cara membujuk orang yang marah

Menghadapi orang yang marah terkadang serba salah, kita tidak tahu apa yang mereka butuhkan agar amarahnya mereda. Melansir dari Fatherly, sistem limbik orang yang sedang marah telah terbajak, otak mereka ada dalam mode fight-or-flight

Hal ini menunjukan bahwa tidak mudah mengatasi orang yang sedang marah, apalagi jika kamu menjadi sumber amarahnya. Tapi tenang saja, karena masih ada jalan untuk mengatasi hal ini. Yuk, simak selengkapnya!

7 Cara membujuk orang yang marah

Menenangkan seseorang membutuhkan kombinasi dari ‘distraksi’ dan pemecahan masalah. Tentunya setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk lebih tenang saat sedang marah. Kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut:

1. Tetap tenang

Meskipun kamu panik dan merasa tidak enak, jika bisa tetap tenang, hal itu dapat membantu menghentikan kemarahan yang meningkat.

2. Cobalah untuk mendengarkan

Jika memungkinkan, berikan waktu untuk menyampaikan perasaan mereka tanpa menghakimi. Terkadang cara ini cukup efektif untuk menenangkan amarah seseorang. 

3. Beri mereka ruang

Jika kamu menyadari bahwa melanjutkan percakapan hanya akan memperburuk keadaan, beri mereka ruang untuk menenangkan diri dan berpikir. Penting juga untuk memberikan ruang bagi dirimu sendiri, sehingga kamu tidak terbawa emosi.

4. Tetapkan batasan

Hal ini mungkin menjadi bagian tersulit, meski begitu penting untuk menetapkan batasan. Perjelas terlebih dahulu tentang perilaku seperti apa yang bisa dan tidak bisa kamu terima. Dan pikirkan tindakan apa yang bisa kamu lakukan jika seseorang melewati batas.

5. Bantu mengidentifikasi pemicunya

Kamu bisa mencoba langkah ini ketika kondisinya sudah cukup tenang, jauh dari situasi yang memanas. Mengidentifikasi pemicu kemarahan seseorang dapat membantu menghindari situasi yang memicu kemarahan, juga merencanakan cara menanganinya.

6. Mencari bantuan professional

Cara ini mungkin tidak bisa diterapkan di semua kasus, hanya ketika kamu merasa orang terdekatmu punya masalah dengan amarah. Kamu bisa membantu mereka mengatur untuk menemui psikolog, tentunya harus dengan persetujuan mereka.

7. Peduli terhadap diri sendiri

Kadang-kadang sulit untuk mendukung orang lain, jadi pastikan kamu juga menjaga kesehatanmu mentalmu sendiri. Hal ini akan membuatmu berpikir lebih positif ketika menghadapi orang yang sedang marah.

Kata-kata bujuk orang marah

cara membujuk pacar

Jika kamu dihadapkan pada keadaan yang mengharuskanmu berbicara dengan orang yang sedang marah, beberapa kata-kata berikut bisa kamu coba:

  1. “Bagaimana keadaanku saat ini?”

Sebelum melakukan apa pun, tanyakan hal ini pada diri sendiri dan pastikan kamu berada dalam kondisi yang cukup stabil untuk menenangkan seseorang yang marah. Menurut Beth Kurland, psikolog klinis dan penulis The Transformative Power of 10 Minutes, menenangkan seseorang yang marah perlu persiapan yang matang. 

  1. Tanyakan hal kecil terlebih dahulu

Kamu bisa membuka percakapan yang dianggap tidak masuk akal, seperti “makan siang apa hari ini?” atau bahkan “Apakabar keluargamu?” Menurut Bostic, hal ini sengaja untuk memancing mereka mengatakan “hah?” dan menurunkan intensitas amarah. Hal ini menciptakan sedikit jeda bagi mereka untuk mempertimbangkan jawabannya, kata Bostic.

  1. Mulai tunjukan empati secara objektif

Jika kondisi dia sudah mulai mereda, kamu bisa mulai menunjukan empati. Dengan tetap menjadi orang ketiga secara umum, jangan katakan, “Mereka memang menyebalkan” atau hal lain yang mengompori amarahnya. Itu sama saja dengan menyiramkan bensin ke dalam api. Berikan validasi tanpa menghakimi siapapun.

  1. Tawarkan bantuan

Kamu bisa menawarkan bantuan kecil seperti mengajaknya mengopi, pastikan bantuan yang kamu tawarkan tidak berlebihan. Kata Bostic, langkah ini membantu mereka untuk bertransisi dari kondisi amarah dan bukan menjadi solusi akhir. 

  1. Jangan katakan apapun

Pilihan terakhir, kamu tidak perlu mengatakan apapun karena kebanyakan orang yang marah tidak mau diinterupsi. Dengarkan saja jika mereka ingin meluapkannya. Orang yang marah dapat menyampaikan pendapatnya dan hanya itu yang diinginkannya. “Ada perasaan yang melunak saat kamu merasa didengarkan,” kata Kurland. 

Kamu bisa menerapkan beberapa cara membujuk orang yang marah tersebut secara langsung. Pastikan kamu mampu membaca situasinya, jangan sampai membuat mereka merasa lebih terbakar emosinya.

Selamat mencoba!

_______________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference