Cara mencuci pembalut yang benar
Period Period Hacks

10 Langkah dan Cara Mencuci Pembalut yang Benar, Simak Disini Girls!

Putri Aprillia | Maret 14, 2022
Share

Pembalut merupakan benda penting yang dibutuhkan wanita pada saat mengalami datang bulan atau menstruasi. Pembalut saat ini beragam jenisnya, dari pembalut sekali pakai, cuci pakai, tampon bahkan ada menstrual cup yang menampung darah menstruasi.

Banyak wanita yang masih memakai pembalut kain atau cuci pakai karena lebih ramah lingkungan dan tetap aman untuk digunakan. Ladies, ketahui cara mencuci pembalut yang benar agar tetap aman digunakan untuk area Miss V yuk!

Apa itu pembalut cuci pakai?

Pembalut cuci pakai adalah penampung darah menstruasi yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali. Fungsi dari pembalut ini mirip dengan pembalut sekali pakai. Untuk daya tampung darahnya juga banyak dan tetap nyaman digunakan kapan saja dan dimana saja.

Ketahanan pembalut kain yang dapat dicuci pakai ini bahkan hingga 2-3 tahun, lho. Salah satu alasan mengapa pembalut ini masih banyak digemari karena hemat dan tidak menambahkan terlalu banyak sampah pembalut di bumi.

Apakah pembalut cuci pakai bisa dibersihkan?

Pembalut kain ini tentu sangat mudah digunakan dan bersihkan. Disarankan untuk mencuci dengan bersih pembalut jenis ini sebelum digunakan kembali. Tentunya ada beberapa langkah dan cara mencuci pembalut yang benar agar tetap aman untuk digunakan.

Membersihkan pembalut hingga siap digunakan kembali juga ada tips dan triknya sehingga tidak dicuci dengan cara yang sembarangan. Kamu yang ingin memakai pembalut jenis ini wajib mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihkan pembalut untuk digunakan saat menstruasi.

Berapa lama pembalut cuci pakai bisa digunakan?

Pembalut kain cuci pakai tentu dapat digunakan kapan saja dan di mana saja asalkan sudah dicuci dengan bersih. Pastikan jika kamu memiliki beberapa pembalut yang bisa digunakan secara bergantian pada saat menstruasi. Jenis pembalut ini juga memiliki perekat dan sayap yang hampir sama dengan pembalut sekali pakai sehingga wajib dijaga bentuknya.

Untuk memakai kembali pembalut kain adalah setelah pembalut dicuci sampai bersih hingga menghilangkan semua noda darah. Setelah itu pembalut dijemur di bawah terik matahari untuk membantu membunuh kuman yang dapat menyebabkan infeksi dan jamur. Umumnya pembalut ini dapat digunakan hingga lebih dari 2 tahun.

Berapa kali mengganti pembalut cuci pakai dalam sehari?

Berapa kali pembalut cuci pakai harus diganti dalam sehari? Sebenarnya hal itu tergantung dari daya serap dan kebutuhan pembalut kamu sendiri. Beberapa trik mengganti pembalut seperti dibawah ini:

  • Saat volume darah sangat deras, ganti dengan rutin setiap 4-6 jam sekali, atau 4-6 kali pembalut dalam sehari.
  • Jika volume darah semakin sedikit, maka disesuaikan dengan kebutuhan seperti mengganti 2-3 kali sehari.

Pembalut kain wajib dicuci dengan benar ya ladies agar tetap bersih dan aman digunakan. Bagaimana cara mencuci pembalut dengan benar?

Cara mencuci pembalut yang benar

Jika saat ini kamu menggunakan pembalut cuci pakai pada saat menstruasi, perhatikan beberapa langkah mencuci pembalut yang benar agar tetap aman digunakan, yaitu:

  1. Pembalut cuci pakai dapat direndam di air dingin terlebih dahulu agar dapat menghilangkan noda darah dengan maksimal.
  2. Segera cuci pembalut saat sudah menampung banyak darah, lebih baik ganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi sedang banyak-banyaknya.
  3. Hindari menggunakan air panas saat pada pembilasan pertama.
  4. Diamkan pembalut selama 30 menit dalam air.
  5. Letakkan sisi bekas darah ke arah bawah ember atau tempat cuci agar memudahkan perendamanan.
  6. Bilas pembalut kain sampai air tidak lagi bercampur darah atau menjadi jernih.
  7. Tambahkan sabun pada saat mencuci pembalut untuk menghilangkan residu seperti lemak dalam komponen darah.
  8. Perhatikan tarikan atau pada saat mencuci pembalut agar tidak menyusutkan kapas.
  9. Jemur di sinar matahari langsung sampai benar-benar kering.
  10. Jika tidak ada sinar matahari, keringkan dengan mesin pengering atau paparan api kecil. Gunakan kembali saat pembalut sudah kering dan bersih seperti semula.

Itulah beberapa tips dan cara mencuci pembalut yang benar. Jika kamu mencuci dengan kurang benar, bisa jadi ada masalah yang mengintai sampai mempengaruhi daerah kewanitaan, girls.

Bahaya membersihkan pembalut dengan salah

Saat mencuci pembalut kain atau cuci pakai, usahakan agar pembalut dicuci dan dikeringkan dengan sempurna agar terhindar dari bahaya berikut ini:

  • Vagina lembab. Pembalut cuci pakai yang tidak dicuci dengan bersih atau masih lembab ketika digunakan dapat membuat vagina menjadi lembab dan memicu pertumbuhan bakteri semakin banyak dan mengancam organ kewanitaan.
  • Rentan bakteri. Bakteri dapat menyebabkan infeksi, peradangan, iritasi dan bau tidak sedap apabila muncul secara berlebihan. Cuci dan keringkan sampai bersih pembalut cuci pakai saat menstruasi.

Selain mengetahui cara mencuci pembalut yang benar, bagaimana tips menjaga pembalut cuci pakai agar dapat digunakan dengan baik?

Tips menjaga pembalut cuci pakai dengan baik

Tips dan cara mencuci pembalut yang benar agar dapat digunakan dengan baik antara lain:

  • Gunakan sedikit campuran baking soda (bukan baking powder) pada saat mencuci pembalut untuk menghilangkan noda lama.
  • Tambahkan sedikit cuka putih pada bilasan terakhir agar menjaga kain tetap lembut.
  • Tambahan minyak esensial alami seperti mawar, serai atau lavender untuk aroma pembalut yang aman.
  • Keringkan dengan sempurna saat pembalut akan dipakai kembali

Cara mencuci pembalut yang benar ini bisa membantu merawat pembalut agar tetap aman dan nyaman digunakan. Ganti pembalut secara teratur pada saat menstruasi dan cuci hingga bersih sampai siap kembali digunakan. Pembalut yang bersih dapat membuat Miss V tetap nyaman tanpa ada risiko terkena bakteri dan kuman.

Reference
Share