Manfaat minyak lavender
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

8 Manfaat Minyak Lavender untuk Tubuh, dari Rambut Sampai Kulit

Putri Aprillia | Februari 22, 2022
Share

Lavender adalah tanaman asli Afrika Utara dan daerah pegunungan Mediterania. Lavender dapat diolah menjadi minyak esensial yang berasal dari proses penyulingan.

Minyak esensial yang berasal dari lavender ini memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk kecantikan hingga kesehatan tubuh. Yuk simak artikel ini untuk tahu apa saja kegunaan dan manfaatnya.

Apa itu minyak lavender?

Minyak lavender adalah minyak esensial yang terbuat dari tanaman lavender. Minyak ini dibuat menggunakan teknik penyulingan khusus untuk mendapatkan ekstrak lavender yang sangat terkonsentrasi.

Banyak orang menyukai minyak ekstrak ini karena khasiatnya. Misalnya, dapat digunakan sebagai pereda nyeri, pereda migrain, penyegar udara, pembersih, dan perawatan rambut. Sebuah studi menunjukkan minyak ini juga memiliki banyak keuntungan untuk rambut yang sehat dan indah.

Kandungan minyak lavender

Berdasarkan penelitian, komponen utama minyak ini meliputi:

  • 1,8- Cineole (17,1%)
  • linalool (33,7%)
  • camphor (7,8%)
  • borneol (14,7%)

Borneol dan eucalyptol diidentifikasi juga sebagai senyawa utama dalam banyak minyak atsiri yang menunjukkan manfaat anti-parasit. Minyak  ini juga mengandung beberapa senyawa anti mikroba seperti, linalool, terpinen-4-ol, dan -terpineol. Linalool terbukti menjadi bahan aktif terkuat melawan berbagai mikroorganisme

Secara keseluruhan, kandungan pada minyak ini menunjukkan kegunaan sebagai antijamur, memiliki efek anestesi lokal, antivirus terhadap strain influenza dan juga memiliki efek anti-inflamasi yang luas

Manfaat minyak lavender

Minyak lavender dapat bermanfaat bagi kulit dengan berbagai cara, di antaranya:

1. Mengurangi jerawat

Minyak lavender bekerja untuk membunuh bakteri untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Minyak ini akan membuka pori-pori dan mengurangi peradangan ketika kamu mengaplikasikannya di kulit.

Untuk menggunakan minyak ini untuk jerawat, encerkan dalam minyak kelapa atau minyak pembawa lainnya dan oleskan ke kulit setelah mencuci muka.

2. Menenangkan eksim dan kulit kering

Eksim dapat muncul di mana saja di tubuh Anda. Dengan eksim, kulit Anda menjadi kering, gatal, dan bersisik. Karena lavender memiliki sifat antijamur dan mengurangi peradangan, lavender dapat membantu mencegah eksim.

Minyak ini juga dapat digunakan untuk mengobati psoriasis. Minyak ini membantu membersihkan kulit Anda dan mengurangi kemerahan dan iritasi.

3. Mencerahkan kulit

Minyak ini dapat membantu mencerahkan kulit, seperti, mengurangi perubahan warna, termasuk bintik hitam. Minyak ini membantu mengurangi noda dan kemerahan. Jika kamu memiliki hiperpigmentasi pada kulit, minyak ini bisa jadi salah satu solusinya.

4. Mengurangi kerutan wajah

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab garis-garis halus dan kerutan di wajah. Nah, minyak lavender mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu melindungi kamu dari radikal bebas.

5. Kemampuan anti-inflamasi

Manfaat minyak lavender selanjutnya adalah untuk meredakan peradangan. Kandungan beta-caryophyllene dalam minyak dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi alami, sehingga dapat meringankan nyeri.

6. Sifat penyembuhan luka

Jika kamu mengalami luka bakar, teriris, tergores, atau luka lainnya, minyak ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa minyak ini meningkatkan penyembuhan jaringan kulit.

Manfaat minyak lavender untuk rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, minyak ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut, di antaranya:

1. Membantu meningkatkan pertumbuhan rambut

Minyak lavender dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut bisa lebih lebat. Berdasarkan penelitian, minyak ini dapat mengatasi masalah kebotakan rambut atau alopecia. Untuk penggunaannya kamu bisa menggunakan minyak ke kulit kepala.

2. Sebagai antimikroba

Lavender memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah bakteri dan jamur tumbuh. Ketika diterapkan pada rambut atau kulit kepala, minyak ini dapat mencegah masalah umum pada rambut atau kulit kepala. Secara khusus juga dapat mencegah kulit kepala dari gatal atau ketombe dan bahkan infeksi.

3. Membantu mencegah atau membunuh kutu rambut

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa minyak lavender dapat membantu mencegah kutu rambut dan bahkan bisa membunuh kutu rambut. Namun, kamu dianjurkan untuk tidak mengandalkan minyak ini sepenuhnya untuk mengobati kutu rambut karena perawatan menggunakan minyak ini hanya sebagai pelengkap.

Cara menggunakan minyak lavender untuk tubuh

Cara menggunakan minyak lavender tergantung pada apa yang akan kamu rawat. Kamu dapat mengoleskannya pada kulit langsung. Jika kamu meletakkannya di bagian kulit yang rusak, seringkali yang terbaik adalah menggunakan bola kapas agar lebih steril dan lebih bersih daripada menggunakan jari tanggan.

Minyak ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk pil, atau digunakan sebagai uap untuk aromaterapi. Meskipun relatif aman, minyak ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang. Segera hentikan pemakaian jika kamu mengalami efek samping negatif.

Reference
Share