cara mengatasi kejenuhan hidup

Apakah kamu pernah mengalami rasa jenuh dalam hidup? Rasa jenis ini mungkin membuat kamu kurang bersemangat untuk menjalani rutinitas. Namun, tenang saja, kamu bisa coba cara mengatasi kejenuhan hidup melalui artikel berikut ini!

Mengapa sering jenuh?

Berikut beberapa penyebab mengapa seseorang sering jenuh.

1. Tidak memiliki tempat untuk menyalurkan energi

Kebosanan bisa terjadi ketika kamu merasa energik secara psikologis dan ingin terlibat dalam sesuatu tapi tidak ada kegiatan yang bisa kamu lakukan. Pikiranmu mungkin sangat aktif, namun kamu tidak punya tempat untuk menyalurkan energi tersebut, sehingga membuat kamu merasa bosan atau jenuh.

2. Kurangnya motivasi

Rasa tidak termotivasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kondisi kesehatan mental, stres, dan lainnya. Kurangnya motivasi bisa memicu rasa malas dan membuatmu terjebak dalam kebosanan. 

4 Pelajaran Hidup Dari Taylor Swift Untuk Semua Perempuan

3. Kurangnya kontrol situasi

Semakin sedikit kontrol yang kamu miliki atas suatu situasi, semakin besar kemungkinan kamu merasa bosan. Sebaliknya, jika kamu merasa dapat mempengaruhi lingkunganmu, kamu mungkin merasa lebih terlibat dalam tugas yang sedang dihadapi.

10 cara mengatasi kejenuhan hidup

apa itu insecure

Jika kamu mengalami kejenuhan, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi kejenuhan hidup berikut ini. 

1. Asah kreativitasmu

Kebosanan yang kamu rasakan mungkin dapat disebabkan karena terlalu banyak menggunakan otak kiri yang logis dan kurang menggunakan otak kanan yang kreatif dan emosional. Ketidakseimbangan penggunaan kedua bagian otak ini bisa membuatmu merasa gelisah dan merasa tidak puas atau bosan.

Kebosanan juga bisa menjadi rasa putus asa karena tidak memiliki ruang untuk berkreasi. Kamu bisa mulai mengasah kreativitasmu untuk mengatasi kejenuhan yang kamu rasakan.

2. Mewarnai

Banyak buku mewarnai yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kejenuhan dalam hidupmu. Selain bisa mengalihkan kebosanan, buku mewarnai ini juga dapat mengurangi stres dan kecemasan. 

3. Coba kegiatan di bidang seni

Kamu juga bisa mencoba melakukan kegiatan seru dengan seni, nih. Misalnya dengan menggambar atau melukis sendiri. Dalam dunia terapeutik, seni terapi bahkan sudah terbukti, loh.

Jika merasa bersemangat, coba gambarkan, beri warna, atau lukis karya senimu sendiri dari awal. Jika ingin mencoba seni dalam lingkungan terapeutik, seni terapi terbukti menyembuhkan berbagai kondisi dan gejala kesehatan mental.

Benarkah Menerapkan Acceptance Bisa Membuat Hidup Lebih Mudah?

4. Cobalah menulis

Kamu juga bisa menuangkan perasaan kamu dalam bentuk kata-kata misalnya dengan menulis puisi, lirik lagu atau cerita pendek.

5. Catat perasaanmu

Cara mengatasi kejenuhan hidup selanjutnya adalah dengan menulis dalam jurnal. Kegiatan ini dapat membantu kebosanan dan meningkatkan kesehatan mental serta fisik, loh. Menurut penelitian, menulis dengan emosi bahkan dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. 

6. Bicara dengan orang yang kamu percayai

Orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat cenderung menjalani kehidupan yang lebih bahagia, sehat, dan menyenangkan. Pertimbangkan untuk berbicara dengan seseorang yang kamu percayai atau seorang profesional untuk mengatasi perasaan bosan melalui komunikasi.

7. Hasilkan ide dan inovasi baru untuk tempat kerjamu

Kamu bisa mencoba menjadi kreatif di tempat kerja. Kamu bisa mencoba menghasilkan ide-inovasi baru untuk meningkatkan kinerjamu dan membuat kehidupanmu tidak terlalu menjenuhkan.

8. Manfaatkan Google untuk mencari kegiatan seru

Jika bosan dengan kehidupan dan tidak tahu harus berbuat apa, gunakan Google. Coba jelajahi wilayah-wilayah di Asia Tenggara dengan Google Earth, mempelajari budaya negara tertentu, dan hal seru lainnya. Gunakan juga Google Maps untuk menemukan objek wisata baru atau kegiatan seru di daerahmu.

9. Liburan

Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan liburan yang menyenangkan. Kamu bisa menemukan berbagai hal baru yang menarik. Saat kamu sudah merasa lebih baik dan merasa lebih segar, kamu bisa kembali menjalani rutinitas harian dengan cerita dan pengalaman menarik. 

10. Lakukan meditasi

Selain berlibur dan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya, cara mengatasi kejenuhan hidup yang bisa kamu coba adalah dengan meditasi dan relaksasi. Meditasi dan relaksasi terbukti mengurangi rangsangan psikologis dan perasaan bosan. Bahkan, teknik-teknik tersebut mungkin dapat meningkatkan kesehatan fisikmu.

Itulah kesepuluh cara mengatasi kejenuhan hidup yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!


Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference