidur siang karena dapat membuatmu menjadi kurang mengantuk di malam hari.

2. Kurangi penggunaan gadget

Jangan menggunakan handphone sebelum tidur. Cahaya dan radiasi dari gadget dapat membuat kamu lebih sulit untuk tertidur.

3. Kurangi kafein, nikotin, dan alkohol

Hindari kafein, nikotin, dan alkohol pada sore hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan yang dapat membuat kamu tidak bisa tidur. Alkohol juga dapat membuat kamu terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidur.

4. Berolahraga secara teratur

Cobalah untuk tidak berolahraga mendekati waktu tidur karena dapat membuat kamu sulit tidur. Para ahli menyarankan berolahraga setidaknya 3-4 jam sebelum tidur.

5. Buat kamar tidur menjadi nyaman

Buatlah kamar tidur menjadi gelap, tenang, dan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, gunakan penutup mata.

6. Bersantai sebelum tidur 

Baca buku, dengarkan musik, atau mandi air hangat agar membuatmu cepat tidur. Jika kamu tidak bisa tidur dan tidak mengantuk, bangunlah dan lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca hingga mengantuk.

7. Membuat daftar tugas yang perlu dikerjakan

Jika kamu cenderung tidak bisa tidur dan khawatir tentang berbagai hal atau overthinking, cobalah membuat daftar tugas yang akan kamu lakukan besok sebelum tidur. 

Jika kamu sudah melakukan berbagai langkah di atas, cara mengatasi insomnia paling ampuh lainnya adalah dengan berkonsultasi dengan psikiater dan mengonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan.

Berapa Jam Tidur yang Baik? Yuk Ketahui Faktanya!

Coba lakukan terlebih dahulu langkah-langkah di atas dan segeralah berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog jika kamu masih juga kesulitan untuk tidur. Selamat mencoba, Yoonies!



Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference