love language

Cara kamu dan pasangan merasa dicintai mungkin berbeda. Ada yang merasa dicintai ketika pasangan memberikan kata-kata manis, ada pula yang senang hanya dengan menghabiskan waktu berdua. Hal itu dapat berbeda karena love language setiap orang berbeda.

Nah, apa itu love language? Bagaimana orang bisa mengetahui love language masing-masing? Mengetahui love language juga menjadi salah satu tips hubungan langgeng, lho. Yuk coba ketahui apa saja macamnya dan bagaimana bahasa cinta bisa terbentuk antara pasangan.

Apa itu love language?

Love language adalah cara seseorang untuk dapat mengekspresikan rasa cinta kepada orang lain. Bahasa cinta merupakan konsep yang dikenalkan dan dipopulerkan oleh Dr. Gary Chapman yang menulis The Five Love Language. Penulis buku asal Amerika ini membedah lebih dalam soal prinsip komunikasi dari suatu hubungan.

Hubungan cinta sendiri tidak hanya untuk suami-istri atau kekasih, namun juga hubungan antar keluarga atau pertemanan. Konsep ini dapat diterapkan ke dalam berbagai hubungan. Ketika seseorang tidak mendapatkan bahasa cintanya dari orang lain, bisa dikatakan bahwa orang tersebut tidak merasa dicintai.

Oleh sebab itu, sangat penting memahami bahasa cinta agar tidak timbul pertanyaan mengenai berbagai macam hal dalam hubungan. Dengan adanya bahasa cinta yang dipahami oleh pihak-pihak yang berhubungan, maka hubungan tersebut akan jauh lebih sehat dan hidup. Sebab, kedua pihak merasakan kasih sayang yang mereka butuhkan.

Macam-macam love language

Bahasa cinta tidak melulu tentang kata-kata atau perbuatan, lho. Ada banyak bahasa cinta yang mungkin bisa dirasakan oleh kamu dan pasangan.

Kenapa seseorang perlu mengetahui bahasa cinta karena hal ini bisa meningkatkan kualitas hubungan menjadi lebih baik. Jika kamu merasa sudah puas dengan hubungan yang saat ini tanpa melibatkan adanya bahasa cinta, apakah pasangan kamu berpikir hal yang sama?

Hal ini tentu menjadi boomerang dan akan meledak sewaktu-waktu jika ternyata bahasa cinta yang kamu atau pasangan lakukan, tidak dapat dipahami dengan baik. Dr. Gary Chapman membagi bahasa cinta atau love language dalam 5 macam, yaitu:

1. Words of Affirmation

words of affirmation

Apakah kamu senang mendengar pasangan kamu mengucapkan kalimat positif yang berupa apresiasi, kalimat sayang, pujian? Kalimat positif yang mengekspresikan rasa cinta atau sayang bisa menjadi keyakinan bahwa pasangan sangat mencintai kamu.

Apabila kamu menyukai kata-kata manis penyemangat dari pasangan, maka kamu termasuk orang yang memiliki love language, Words of Affirmation. Tidak salah jika kamu suka dengan kata-kata penyemangat dan pujian karena itu adalah salah satu bahasa cinta.

Baca juga: Apa Itu Words of Affirmation? Ini Cara Menggunakan Bahasa Cinta Ini! 

2. Quality Time

love language quality time

Bahasa cinta yang yang selanjutnya adalah quality time. Apa itu love language quality time? Jika kamu suka menghabiskan waktu bersama pasangan atau orang yang kamu cintai, bisa jadi quality time adalah bahasa cinta kamu, lho. Kualitas waktu yang dihabiskan bersama orang yang kamu cintai menjadi fokus dari bahasa cinta ini.

Ketika kamu menghabiskan waktu tanpa gadget dan hanya fokus berdiskusi dengan pasangan atau orang yang dicintai, maka kualitas waktu itu menjadi sangat berharga untuk kamu bukan? Komunikasi menjadi kunci saat kamu punya bahasa cinta quality time.

Apa itu love language dan bentuk quality time? Banyak sekali hal yang bisa dilakukan bersama pasangan untuk mengisi waktu, seperti bercanda, bercerita, berdiskusi hal remeh sampai serius. Dengan bahasa cinta ini, kualitas hubungan juga akan lebih meningkat dan lebih baik.

3. Receiving Gifts

receiving gift

Menerima hadiah dari pasangan atau orang yang kamu cintai bisa menjadi bahasa cinta yang dimiliki banyak orang. Tidak harus dengan kado mahal dan sering diberikan namun pemberian yang bisa mengartikan banyak hal bisa menjadi bahasa cinta yang lain untuk kamu dari pasangan.

Tentunya ikhlas dan tulus yang biasanya dicari oleh orang yang mempunyai bahasa cinta receiving gifts. Apakah kamu salah satunya?

Baca juga: 7 Bunga dan Maknanya untuk Pasangan Tercinta

4. Acts of Service

act of service

Apakah kamu tidak terlalu fokus dengan kata-kata dari pasangan namun sangat senang jika dia bertindak lebih banyak daripada sekedar berkata-kata? Bisa jadi bahasa cinta kamu adalah acts of service.

Apa itu love language act of service? Jenis bahasa cinta ini adalah perasaan merasa dicintai ketika pasangan melakukan pelayanan yang baik untuk kamu sebagai bentuk kasih sayangnya. Seperti memasakkan makanan favorit, menjemput ke rumah, dan lainnya.

Banyak sekali contoh bahasa cinta ini di mana kamu merasa pasangan sangat perhatian meskipun tidak mengucapkan satu katapun bukan? Terkadang tindakan pasangan membuat kamu kaget tapi juga bahagia dengan bahasa cintanya.

5. Physical Touch

physical touch

Bentuk afeksi dari pasangan yang kamu sukai bisa menjadi penanda bahwa bahasa cinta kamu adalah physical touch. Sentuhan fisik tidak hanya berbau hal-hal negatif ya. Sesimpel kamu bergandengan tangan, memeluk secara tulus, memberikan tepukan hangat di punggung bisa menjadi bahasa cinta yang pasangan kamu lakukan.

Dengan sentuhan fisik ini terkadang kamu menjadi merasa terlindungi, merasa nyaman dan hubungan menjadi lebih bermakna.

5 bahasa cinta itu bisa dirasakan saat kamu mengetahui bagaimana love language kamu. Bagaimana cara mengetahuinya?

Baca Juga: 10 Manfaat Physical Touch, Ternyata Bisa Kurangi Stres Juga! 

Cara mengetahui love language

Apa itu love language dan bagaimana cara membacanya bisa diketahui dengan mudah, bagaimana caranya? Komunikasi adalah bagian penting untuk dapat mengetahui apa bahasa cinta seseorang. Dibawah ini adalah tips mengetahui bagaimana bahasa cinta dapat dirasakan kamu dan pasangan:

Kenali pasangan luar dalam

Kenali pasangan dan apa bahasa cinta yang dia sukai sehingga hubungan bisa saling timbal balik. Jika pasangan suka diberikan kata-kata penyemangat, maka sering-seringlah memberi apresiasi dan pujian agar pasangan merasa dicintai seutuhnya.

Pelajari dan pahami bahasa cinta

Jika suka mengetahui apa yang menjadi bahasa cinta pasangan, maka kamu bisa memperlakukan pasangan sesuai dengan bahasa cinta yang dia inginkan. Tentunya akan ada timbal balik dan hubungan menjadi lebih baik. Apa itu love language atau bahasa cinta harus dipahami benar oleh kamu dan pasangan.

Diskusi dan komunikasikan bahasa cinta

Diskusikan apa yang menjadi keinginan kamu dan pasangan dalam menjalin hubungan dan mengekspresikan cinta. Memang sulit, namun dengan memahaminya, hubungan dan bahasa cinta akan tersampaikan.

Hal hal yang mempengaruhi love language

Dr. Gary Chapman percaya bahwa cinta muncul dari lingkungan rumah dan di mana manusia tumbuh serta berkembang. Cinta adalah proses belajar dari lingkungan. Bahasa cinta tidak diajarkan atau dipelajari, tapi muncul dari proses belajar lingkungan terdekat

Setiap manusia mempelajari bahasa cinta dari orang tua dan lingkungan serta manusia dapat belajar cinta dari proses itu sendiri. Setelah mengetahui penjelasan di atas, yuk ketahui apa itu love language pasangan dan kamu sendiri agar lebih memahami cinta serta hubungan yang semakin meningkat kualitasnya.

Share artikel ini
Reference