migrain adalah sakit kepala

Migrain adalah sakit kepala yang tidak bisa diremehkan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Sakit kepala ini biasanya hanya menyerang satu sisi. Jika tidak diatasi dengan benar, sakit kelapa sebelah ini dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Nah, kamu tidak perlu khawatir. Migrain adalah kondisi kesehatan umum yang dapat diatasi dengan mudah. Yuk, cari tahu juga apa saja penyebabnya di artikel ini!

Mengenal migrain

Migrain adalah sakit kepala sedang atau berat yang dirasakan sebagai nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala. Itulah alasannya penyakit ini sering disebut dengan sakit kepala sebelah. Setidaknya sekitar 1 dari 5 wanita dewasa dan sekitar 1 dari 15 pria dewasa pernah mengalaminya.

Dunia medis menggolongkan migrain sebagai penyakit saraf umum yang kemungkinan besar akan bertambah parah tergantung dari aktivitas fisik dan gaya hidup. Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala sebelah ini adalah penyakit keenam yang paling melumpuhkan di dunia sehingga kondisi ini adalah kondisi ini tidak boleh diremehkan.

Gejala sakit kepala sebelah tidak hanya rasa sakit pada satu sisi kepala, tetapi juga biasanya diikuti dengan gejala lainnya, seperti:

  1. Lebih peka terhadap cahaya, kebisingan, dan bau
  2. Sakit perut
  3. Mual dan muntah
  4. Hilang nafsu makan
  5. Berkeringat atau menggigil
  6. Wajah terlihat pucat
  7. Terus merasa lelah
  8. Pusing dan penglihatan kabur

Apakah migrain hanya menyerang orang dewasa? Jawabannya tidak. Sakit kepala sebelah juga bisa dialami oleh anak-anak, tetapi rasa sakit atau denyut pada anak-anak biasanya muncul pada kedua sisi kepala. Serangan migrain pada anak-anak biasanya berlangsung dari 2-72 jam.

Sering Sakit Kepala saat Haid, Apakah Berbahaya?

Apa saja penyebabnya?

Migrain adalah jenis penyakit yang banyak disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aktivitas yang dilakukan setiap hari sampai dengan jenis obat yang dikonsumsi. Beberapa pemicu umum yang menyebabkannya, yaitu:

  1. Stres, kecemasan, dan kekhawatiran
  2. Terlambat makan
  3. Kepekaan terhadap bahan kimia dan pengawet tertentu dalam makanan
  4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berkafein
  5. Penggunaan obat pereda nyeri setiap hari
  6. Perubahan hormon pada wanita
  7. Menstruasi, terutama pada awal siklus
  8. Penggunaan pil KB
  9. Lampu berkedip, lampu neon, cahaya dari TV atau komputer dan sinar matahari
  10. Perubahan kondisi cuaca
  11. Kondisi tubuh yang terlalu lelah
  12. Menjalani program diet yang tidak sehat
  13. Pola tidur yang berubah
  14. Paparan asap, parfum atau bau lainnya
  15. Konsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan pembuluh darah membengkak
  16. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh (kurang minum)
  17. Aktivitas fisik yang terlalu intens
  18. Konsumsi terlalu banyak alkohol

10 Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan Yang Harus Diwaspadai

Cara mengatasi migrain

Migrain adalah jenis penyakit yang bisa kambuh dan datang kembali jika kamu tidak mengatasinya dengan benar. Obat sakit kepala sebelah yang dijual bebas di pasaran seperti paracetamol dan ibuprofen dapat membantu menghilangkan rasa sakit sementara.

Cara mengatasi migrain yang disarankan, yaitu dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat membantu kamu mengelola serangan migrain dan meresepkan jenis obat yang sesuai dengan mempertimbangkan umur, seberapa sering kamu mengalaminya, dan riwayat penyakit yang kamu miliki.

Lalu, kapan harus ke dokter? Kamu harus segera mengunjungi dokter jika kamu sudah mengalami migrain lebih dari 5 hari dalam sebulan. Segera pergi ke rumah sakit jika gejala migrain yang kamu alami diikuti dengan kelumpuhan pada salah satu atau kedua lengan atau salah satu sisi wajah, demam, kejang, leher kaku, dan ruam.

Migrain tidak bisa diatasi tapi bisa dicegah. Ada beberapa cara mencegah yang bisa kamu ikuti. Berikut beberapa cara mencegah serangan sakit kepala sebelah:

  1. Olahraga teratur
  2. Tidur cukup, 7-9 jam setiap malam
  3. Makan makanan bergizi sehat dan seimbang
  4. Membatasi konsumsi alkohol dan kafein
  5. Menjaga berat badan ideal yang sehat
  6. Liburan untuk mencegah stres
  7. Minum air putih agar terhindar dari dehidrasi
  8. Kurangi merokok

Mixalgin Obat untuk Apa? Ternyata Bukan Cuma untuk Sakit Kepala!

Sudah paham kan sekarang apa itu migrain dan apa saja penyebab seseorang bisa mengalami migrain? Migrain adalah rasa sakit kepala yang bisa kamu kelola dan kamu cegah. Jadi, sangat disarankan untuk tetap menjalani gaya hidup sehat ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference