cara memerahkan bibir secara alami

Salah satu masalah yang sering dihadapi banyak orang adalah bibir gelap. Warna bibir gelap cenderung membuat tidak percaya diri. Jika kamu salah satu orang yang memiliki masalah yang sama, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak cara memerahkan bibir secara alami yang aman dan mudah.

Yuk, cari tahu lebih jauh apa saja penyebab bibir gelap agar kamu bisa menghindarinya sejak dini! Jika bibir kamu terlanjur berwarna gelap, kamu bisa mengikuti beberapa cara memerahkan bibir secara alami di artikel ini.

Penyebab bibir gelap

Perbedaan warna bibir setiap orang bergantung pada pigmen yang disebut melanin. Melanin yang sedikit akan menghasilkan warna kulit yang lebih cerah, sedangkan melanin yang lebih banyak menghasilkan warna yang lebih gelap. Cerah dan gelapnya warna kulit pada tubuh tergantung melanin.

Kulit yang memproduksi melanin lebih banyak dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang memicu bercak-bercak kulit lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan paparan sinar matahari.

Semua bagian tubuh bisa mengalami hiperpigmentasi, termasuk bibir. Penyebab hiperpigmentasi yang umum meliputi:

1. Paparan sinar matahari

Ketika kulit sering terkena sinar matahari, maka tubuh akan memproduksi melanin lebih banyak untuk menyerap sinar ultraviolet demi melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Efeknya, kulit akan menjadi lebih gelap atau berwarna cokelat, termasuk kulit di bagian bibir.

2. Merokok

Penyebab bibir gelap lainnya adalah rokok. Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit dan menyebabkan bibir menjadi gelap. Berubahnya bibir menjadi gelap akibat merokok dapat terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu.

3. Kehamilan

Ibu hamil mengalami perubahan hormon memengaruhi kulit selama masa kehamilan. Perubahan hormon ini memengaruhi kondisi puting payudara, kulit wajah, termasuk kulit bibir yang menjadi lebih gelap. Kondisi ini biaasanya akan kembali normal setelah masa kehamilan berakhir.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab bibir gelap ternyata juga bisa berasal dari jenis obat-obatan yang kamu konsumsi, lho. Beberapa jenis obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti antibiotik yang diminum minosiklin dan antimalaria. Warna bibir yang gelap biasanya kembali seperti semula setelah konsumsi obat selesai, tapi untuk beberapa kasus, kondisi ini tidak menghilang.

5. Kondisi medis (penyakit) tertentu

Beberapa kondisi medis atau penyakit tertentu bisa menjadi penyebab hiperpigmentasi, contohnya penyakit Addison. Addison merupakan penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang menghentikan kelenjar adrenal membuat hormon esensial yang cukup. Akibatnya, muncul bercak-bercak gelap pada kulit, termasuk kulit bibir.

7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas dengan Tepat

Cara memerahkan bibir secara alami

cara memerahkan bibir secara alami aman dan mudah

Kamu sudah mengetahui beberapa penyebab bibir gelap dan sekarang saatnya mencari tahu cara memerahkan bibir secara alami yang mudah dan aman. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk memerahkan bibir:

1. Scrub madu buatan sendiri

Pengelupasan bibir dengan scrub madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu mencerahkan kulit bibir. Berikut cara membuat scrub madu sendiri di rumah dan cara menggunakannya:

  1. Campurkan 1 sendok teh (sdt) madu dan 1 sdt gula
  2. Gosok perlahan campuran tersebut ke bibir dengan gerakan melingkar
  3. Bilas menggunakan air hangat
  4. Lakukan seminggu sekali

2. Memijat bibir dengan minyak almond

Cara memerahkan bibir secara alami yang bisa kamu coba, yaitu menggunakan minyak almond. Memijat bibir dengan minyak almond dapat membantu melembapkan bibir dan melancarkan aliran darah di sekitar bibir. Efeknya, bibir akan menjadi lebih lembab dan terlihat lebih cerah dalam 1-2 hari.

3. Gunakan lip balm

Salah satu produk yang bermanfaat untuk bibir adalah lip balm. Lip balm juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara memerahkan bibir secara alami. Sudah banyak produk lip balm yang tersedia di pasaran, pilihlah sesuai kondisi kulit bibirmu.

4. Minum air putih yang cukup

Cara terbaik untuk menyehatkan kulit dan membantu mencerahkan bibir secara alami adalah dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Bibir gelap biasanya diikuti dengan kondisi kulit kering. Nah, ketika kamu cukup minum air putih, bibir senantiasa lembab dan terhindar dari hiperpigmentasi.

5. Vitamin E

Kapsul vitamin E yang kamu konsumsi juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu bahan yang aman untuk memerahkan bibir. Buka satu kapsul vitamin E dan oleskan langsung ke bibir. Vitamin E merupakan vitamin yang dapat mempercepat regenasi sel kulit baru, membuat bibir menjadi lembut dan cerah.

7+ Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Mudah

Nah, sudah paham kan sekarang apa saja penyebab yang membuat bibir kamu menjadi lebih gelap dan beberapa cara memerahkan bibir secara alami dengan mudah? Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, ya! Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference