pembalut kain
Period Period Lifestyle

Pembalut Kain Cuci Ulang, Amankah? Yuk Simak, Ladies!

Putri Aprillia | Maret 12, 2022
Share

Hai ladies, kamu pernah menggunakan pembalut kain cuci ulang? Pembalut ini dinilai lebih ekonomis untuk jangka panjang karena dapat dipakai berulang kali dengan dicuci. Di sisi lain, pembalut ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak menyumbang sampah pembalut. Namun, apakah pembalut ini aman?

Selain itu, bagaimana tips pemakaiannya yang tepat? Yuk simak informasi tentang pembalut kain agar bisa menjadi alternatif dari pembalut sekali pakai yang biasa kamu gunakan.

Mengenal pembalut kain cuci ulang

Jenis pembalut ternyata cukup banyak lho, ada pembalut sekali pakai, pembalut kain, tampon, sampai menstrual cup yang digunakan untuk menampung darah saat wanita mengalami datang bulan.

Banyak wanita yang lebih memakai pembalut sekali pakai karena praktis dan mempunyai harga yang lumayan terjangkau. Namun, ada juga pembalut kain yang sudah lama digunakan bahkan dari zaman dulu sebelum pembalut sekali pakai ramai digunakan. Pembalut kain merupakan jenis reusable pad atau pembalut yang dapat digunakan berulang kali.

Produk pembalut ini biasanya terbuat dari bantalan kain lembut dan kapas. Pembalut ini dapat dicuci kembali dan digunakan untuk waktu yang lama hingga 2-3 tahun.

Amankah pembalut kain cuci ulang?

Apakah pembalut kain ini aman digunakan? Menurut Kids Health, pembalut kain merupakan bantalan yang digunakan untuk menyerap darah haid yang aman digunakan. Setelah digunakan, pembalut dapat dicuci hingga bersih, dijemur sampai kering dan digunakan kembali.

Saat ini pemakaian dari pembalut kain sudah berbeda dengan pembalut kain zaman dulu. Pembalut lama hanya menggunakan bantalan kain kapas saja. Namun, sekarang pembalut kain juga mempunyai penjepit yang dapat direkatkan di celana dalam sehingga tidak akan bergeser dan tetap aman digunakan.

Cara pakai pembalut kain cuci ulang

Bagaimana cara pakai jenis pembalut kain ini? Tentunya sangat mudah ya ladies. Pemakaian pembalut ini tidak jauh berbeda dengan pemakain pembalut sekali pakai. Untuk memakainya, kamu bisa gunakan langkah berikut ini:

  • Pastikan pembalut dalam keadaan bersih, tanpa noda, dan kering sempurna.
  • Letakkan atau rekatkan pembalut kain ke celana dalam dan sesuaikan agar nyaman dipakai.
  • Pembalut dapat dipakai dan diganti setiap 4-6 jam sekali jika menstruasi sedang banyak-banyaknya.
  • Pembalut yang sudah dipakai dapat direndam di air dan cuci hingga bersih, jemur di bawah terik sinar matahari.
  • Pembalut bersih dapat digunakan kembali.

Sangat disarankan jika kamu memilih lebih dari 3 sampai 4 pembalut cadangan agar bisa segera diganti saat sudah penuh menampung darah ya, ladies. Jangan sampai kamu harus menunggu satu-satunya pembalut kering dulu sebelum memakainya. Apa sih manfaat dari pemakain pembalut kain ini?

Manfaat pembalut kain cuci ulang

Manfaat memakai pembalut ini juga banyak ya ladies, pembalut ini tidak hanya untuk menampung darah menstruasi, namun juga ada manfaat yang berdampak ke lingkungan. Berikut ini ini manfaatnya!

Ramah lingkungan

Berbeda dengan pembalut sekali pakai yang harus segera dibuang setelah dipakai, pembalut kain ini bisa dicuci dan simpan kembali. Dampaknya cukup besar untuk lingkungan karena dapat mengurangi limbah dan volume sampah yang kian menumpuk.

Bisa digunakan berkali-kali

Sesuai dengan namanya, pembalut ini memang reusable pad alias pembalut yang dapat dipakai berulang kali sehingga menghemat pengeluaran pembelian pembalut kamu ya ladies.

Tapi yang harus kamu sadari adalah jangan malas untuk segera mencuci pembalut setelah digunakan ya. Biasanya pembalut akan mudah rusak atau noda darahnya lama menghilang jika tidak segera dicuci

Mengurangi iritasi

Pembalut sekali pakai mengandung bahan kimia dalam proses pembuatannya sehingga terkadang kurang cocok atau dapat menyebabkan iritasi pada area selangkangan atau sekitar organ intim. Berbeda dengan pembalut kain yang lebih nyaman serta dapat menghindari risiko ruam pada area selangkangan.

Para wanita yang suka memakai jenis pembalut cuci ulang ini harus tahu bagaimana cara mencuci dengan benar pembalut kain ini. Bagaimana caranya?

Tips mencuci pembalut kain cuci ulang

Pembalut kain dapat dipakai kembali jika sudah bersih dan kering. Tips mencuci pembalut kain antara lain:

  • Pembalut yang telah terpakai dapat direndam dengan air dingin terlebih dahulu. Rendam kain pada bagian atas dan hadapkan ke bawah tempat cuci agar darah bisa keluar dan tidak tertahan di dalam pembalut kain.
  • Bersihkan kembali pembalut kain dengan air panas yang memiliki suhu 40 derajat celcius.
  • Setelah dicuci dengan benar, jemur pembalut kain di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering agar bakteri mati.
  • Rutin ganti pembalut kain 4-6 jam sekali agar dapat menjaga kesehatan organ intim wanita.
  • Jika terdapat iritasi, keputihan tidak normal, nyeri hingga vagina gatal, segera hubungi dokter dan lakukan konsultasi kesehatan.

Pembalut kain cuci ulang dapat menjadi alternatif yang kamu pakai saat menstruasi ya ladies. Namun jangan lupakan urusan kebersihan dan cara pencucian pembalut kain agar dapat menjaga kesehatan organ wanita.

Reference
Share