cinta lokasi

Siapa sih yang tak pernah merasakan cinta lokasi? Meski kisah cintanya indah atau tidak, banyak orang yang pernah mengalami cinlok atau cinta lokasi ini loh! 

Nah, kali ini kita akan membahas fakta menarik seputar cinta lokasi dari sisi psikologi, dan mitosnya yang mengatakan bahwa cinlok biasanya tidak langgeng. Benarkah? Yuk simak selengkapnya!

Apa itu cinlok (cinta lokasi)?

Cinta lokasi adalah perasaan yang muncul ketika kamu sering bertemu dengan seseorang di tempat tertentu seperti tempat kerja, sekolah, atau lokasi lain yang mengharuskan kamu bertemu dengannya secara rutin. Awalnya mungkin terasa biasa saja, tetapi semakin sering bertemu, semakin sering juga orang itu terlintas di pikiranmu. 

Dalam psikologi, cinta lokasi terkait dengan prinsip kedekatan atau proximity principle. Prinsip ini menyatakan bahwa orang yang berada di lingkungan fisik yang lebih dekat lebih cenderung membentuk hubungan, termasuk hubungan asmara. 

Meskipun efek kedekatan terjadi secara tidak sadar, penelitian menunjukkan bahwa hal ini berdampak kuat pada siapa yang lebih sering berinteraksi dan menjalin hubungan. Misalnya, orang yang duduk berdekatan di kantor atau ruang kelas yang sama lebih mungkin membentuk hubungan daripada mereka yang duduk jauh. 

Hal ini juga berlaku di lingkungan yang lebih spesifik, seperti orang yang bekerja di laboratorium yang sama di sekolah atau orang yang bekerja di bilik sebelah di kantor. Oleh karena itu, orang mungkin lebih mudah menjalin persahabatan atau hubungan asmara dengan orang-orang yang berada dalam jarak yang lebih dekat.

Cinta lokasi bisakah bertahan lama?

Jika kamu bertanya tentang bisakah hubungan cinta lokasi bertahan lama? Jawabannya, tergantung. Semuanya kembali kepada diri masing-masing, cinlok yang didasari oleh prinsip psikologi kedekatan, hanya menjadi awal bagi kamu dalam menjalin hubungan dengan orang terdekatmu.

Faktor cinta lokasi memang bisa jadi alasan kuat kenapa kamu tertarik kepada seseorang, atau ingin terus berada di dekatnya. Namun, lain halnya dengan kelanggengan hubungan karena da banyak faktor yang mempengaruhinya. Dilansir dari Delray Beach Psychiatrist, faktor penyebab kandasnya hubungan asmara yaitu:

  1. Masalah kepercayaan

Kurangnya atau hilangnya rasa percaya adalah salah satu penghalang paling berbahaya bagi kesuksesan hubungan. Tanpa kepercayaan, sebuah hubungan akan kehilangan dua jangkar utama untuk menjalin dan mempertahankan ikatan yang kuat: keselamatan dan keamanan.

  1. Ekspektasi yang berbeda

Tidak mudah bagi pasangan untuk berada dalam gelombang yang sama untuk jangka waktu yang lama. Elemen-elemen seperti ketertarikan fisik, minat yang sama, latar belakang sosial-ekonomi yang sama, menjadi kandas karena ekspektasi yang berbeda.

  1. Menjalani hidup dengan kecepatan yang berbeda

Ketika salah satu pasangan belajar dan berkembang dengan cepat, sementara yang lain tetap statis, ini bisa menjadi sumber divergensi hubungan. Salah satu contohnya adalah pasangan yang maju dengan cepat dalam kariernya, sementara pasangannya tetap berada dalam pekerjaan yang tidak memuaskan.

  1. Masalah komunikasi

Sudah tidak asing lagi, buruknya komunikasi adalah masalah yang besar. Sejumlah penelitian telah mengidentifikasi komunikasi (atau kurangnya komunikasi) sebagai salah satu alasan utama bagi pasangan untuk putus atau bercerai.

Artis korea yang terlibat cinta lokasi

Kisah cinta lokasi artis Korea menjadi salah satu contoh prinsip kedekatan dalam psikologi yang bisa kamu lihat. Berikut beberapa selebriti Korea yang terlibat cinlok:

  1. Lee Do Hyun dan Lim Ji Yeon

Dua aktor yang menjadi musuh di drama The Glory ini memberi kabar mengejutkan. Seakan-akan menjadi plot twist, agensi Lee Do Hyun dan Lim Ji Yeon mengumumkan bahwa mereka berpacaran.

  1. Hyun Bin dan Son Ye Jin

Siapa yang tidak kenal dengan pasangan paling manis ini? Keduanya cinlok saat syuting Crash Landing on You. Pasangan ini baru merayakan anniversary pertama pernikahan mereka, bahkan Ye Jin kabarnya sudah melahirkan loh!

  1. Eugene dan Ki Tae Young

Pasangan romantis selanjutnya yaitu, Eugene dan Ki Tae Young. Mereka terlibat asmara saat sedang syuting drama Creating Destiny, kini usia pernikahannya sudah hampir 12 tahun!

  1. Song Hye Kyo dan Song Joong Ki

Pasangan yang dijuluki Song Song couple ini terlibat cinta lokasi saat syuting Descendants of the Sun. Keduanya menikah pada tahun 2017, namun usia pernikahannya tidak lama dan memutuskan untuk bercerai. Song Joong Ki dikabarkan telah menikah dan memiliki anak dari aktris barat, Katy Louise Saunders.

  1. Ahn Jae Hyun dan Ku Hye Sun

Kapalnya karam bak Song Song Couple, pasangan yang terlibat cinta lokasi saat syuting drama Blood ini juga bercerai. Ahn Jae Hyun dan Ku Hye Sun menikah sekitar tahun 2016 dan cerai pada tahun 2019.

Beberapa pasangan ada yang sampai menikah sampai langgeng, ada yang putus di tengah jalan, dan ada juga yang bercerai. Hal ini mematahkan anggapan tentang pasangan yang cinlok tidak akan langgeng, karena semuanya tergantung pada diri masing-masing.

_________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference